Thursday, January 11, 2018

Kumpulan Contoh Resensi Pelajaran Bahasa Indonesia

Kumpulan Contoh Resensi Pelajaran Bahasa Indonesia - Tugas sekolahku kali ini adalah tugas dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu mengenai resensi. Pasti sudah tahu dong pengertian atau definisinya?

Contoh Resensi

Tugas ini diberikan untuk mempertajam pengetahuan siswa dalam membuat sebuah resensi baik itu resensi novel, resensi buku maupun resensi filem. Banyak juga ya, yang mana kira-kira yang sedang dipelajari?

Nah, bagi rekan pelajar yang berharap mendapatkan contoh mengenai tugas kali ini maka rekan pelajar dapat mengikuti pembahasan singkat saya mengenai resensi ini.

Tugas yang biasa diberikan oleg guru mata pelajaran Bahasa Indonesia mengenai resensi ini umumnya mengharuskan siswa untuk membuat sendiri sebuah resensi yang meliputi diantaranya resensi novel, resensi buku, dan resensi filem. 

Biasanya diantara ketiga resensi tersebut kita dapat memilih salah satu dari ketiganya dan membuatnya berdasarkan kemampuan kita sendiri. Lalu apa sajakah yang harus kita tulis dalam sebuah resensi?

Untuk pertanyaan diatas, rekan pelajar tentunya juga tahu dan masih ingat apa-apa saja yang harus ditulis dalam sebuah resensi. Menurut buku yang saya baca – kebetulan judul buku yang saya baca lupa – resensi meliputi beberapa informasi penting seperti informasi-informasi dibawah ini:
  1. Identitas buku; memuat informasi mengenai identitas dari buku yang diresensi mulai dari judul, pengarang, penerbit, tahun terbit dan seterusnya. 
  2. Sinopsis buku; memuat ringkasan atau rangkuman dari isi buku yang diresensi 
  3. Kelebihan buku; memuat opini peresensi mengenai kelebihan buku yang diresensi 
  4. Kelemahan buku; memuat opini peresensi mengenai kelemahan buku yang diresensi 
Dari ketiga jenis resensi yang dapat digunakan dalam tugas Bahasa Indonesia (resensi buku, novel dan filem) resensi yang paling umum diambil sebagai tugas adalah resensi novel dengan alasan dapat sekaligus membaca cerita yang menarik dalam menyusun resensinya. 

Padahal ketiga resensi tersebut dalam menyusunnya tidaklah jauh berbeda satu sama lain. Untuk lebih jelas mengenai resensi-resensi tersebut silahkan rekan lihat beberapa contoh resensi tersebut dibawah ini: (Kumpulan Tugas Sekolahku)

A. Contoh Resensi Novel
B. Contoh Resensi Buku
C. Contoh Resensi Filem

Ada beberapa resensi yang dapat dipelajari dan digunakan sebagai bahan perbandingan dalam membuat sebuah tugas resensi dari guru yang sengaja saya susun dalam kumpulan tugas resensi ini. Tugas resensi tersebut dapat rekan pelajari melalui tautan-tautan dibawah ini.

1) Resensi – Ai 
2) Resensi - Antara Dua Sisi Hati 
3) Resensi - Bekisar Merah 
4) Resensi - Benteng Terakhir 
5) Resensi - Cinta Lama Bersemi Kembali 
6) Resensi - Hatimu Sebening Embun 
7) Resensi - Kalau Jodoh Tidak Kemana 
8) Resensi – Kintaholic 
9) Resensi - Pelangi Jingga 
10) Resensi - Pengabdian Dan Pengorbana 
11) Resensi - Ratu Preman 
12) Resensi - Si Icam 
13) Resensi - Surban Cinta 
14) Resensi Novel – Dealova 
15) Resensi Novel - Di Bibirnya Ada Dusta 
16) Resensi Novel - Sang Pemimpi
Banyak bukan kumpulan resensi untuk tugas Bahasa Indonesianya, makanya silahkan disimak langsung pembahasan mengenai tugas resensi yang diinginkan melalui tautan-tautan diatas. 

Tapi ingat, resensi-resensi diatas hanya merupakan contoh saja dan tidak dapat dijadikan patokan pokok dalam menyusun tugas resensi rekan pelajar semua. 

Untuk patokan pokok silahkan disesuaikan dengan materi dari guru di sekolah masing-masing sedangkan untuk contohnya dapat melihat dari kumpulan resensi di atas. Lain waktu akan disempurnakan lagi contoh resensi tersebut.

Kumpulan Contoh Resensi Pelajaran Bahasa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: prusta swara