Wednesday, November 16, 2016

Kumpulan Contoh Soal Ulangan Matematika SD Kelas 3

Kumpulan Contoh Soal Ulangan Matematika SD Kelas 3 - Di bawah ini adalah sebuah soal terkait dengan sebuah soal matematika yang diperuntukkan untuk sekolah dasar kelas 3 semester 2. Yang mana soal ini adalah sebuah soal sebagai sebuah media belajar dan mengasah kemampuan para siswanya terkait dengan sebuah kopetensi dari mata pelajaran matematika.

Matematika memang sebuah mata pelajaran yang sulit bagi yang belum mengenal. Karena kebanyakan orang berfikir begitu rumitnya sebuah isi dan subtansi terkait dengan mata pelajaran matematika. Tetapi tentu tidak rumit bila memang anda sudah mengenal matematika secara baik.

Untuk bisa mengenal matematika dengan baik tentulah dibutuhkan sebuah kemauan dari dalam diri anda. Kemauan untuk mempelajari lebih dalam dengan melewati sebuah proses belajar yang kadang memusingkan dan menyita waktu, dan kemauan untuk sabar dalam melewati sebuah proses tersebut.

Semua harus dilewati dengan baik dan benar agar mendapatkan sebuah hasil yang maksimal. Dan sebagai media untuk bisa mengusai matematika dengan maksimal adalah dengan rutin mempelajari sebuah soal matematika. Dan berikut sebuah soal matematik sebagai sebuah media peroses pembelajaran.

A. Kerjakan titik-titik pada soal berikut ini!
1) Sudut yang lebih besar dari sudut siku-siku adalah....
2) Bangun datar yang memiliki 4 sudut siku-siku dan sisinya sama panjang adalah....
3) Rumah Nina memiliki panjang 9 m dan lebar 8 m. Luas rumah Nina adalah....
4) Sebuah persegi memiliki luas 256 cm persegi. Keliling persegi itu adalah....
5) Dua buah persegi jika disatukan akan membentuk bangun....

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah sudut siku-iku, bangun datar, jumlah luas Nina, sebuah jumlah persegi, dua buah persegi yang disatukan. Yang mana merupakan sebuah materi mata pelajaran matematika yang bisa anda gunakan untuk media anda dalam mengasah kemapuan anda dalam ilmu matematika.

Dalam kaitannya cara mengerjakannya adalah dengan memahami dengan baik soal yang sudah dicantumkan. Baru setelah mengetahui maksud dari soal tersebut, anda bisa mencari jawabannya dengan sebuah langkah cara mencari jawaban yang baik dan benar. Dengan demikian hasil yang akhirnya akan benar.

Berbeda halnya bila dalam mengerjakan sebuah soal sudah salah persepsi dalam memahami sebuah soal, tentulah hasil akhir yang diharapkan tidak sesuai dengan sebuah kaidah matematika yang semestinnya. Untuk itu kerjakan dengan tenang dan jangan terburu-buru agar konsentrasi dapat dengan baik dibangun.

6) Sebuah persegi panjang, panjangnya 21 cm dan lebarnya 15 cm. Berapakah keliling persegi panjang tersebut?
7) Apakah nama bangun yang memiliki 3 sisi dimana 2 sisinya sama panjang?
8) Kebun Pak Amir berbentuk persegi panjang dengan luas 252 m. Bila panjangnya 18 m. Berapa kelilingnya?
9) Berapakah besar sudut yang dimiliki oleh lingkaran?
10) Sudut apa yang besarnya lebih kecil dari sudut siku-siku?

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah persegi panjang, sebuah bangun dengan ciri-ciri tertentu, sebuah keliling dari sebuah kebun, besar sudur dari lingkaran, dan sudut yang besarnya lebih kecil dari sudut siku-siku. Semua ini adalah sebuah soal matematika dasar sebagai sebuah pembelajaran.

Kaitannya dengan tercapainnya hasil yang maksimal adalah apabila anda bisa mengikuti sebuah langkah yang baik dan benar. Apabila langkah awal anda sudah salah maka hasil akhirnya juga pasti akan salah. Sehingga perlu sebuah ketelitian dan sebuah ketekunan.

Kumpulan Contoh Soal Ulangan Matematika SD Kelas 3 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Duwa Ananda