Saturday, June 13, 2015

Kumpulan Contoh Teks Prosedur Kompleks Lengkap Terbaru

4:15 PM By Kumpulan Tugas

Salah satu topik atau materi yang harus kita kuasai pada pelajaran Bahasa Indonesia adalah mengenai teks prosedur kompleks. Di sekolah kita akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan teks prosedur kompleks tersebut dan kemudian untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam akan diberikan tugas untuk membuat atau mencari contoh teks prosedur kompleks.

Sebagai tambahan referensi belajar untuk rekan pelajar semua kali ini akan kita ulas mengenai sebuah "kumpulan contoh teks prosedur kompleks" yang akan diberikan secara lengkap dengan berbagai pilihan terbaru. Sebelum ke contoh yang dimaksud tentunya akan kita singgung sedikit mengenai pengertian dan maksud jenis teks ini.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Prosedur kompleks adalah langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Terdapat banyak kegiatan disekitar kita yang harus dilakukan menurut prosedur. Jika kalian tidak mengikuti prosedur itu, tujuan yang diharapkan tidak tercapai dan kalian dapat dikatakan sebagai orang yang tidak mengetahui aturan.

Contoh prosedur yang baru-baru ini kalian tempuh adalah proses pada saat kalian mendaftar SMA tempat kalian belajar ini. Apakah kalian ingat apa yang harus kalian lakukan saat itu? Persyaratan tertentu apa yang harus kalian penuhi dan langkah-langkah apa yang harus kalian tempuh? Apabila pada saat itu syarat-syarat tidak kalian penuhi dan langkah-langkah yang diminta tidak kalian tempuh, tujuan kalian untuk masuk sekolah ini tidak akan tercapai. Hal yang kalian lakukan pada saat mendaftar itu tidak lain adalah prosedur.

Struktur yang terdapat dalam Teks Prosedur Kompleks adalah TUJUAN dan LANGKAH-LANGKAH. Yang dimaksud tujuan di sini adalah hasil akhir yang akan dicapai. Adapun langkah-langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan itu tercapai. Pada Teks prosedur, langkah-langkah itu merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah-langkah berikutnya. (Sumber: ayupurbayanto.wordpress.com)

Sekarang kita dapat lebih memahami tentang definisi atau pengertian dari teks prosedur kompleks dalam bahasa Indonesia. Dengan begitu akan lebih mudah lagi bagi kita untuk memahami dan membuat berbagai teks ini untuk kebutuhan kita sehari-hari. Untuk lebih memahami mengenai materi bahasa Inggris tersebut mari kita pelajari beberapa contoh yang akan diberikan. 

Contoh Teks Prosedur Kompleks Terbaru

Berikut ini ada satu contoh teks prosedur yang bisa kita pelajari. Teks berikut akan berisi panduan langkah-langkah atau prosedur dalam menyambungkan perangkat komputer dengan internet. Untuk lebih memahami materi ini mari kita pelajari contoh terbaru tersebut.

Cara Menyambungkan Komputer dengan Internet Menggunakan Modem Eksternal
Dewasa ini, internet merupakan media paling revolusioner. Banyak pengembangan-pengembangan pada internet, salah satunya adalah perkembangan akses internet menggunakan modem eksternal. Bagaimana cara menyambungkan internet menggunakan Modem ? Berikut langkah-langkahnya :

Pertama, siapkan satu unit computer dan modem eksternal usahakan modem dalam keadaan baik dan sudah diisi pulsa. Pastikan juga terdapat port yang bisa digunakan untuk menyambungkan modem dan pastikan pula, computer menyala.

Jika modem dan computer siap, colokkan modem pada port. Lalu computer akan secara otomatis mendeteksi keberadaan modem.

Selanjutnya, bila modem sudah terdeteksi maka program modem akan muncul dan kita bias langsung menyambungkan computer ke internet. Namun, bila program modem belum terinstal maka kita harus menginstalnya terlebih dahulu. Bukalah modem, lalu klik setup installer modem (program untuk menginstal modem). Selanjutnya, tunggu sampai proses pemasangan selesai dan program modem siap digunakan.

Lalu, bukalah program modem dan klik “connect” untuk memulai proses penyambungan. Setelah proses penyambungan berhasil maka internet siap digunakan.

Kumpulan Contoh Teks Prosedur Kompleks, Selain contoh yang sudah disertakan diatas ada juga beberapa contoh lain yang dapat kita gunakan dalam membuat sebuah contoh teks prosedur kompleks ini. Beberapa ide contoh tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Cara Registrasi Kartu Baru - Sim Card Perdana
  2. Cara Membuat Layangan-Layang
  3. Cara Ngeprint Dokument Dan Foto
  4. Cara Menanam Singkong dengan Baik
  5. Menghidupkan Komputer dan Mematikan Komputer
  6. Prosedur Pembuatan KTP
  7. Prosedur Pembuatan Akte Kelahiran
  8. Mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  9. Cara Mendirikan Tenda

Untuk sementara contohnya yang ada tersebut saja, lain waktu akan terus ditambah lagi berbagai contoh teks yang lain yang lebih lengkap dan baru disertai dengan pembahasannya sekaligus agar kita semua lebih mudah dalam memahami materi jenis teks ini.

Jika ada hal-hal lain yang perlu ditanyakan rekan pelajar dapat menghubungi admin blog jika membutuhkan bantuan. Jangan lupa untuk tetap berkunjung ke blog khusus kumpulan tugas sekolah ini untuk mencari berbagai contoh tugas yang diperlukan.

Naskah Drama Sekolah, Papa Aku Ingin Pulang

4:04 PM By Kumpulan Tugas ,

Naskah Drama Sekolah Papa Aku Ingin Pulang - Hi rekan pelajar semua… Hari ini saya akan mencoba berbagi naskah drama sekolah yang baru lagi, yaitu naskah drama sekolah dengan judul Papa Aku Ingin Pulang. Naskah drama singkat berjudul papa aku ingin pulang ini merupakan drama komedi yang mengisahkan suka dan duka kehidupan seorang pelajar perantauan atau sering disebut anak kost. Yakin saja yang satu ini dapat menghibur dan menambah perbendaharaan referensi untuk mengerjakan garapan pementasan drama.

Perlu diketahui, naskah drama sekolah ini merupakan karya asli Tusek yang sengaja dibuat sebagai bahan kajian belajar, dan, naskah drama ini terdiri dari 2 bahasa (Naskah Drama Sekolah Indonesia- Inggris) yang siap untuk dipentaskan. Dengan kelebihan dua bahasa sekaligus ini tentunya akan memudahkan kita dapat mengembangkan ide dari naskah drama ini, selain itu tentunya dapat kita manfaatkan untuk memperdalam kemampuan kita dalam bahasa Inggris. Sebelum membaca naskah tersebut sempatkan juga untuk melihat beberapa naskah lain sebagai berikut!


Lumayan bukan, dengan beberapa judul di atas kita bisa mendapatkan tambahan referensi untuk bahan naskah drama sekolah yang sedang kita kerjakan. Jangan lupa untuk melihat juga beberapa judul di atas, siapa tahu ada yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan.
 

Cuplikan drama papa aku ingin pulang

Karena naskah drama ini sedikit lebih panjang dari yang lain – meski sebenarnya masih tergolong naskah drama singkat – rekan pelajar dapat membacanya di ruangan sebelah. Agar lebih mantap saya sediakan cuplikan naskah drama sekolah berjudul papa aku ingin pulangnya. Berikut silahkan disimak cuplikan naskah drama sekolahnya.

Papa Aku Ingin Pulang
Kumpulan Tugas Sekolah, Naskah Drama Sekolah

Pemain
- Pak Sangar (pemilik asrama Putra, galak dan bawel seperti cewek)
- Albert (Anak kota yang ceroboh)
- Bejo (Anak kampong yang pantang menyerah)
- Sintasari (Siswi cerewet, bawel dan usil)
- Purbasari (Primadona sekolah)

Suatu pagi, terdengar suara gaduh di Asrama Putra Sang Juara

Pak Sangar
Ada apa kalian ini pagi-pagi sudah rebut begitu seperti anak ayam kurang makan?

Albert
Bukan saya pak, Bejo yang bikin ulah duluan

Bejo
Albert yang mau main serobot saja pak, sedangkan saya sudah dari tadi mengantri giliran mandi.

Albert
Tapi kamu yang mendorong saya hingga jatuh! Lihat, handuk saya saja sampai basah jatuh kecomberan begini!!

Pak Sangar
Kalian ini seperti kucing dan anjing saja, setiap hari ribut melulu, apa kalian tidak sadar kalau hari sudah siang. Kalau kalian ingin tidak menganti seharusnya kalian bangun lebih pagi! Jangan tidur kaya kebo! (Oceh pak sangar sambil meninggalkan mereka berdua)

Setelah pak Sangar pergi mereka tiba-tiba terdiam membisu

Bejo & Albert: telaaaaaaaaaaat………(berteriak sambil masuk kamar masing-masing)

Akibat tragedy pagi tersebut, akhirnya mereka tidak sempat mandi pagi dan langsung berangkat sekolah, itupun dengan perut kosong yang melilit karena belum diisi makanan.

--- bersambung ---

Itulah tadi salah satu cuplikan tragedi memalukan yang dialami albert dan bejo di asrama mereka, sesampainya disekolah masih ada tragedi lain yang pasti akan membuat rekan pelajar semua tertawa terbahak-bahak 

(Coba bayangkan ada seorang cowok ganteng datang buru-buru kekelas menabrak Ibu gurunya dan saat ibu guru tersebut hendak memarahi mereka karena kecerobohannya ibu guru tersebut mendapati resleting si ganteng tersebut masih setengah tiang, ibu guru tersebut tak ayal langsung terpingkal diikuti suara tawa gaduh anak-anak lain di kelas).

Pelajari naskah drama sekolah: papa aku ingin pulang

Buat rekan pelajar yang berminat dan ingin mempelajari naskah drama komedi ini dapat mempelajari atau menyalin naskah drama ini melalui ruang yang Tusek sediakan. Jangan lupa untuk mengembangkan lebih jauh ide-ide naskah ini sehingga memenuhi kebutuhan yang rekan pelajar inginkan untuk tugas naskah drama sekolah yang diberikan oleh guru.

Naskah Drama Sekolah, Papa Aku Ingin Pulang
Koleksi Naskah Drama
Papa Aku Ingin Pulang


Jika dirasa membantu dan ingin selalu mendapatkan pembaruan dari naskah drama lainnya silahkan Berlangganan dengan email rekan untuk tugas sekolah yang akan terus ditambah di blog ini. Mohon maaf jika ada naskah yang kurang berkenan, untuk mencari yang lain silahkan lihat selengkapnya di bagian kategori naskah drama.

Contoh Naskah Drama 6 Orang Pemain Singkat, Sucinya Hati Anak Jalanan

3:55 PM By Kumpulan Tugas ,

Tugas sekolah kali ini akan membahas sebuah contoh naskah drama terbaru yaitu naskah drama 6 orang pemain singkat yang berjudul "sucinya hati anak jalanan". Naskah drama singkat yang terdiri dari tak lebih dari 3 halaman ini menceritakan sebuah cerita fiksi mengenai kebaikan dan ketulusan hati dua orang anak jalanan yang berprofesi sebagai pengamen.

Drama singkat yang diperankan oleh 6 orang ini merupakan drama yang sederhana dimana alur ceritanya terdiri dari satu babak saja. Dalam cerita drama tersebut dikisahkan dua orang pemuda pengamen jalanan sedang berkeluh kesah karena tidak mendapatkan hasil yang berarti dari kegiatan mengamen pada hari tersebut. Salah satu dari pengamen tersebut merasa sedih, kecewa bahkan murung dan tidak bersemangat melanjutkan aktivitasnya. 

Sementara pengamen yang lain berusaha meyakinkan dan meneguhkan hati sahabatnya meski di dalam hatinya ia juga merasakan kesedihan yang sama. Dua pengamen tersebut bernyanyi untuk menghibur diri mereka yang sedang kurang beruntung sampai akhirnya melihat dua orang pemuda yang sedang duduk berduaan.

Mereka kemudian berjuang dengan mengamen di depan mereka namun kedua orang tadi kabur sebelum mereka dapat menyelesaikan setengah lagu yang dimainkan. Mereka tahu benar apa yang membuat orang tersebut lari menghindari mereka yang akan mengamen. Sesuatu pun terjadi kepada kedua orang yang menghindari pengamen tersebut. Apa yang terjadi selanjutnya, simak saja langsung melalui naskah drama terlengkap untuk tugas sekolah dibawah ini.

Drama 6 Orang - Sucinya Hati Anak Jalanan

Mungkin selama ini anak jalanan sering kita lihat seperti orang yg susah di atur, brandal dan identik dgn pencurian. Namun disisi lain ada kalanya mereka tidak lah seperti apa yg kita lihat. Berikut ini adalah sebagian kecil drama yg mengisahkan bahwa “Anak jalanan juga punya hati”
Terlihat dua orang pengamen yang tengah berjalan lesu menuju teras di pinggir jalan.

Candranui: “ya Allah.... udah siang gini baru dapat segini”
Karyauan : “sabar ya cuy, namanya juga rezeki kita cuma segini, mau gimana lagi.”
Candranui: “ semoga aja masih ada rezeki buat kita ya....”
Karyauan: “ amin...... dari pada bersedih, mending kita nyanyi cuy.”
Candranui: “ ok.”

Akhirnya mereka pun bernyanyi dan suasana pun menjadi asyik. Ketika sedang asyik bernyanyi, tiba” Karyauan tertuju pada 2 orang yg tengah berdua’an di seberang jalan.

Karyauan: “ cuy, liat. Disana ada yg lagi berduaan tu. Kesana yok.”
Candranui: “ ayok.”

Mereka pun beranjak dari tempat mereka menghibur diri. Disisi lain, ti dan van dua orang yg sedang di tuju kedua pengamen tersebut sedang update berita terkini melalui laptop.

Ti: “van liat, sadis banget ya. Seorang pengamen merampok dan membunuh anak” kayak kita ini.
Van: “sadis banget. Jadi ngeri sama pengamen.”

Lalu tiba-tiba datang 2 orang pengamen menghampiri mereka.

Candranui : “permisi mas, permisi mbak.”
Lalu Candranui bernyanyi dgn di iringi musik Karyauan.

Karena baru membaca berita mengenai pengamen, ti dan van merasa ketakutan dan langsung melarikan diri.

Karyauan: “ hei mbak, mas. Mau kemana.....” (berusaha mengejar ti dan van)
Candranui: “udalah cuy, gak usah di kejar. Mungkin belum rezeki kita”
Karyauan: “ huufffttttt.... ya udah lah.” (tertunduk lesu)

Setelah merasa aman, ti dan van berhenti sejenak.

Ti: “uda van, berhenti dulu. Toh mereka uda gak ngejar kita lagi.”
Van: “ iya. Untung aja ya kita lari sebelum di apa-apain sama mereka.”

Tiba-tiba mereka di todong oleh seorang rampok.

Rampok: “hey kalian, serahkan hp, dompet sama laptop kalian. Cepat!!! (dgn nada keras sambil menodongkan pisau)

Van: “ i... i.... iya bang.” (sambil menyerahkan hp, dompet dan laptop nya.)

Sementara itu ti ketakutan dan sembunyi di balik van. Dari kejauhan Candranui melihat van dan ti tengah di rampok.

Candranui: “cuy, mereka di rampok tu. Kita tolong yok.”
Karyauan: “ ngapain sih cuy, mereka aja tadi lari pas kita mau ngamen. Loe peduli amat sih ma mereka.”
Candranui: “ kita itu sebagai sesama manusia harus saling tolong menolong. Walau sejahat apapun mereka sama kita.”
Karyauan: “ ya udah lah terserah mu. Aku disini aja.”
Candranui: “ ya udah kau telpon polisi aja. Biar rampok tu aku yg ngurus”
Karyauan: “ ok”.

Akhirnya Candranui datang dan membantu van dan ti.

Rampok: “ hei, siapa lu. Gak usah ikut campur. Mau mampus lu!!!”

Tanpa banyak kata, Candranui langsung berkelahi dgn rampok tersebut. Akhirnya sang rampok kalah dan tersungkur di tanah. Di waktu yg bersamaan pun Karyauan bersama pak polisi datang dan pak polisi pun langsung memborgol rampok tersebut.

Polisi: “ terima kasih ya nak. Orang ini sudah menjadi buronan kami selama ini. Karena kamu, kami sekarang bisa menangkap nya.”
Candranui: “ iya pak, sama-sama”.
Polisi: “ ayok ikut....” (sambil membawa sang rampok)

Dengan sedikit menahan rasa sakit Candranui memberikan laptop, hp dan dompet milik van.

Candranui: “ini barang lo cuy”

Dengan rasa malu van mengambilnya dan mengucapkan terima kasih.

Van: “ makasih ya bro. Gue gak tau kalo gak ada lo tadi. Oh ya, maaf ya tentang yg tadi. Gue kira semua pengamen itu sama.”
Candranui: “hahahahaha.... gak apa-apa cuy. Lagi pula jangan melihat seseorang tu dari luarnya aja. Ge pula gak semua orang itu sama.”
Van: “ bro, ini ambil. Ya... anggap aja sebagai tanda terima kasih.”
Karyauan: “ambil cuy, lumayan tambahan buat hari ini.”
Candranui: “ah kau ne. Cuy, kita tu Cuma mau terima uang kalau kami sudah kerja.”
Van: “ ya uda, kalau gitu kenapa kalian gak nyanyi satu lagu aja buat kita. Kan kita jadi impas.”
Candranui: “ok. Let’s go......”

***

Silahkan diotak atik sendiri jika rekan pelajar semua membutuhkan contoh naskah drama singkat tersebut untuk tugas di sekolah. Rekan semua dapat memodifikasi ceritanya sesuai dengan kebutuhan.

Kumpulan Naskah Drama 6 Orang Terlengkap

Setelah melihat-lihat contoh langsung yang ada di atas, jangan lupa untuk melihat-lihat juga berbagai isi kumpulan naskah drama 6 orang terlengkap yang disediakan berikut ini. Apabila ada yang dibutuhkan bisa langsung dicek melalui tautan yang disediakan.

  1. Naskah drama papa aku ingin pulang
  2. Naskah drama berjudul pagar sekolah
  3. Drama punk in love 7 orang pemain
  4. Naskah drama 6 orang pemain bahasa jepang
  5. Naskah drama 6 orang pemain bahasa inggris
  6. naskah drama sekolah
  7. naskah drama persahabatan
  8. naskah drama pendek
  9. contoh naskah drama
  10. naskah drama lucu
  11. naskah drama 6 orang
  12. naskah drama komedi
  13. naskah drama remaja

Seiring berjalannya waktu berbagai koleksi script drama tersebut akan selalu kita tambah agar lebih lengkap lagi. Maka dari itu bagi yang sedang membutuhkan banyak referensi untuk naskah drama maka bisa sering berkunjung ke situs tugas sekolah ini. Jangan lupa pula untuk mencatat alamat situsnya agar lebih gampang.

Demikianlah referensi tugas sekolahku kali ini dengan tema artikel yaitu Contoh Naskah Drama 6 Orang Pemain Singkat – Sucinya Hati Anak Jalanan. Semoga saja apa yang diberitakan di blog tercinta ini dapat bermanfaat bagi kita semua yang membutuhkan.

Friday, June 12, 2015

Contoh Pendahuluan Makalah Bola Besar

6:37 PM By Kumpulan Tugas ,

Pendahuluan Makalah Bola Besar -  Jika kita memahami bagaimana aturan dalam membuat pendahuluan untuk karya tulis sebenarnya kita tidak perlu repot untuk mencari contoh. Maka dari itu jika memang belum memahami mengenai penyusunan atau penulisan bagian makalah ini sebaiknya kita pelajari lebih dalam mengenai contoh pendahuluan makalah khususnya untuk pembahasan tentang materi penjas bola besar.

Pada kesempatan sebelumnya saya telah membahas mengenai contoh pendahuluan makalah aids dan sekarang saya akan membahas mengenai makalah bola besar. Sobat pelajar tentunya mengerti yang saya maksud dengan bola besar bukan, yaitu makalah yang membahas mengenai permainan yang termasuk kedalam permainan bola besar seperti sepak bola, basket dan lainnya. Bagi yang bekepentingan, silahkan dilihat saja contoh pendahuluan makalah bola besar ini. 

Seperti kita tahu terkadang tanpa ada contoh kita kesulitan dalam membuat sebuah tugas makalah karena kita memang masih belajar. Karena itu ada baiknya kita memang banyak belajar dari berbagai makalah yang telah lebih dahulu di susun. Kita bisa mempelajari makalah lengkapnya atau bisa juga mempelajari bagian-bagian tertentu saja yang kita butuhkan. Seperti kali ini kita akan mempelajari contoh pendahuluan makalah agar kita bisa membuatnya sendiri. Sebelum itu sempatkan juga untuk mempelajari beberapa makalah lain misalnya:
  1. Contoh makalah pendidikan seks usia dini
  2. Makalah penjaskes penyakit menular seksual
  3. Contoh pendahuluan makalah ekonomi
  4. Contoh pendahuluan makalah agama islam
  5. Contoh pendahuluan makalah sejarah
  6. Contoh pendahuluan makalah kewirausahaan
  7. Contoh pendahuluan makalah matematika
  8. Contoh pendahuluan makalah agama kristen
  9. Contoh pendahuluan makalah psikologi
  10. Contoh pendahuluan makalah tik
Dengan banyak mempelajari berbagai contoh pendahuluan maka kita bisa lebih paham bagaimana menyusun pendahuluan untuk makalah yang akan kita buat. Sekarang mari kita pelajari langsung contoh pendahuluan untuk makalah ini.

Pendahuluan Makalah tentang Bola Besar

Silahakan dibaca langsung mengenai pendahuluan makalah bola besar yang dapat dilihat dibawah ini. Jangan lupa bahwa pendahuluan yang sobat buat tidaklah harus sama dengan pendahuluan ini karena pendahuluan ini hanyalah sebagai contoh saja. Ingat, dalam pendahuluan setidaknya ada tiga bagian yaitu latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan. Selengkapnya mari kita pelajari berikut!

A. Latar Belakang
Olahraga adalah salah satu bentuk dari upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia yang diarahkan pada pembentukan watak dan kepribadian, disiplin dan sportivitas yang tinggi, serta peningkatan prestasi yang dapat membangkitkan rasa kebanggaan nasional. Kegiatan olahraga mencakup berbagai macam cabang seperti atletik, permainan, olahraga air, dan olahraga beladiri. Olahraga permainan yang dilakukan dalam proses pendidikan salah satunya adalah olahraga Bola Basket.

Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang menarik, dan dewasa ini bola basket menjadi olahraga yang berkembang. Perkembangan olahraga bola basket dapat dilihat dari semakin banyaknya peminat olahraga bola basket. Tayangan televisi yang menyajikan permainan bola basket antara lain kompetisi NBA ke seluruh dunia telah mempengaruhi banyak orang yang meminatinya. Bola basket juga merupakan olahraga untuk semua orang, dapat dimainkan oleh pria maupun wanita dari segala ukuran bahkan mereka yang cacat.

Bola basket merupakan cabang olahraga yang makin banyak digemari oleh para masyarakat terutama oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Melalui kegiatan olahraga bola basket ini para remaja banyak memperoleh manfaat khususnya dalam pertumbuhan fisik, mental, dan sosial. Permainan bola saat ini basket mengalami perkembangan yang pesat terbukti dengan munculnya klub-klub tangguh ditanah air dan atlet-atlet bola basket pelajar baik di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi dan kompetisi yang ditangani secara profesional yaitu kompetisi bola basket nasional antar klub se Indonesia IBL (Indonesian basketball league). Berbagai kompetisi tersebut dengan sendirinya akan memunculkan bakat potensial di bidang bola basket.

Olahraga bola basket juga diberikan pada bidang pendidikan khususnya pada pelajaran jasmani di sekolah. Hal inilah sebenarnya yang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi para pelajar mengenal bola basket khususnya pada kegiatan ekstrakulikuler bola basket yang diadakan di sekolah akan menarik minat para pelajar menggemarinya.

Dari pernyataan di atas, maka penyusun tertarik untuk mengetahui seberapa besar manfaat olahraga basket terhadap kehidupan kita, hingga permainan ini begitu digemari oleh semua kalangan usia di Dunia.

B. Tujuan
Tujuan Penyusun Membuat makalah ini yaitu : (Kumpulan Tugas Sekolahku)
  1. Mengetahui seberapa besarkah manfaat bermain basket bagi kehidupan kita? 
  2. Membagikan ilmu kepada pembaca agar lebih mengerti tentang olahraga basket. 
Contoh diatas merupakan pendahuluan untuk makalah bola basket yang memuat latar belakang dan tujuan penelitian makalah. Selain dua hal tersebut sebenarnya ada informasi lain yang masih dapat ditambahkan yaitu manfaat penelitian dan hipotesa jika diperlukan.

Contoh Pendahuluan Makalah Lainnya 

Selain pendahuluan yang saya bagikan diatas, sobat juga dapat melihat-lihat pendahuluan makalah lainnya yang mungkin bermanfaat bagi sobat sekalian. Silahkan dilihat juga pendahuluan lainnya berikut ini:
  1. Contoh Pendahuluan Makalah HIV AIDs 
  2. Contoh Pendahuluan Makalah Atletik
Dengan berbagai contoh pendahuluan makalah lainnya tersebut semoga apa yang sedang sobat pelajar susun dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan dengan hasil yang lebih memuaskan. Tak lupa saya mengingatkan bahwa apa yang disampaikan disini hanya sebagai contoh dan gambaran saja dan bukan merupakan panduan khusus untuk penyusunan makalah. 

Agar dapat menghasilkan makalah yang baik sobat hendaknya jangan lupa untuk membaca panduan pembuatan makalah untuk sekolah dan instansi masing-masing.

Setelah mempelajari Contoh Pendahuluan Makalah Bola Besar di atas, sebagai tambahan, sobat juga dapat mendownload atau menyalin contoh-contoh pendahuluan yang dibahas disini melalui tautan yang ada. Atau sobat juga dapat langsung mencetaknya melalui tombol print jika diperlukan. Jangan bosan-bosan untuk belajar dan berkunjung ke blog ini untuk mencari referensi tugas-tugas sekolahku.