Thursday, August 27, 2015

Ringkasan Materi Pengertian Biosfer Geografi

7:11 AM By Kumpulan Tugas ,

Ringkasan Materi Pengertian Biosfer GeografiSetelah bebereapa waktu lalu kita membahas materi Pelajaran Agama Islam, kali ini kita akan membahas salah satu Materi Pelajaran Geografi yaitu tentang Pengertian Biosfer. Tumbuhan, hewan, dan manusia adalah makhluk hidup atau lazim disebut organisme. Organisme itu dapat hidup karena ada tempat untuk hidup yang menyediakan semua kebutuhan untuk melangsungkan kehidupan. Tempat untuk hidup itulah yang disebut biosfer (berasal dari kata bio = hidup dan sphaira = tempat/lapisan).

Tidak hanya di permukaan Bumi, di dalam tanah dan di udara pun ada kehidupan. Pada kedalaman tertentu di dalam tanah, kamu dapat menjumpai berbagai macam organisme. Di udara pada ketinggian tertentu, kamu dapat melihat burung-burung dan berbagai makhluk terbang mencari makan. Berarti, tanah pada kedalaman tertentu dan udara pada ketinggian tertentu juga merupakan biosfer.

Kesimpulannya bahwa pengertian biosfer adalah bagian dari Bumi dan atmosfernya di mana organisme dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya. Dengan kata lain, hanya di biosferlah sistem kehidupan dapat ditemukan. Biosfer merupakan jenjang kehidupan tertinggi di bumi secara lebih terperinci, jenjang kehidupan atau tingkatan organisasi makhluk hidup adalah sebagai berikut.


1. Individu
Individu merupakan organisme tunggal yang termasuk dalam spesies tertentu. Contoh, seekor ayam, seekor kucing, sebatang pohon pisang, sebatang pohon kelapa, dan seorang manusia. Untuk mempertahankan hidupnya, satu jenis organisme dihadapkan pada masalah-masalah yang cukup rumit. Seperti untuk mempertahankan diri dari musuh atau untuk mendapatkan makanan.

2. Populasi
Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang berkumpul dan hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu. Contoh, populasi ayam di desa Jati Makmur pada tahun 2000 berjumlah 5.555 ekor. Ukuran populasi
dapat berubah sepanjang waktu. Perubahan ukuran dalam populasi tersebut disebut dinamika populasi.

3. Komunitas
Komunitas adalah suatu kumpulan dari berbagai populasi pada suatu kawasan tertentu yang saling berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain. Komunitas memiliki komponen yang lebih kompleks jika
dibandingkan dengan individu dan populasi. Dalam komunitas, semua komponen saling berinteraksi dengan pola yang beraneka macam.

4. Ekosistem
Ekosistem merupakan suatu kumpulan dari komunitas yang berbeda yang memiliki ciri khas yang berbeda dan memiliki hubungan yang saling memengaruhi. Komponen penyusun ekosistem adalah produsen (tumbuhan hijau), konsumen (herbivora, karnivora, dan omnivora), dan dekomposer / pengurai (mikroorganisme).

5. Biom
Beberapa ekosistem yang terdapat pada suatu wilayah geografis dengan iklim dan kondisi yang sama disebut biom. Semua biom di Bumi dengan berbagai macam dan ragamnya membentuk tingkatan tertinggi
pendukung kehidupan yang disebut biosfer.

Menurut para ahli, Biosfer adalah:
1. Ahli geologi Eduard Suess di Austria 1875
Biosfer adalah tempat pada permukaan bumi dimana kehidupan berdiam.

2. Ilmuwan James Lovelock
Konsep bahwa biosfer itu sendiri adalah sebuah organisme hidup, yang disebut sebagai hipotesa Gaia. Hipotesa Gaia untuk menjelaskan bagaimana faktor biotik dan abiotik berinteraksi dalam lingkungan. Bumi ini sendiri menganggap dirinya semacam organisme hidup.

3. Jhon Wiley
Biosfer adalah zona dari planet bumi di mana kehidupan terjadi secara alami,diperluas dari lapisan bumi dengan atmosfer yang lebih rendah

4. Michael Allaby
Biosfer adalah bagian dari lingkungan hidup organisme yang ditemukan dan mereka berinteraksi membentuk sebuah sistem kelompok yang stabil,efektif untuk keseluruhan ekosistem di planet.




Ringkasan Materi Pengertian Biosfer Geografi
Contoh Makalah tentang Biosfer

Demikian pembahasan kita kali ini, untuk Ringkasan Materi Pengertian Biosfer pelajaran Geografi lain silahkan lihat sesuai dengan pelajaran yang diinginkan atau jika masih membutuhkan materi pelajaran sejenis silahkan ringkasan materinya hanya di blog kumpulan tugas sekolahku ini.

Contoh Naskah Drama 5 Orang Pemain

7:08 AM By Kumpulan Tugas ,

Contoh Naskah Drama 5 Orang Pemain - Meski hanya contoh, membahas naskah drama 5 orang pemain menjadi artikel yang panjang. Untuk itu naskah ini akan kita bagi dalam beberapa judul naskah yang dapat kita pelajari. Contoh tersebut akan memuat satu judul naskah drama pada artikel khusus sesuai dengan tema teks naskah drama  tersebut, berikut selengkapnya.

Sebenarnya untuk contoh naskah drama atau contoh teks drama terbaru sudah banyak sekali jika kita mencarinya di internet, meski begitu terkadang kita belum dapat menemukan naskah atau teks yang sesuai dengan tema yang kita inginkan. Oleh karena itu, kumpulan tugas sekolahku akan berusaha membagikan berbagai contoh terbaru lain yang pastinya banyak dibutuhkan baik itu secara khusus untuk drama 5 orang serta drama 6, 7 atau drama 8 orang pemain. Sebelum lebih jauh membahas mengenai contoh kali ini sebaiknya lihat juga beberapa pembahasan terbaru berikut!

1) Naskah drama 5 orang lucu
2) Naskah drama 5 orang sahabat 2010
3) Naskah drama 5 orang pemain tentang persahabatan
4) Naskah drama 5 orang singkat
5) Naskah drama 6 orang pemain
6) Naskah drama persahabatan
7) Naskah drama 5 orang pemain perempuan
8) Naskah drama cerita rakyat 5 orang pemain

Selain berdasarkan jumlah pemainnya, melalui pembahasan ini juga akan disertakan berbagai contoh lain sesuai dengan tema drama yang dibutuhkan seperti misalnya drama percintaan, drama persahabatan, drama remaja, drama anak sekolah dan lain sebagainya. Pastikan sobat pelajar yang masih banyak membutuhkan berbagai contoh seperti di atas untuk sering-sering berkunjung ke blog ini.

Teks Naskah Drama 5 Orang Pemain Terbaru
Pada malam Jum’at kliwon lahirlah dua anak manusia. Anak-anak ini sangat nakal, usil dan susah diatur.kenakalan dua anak manusia ini memuncak pada saat mereka SMA .dua anak ini bernama JOYO alias Joy dan JONO alias John yang mimpi jadi seperti John Cena. 

(BABAK 1)
Pada suatu pagi mereka berangkat sekolah bersama.tiba-tiba Joy menabrak seorang Somat.
Joy: “woy., biasa aja loe broo!!
John: iya nih , biasa aja loe broo..
Somat: maaf joy aku tidak sengaja.
Joy: ya sudah pergi sana loe!

(tak lama kemudian bel sekolahpun berbunyi teng…teng…teng…kemudian semua muridpun masuk ke kelas mereka masing-masing.) Tiba-tiba ada guru baru yang masuk ke kelas Joyo CS.

Bu lilis: “selamat pagi anak-anak…
Murid: “ pagi buu…
Bu lilis:” perkenalkan nama saya Ibu Lilis saya guru Bahasa Indonesia yang baru menggantikan Pak Seno .
Astuti : “ohh iya bu… saya sudah tau, soalnya saya sudah diberi tahu oleh Bapak Sabar kemaren….”

Joy:”alah sok tau loe ,gue aja belum tau kok. Jangan sok tau loe.”
Somat:”jangan gitu Joy,dia kan temenmu !’
John:alah jangan ikut campur loe Mat… sok bijak banget loe Mat.”

Bu lilis:”sudah-sudah jangan berisik!! Baiklah sebelum kita memulai pelajaran pada pagi hari ini,ibu mau kalian memperkenalkan diri terlebih dahulu, dimulai dari kamu ya!” (sambil menunjuk Roy”).

Roy : denger nih, nama gue, gue Roy bu,!!... nama lengkapnya ROYCO
Bu Lilis : Cita - citamu apa nak???

Roy : saya ingin menjadi polisi bu, saya ingin memberantas kejahatan dan melindungi negeri ini dari terorisme!!!!!!!.....(sambil berdiri dan menunjuk ke belakang)

Joy : alah Polisi gadungan aja bangga
Jon : iya nih, jangan sok luw
Bu Lilis : sudah-sudah, kemudian kamu nak, siapa namamu dan apa cita - citamu???? (menunjuk ke Cimeng)

Cimeng : nama saya Cimeng bu,, cita-cita saya pengusaha, saya ingin menjadi orang yang sukses buuu…. 
Joy : walah paleng cuman jualan cilok keliling bangga
John : iya nih blagu bgt,!!

Bu lilis : wahhh bagus koq cita-citamu, selanjutnya kamu anak muda siapa namamu, dan apa cita - citamu???(Menunjuk Astuti)
John : Astutiiiiiiiiii….
Joy : Jiaaahhh… Astuti!!!
Astuti : “ Nama saya Astuti bu.”
Bu Lilis : “ Nama Lengkapnya siapa nak? “
Astuti : “ Astuti aja . “

Bu Lilis : “ Oh.. Cita - cita kamu apa nak?

Astuti : “ Saya ingin menjadi detektif buk. Saya ingin mengusut kasus - kasus kejahatan. “
Bu Lilis : “ Oh.. Bagus. Sekarang kamu ( Sambil menunjuk Somat )
Somat : “ Nama saya Somat, anaknya bang mamat penjual tomat buk. “
Bu Lilis : “ Cita - cita kamu apa nak? “
Somat : “ Saya ingin menjadi polisi bu, saya ingin memberantas semua teroris.
Bu Lilis : “oh.. Bagus sekali, Perjuangkan terus yaaa “ Sekarang kamu, Nama lengkap ya. “
Joy : kenalin Nama gue Joy bu, Nama lengkapnyanya Joyo Royo Rono Rono Yo Rapopo..
Bu Lilis : “ Haaaaaaaaa,..cita - cita kamu apa nak? “
Joy : “ Saya ingin menjadi terorris bu. Saya ingin membasmi semua polisi dan para detektif yang sok bijak ini buk!!!!!(sambil menunjuk ke depan)

Bu Lilis : “ Haaaa…. Cita - cita mu gak jelas sekali nak, Semoga cita - cita mu tidak tercapai ya.. Lalu kamu nak, Nama mu siapa?

John : “ Nama saya John bu, Nama lengkap Jono Raharjo Tri Mangun Kusumo Panganane Iwak Ulo bu.
Bu Lilis : “Jannn angel tenan, Cita-cita mu apa nak ? “
John : “ Cita-cita saya bu, saya mau jadi anggota isis bu.
Bu Lilis : “ Lahhh… memangnya kenapa kamu mau bergabung sama isis nak?

John : “ Saya benci sama polisi bu, masa saya baru ngambil uang di ATM pulangnya kena tilang, dan uangnya di ambil sama polisi bu. Maka dari itu saya mau gabung sama isis, dan kemudian saya akan bom semua kantor polisi bu.. hahahahaha…
Bu Lilis : “ haduhhh… bisa hancur negeri ini kalau cita - cita mereka seperti ini “ ( menggerutu )

Tak terasa jam pelajaranpun telah selesai,lalu merekapun pulang.beberapa tahun kemudian,mereka telah mencapai cita - cita mereka. Joy dan john ahirnya menjadi teroris, Somat dan Roy menjadi polisi, dan Astuti menjadi detektif.

Download Contoh Drama 5 Orang Pemain
Silahkan lihat contoh berikut ini sesuai dengan tema yang rekan inginkan. Karena terlalu panjang makanya naskah dramanya akan dishare secara terpisah.



Selain yang bisa disalin atau di download di atas silahkan lihat juga beberapa koleksi drama 5 orang pemain yang dibutuhkan melalui beberapa link berikut. Drama-drama berikut telah dibagikan sebelumnya di blog ini dan akan selalu ditambah sampai banyak. Cek langsung melalui link judulnya berikut!
  1. Naskah Drama tentang Anak Sekolahan
  2. Naskah Drama Bertema Arti Sahabat
  3. Naskah Drama Bertema Komedi
  4. Naskah Drama Bertema Persahabatan
  5. Naskah Drama Bertema Emansipasi Bawang Putih
  6. Naskah Drama Bertema Yang Tak Terlupakan
  7. Naskah Drama Bertema Mutilasi
  8. Contoh Drama Lainnya

Itulah tadi  Contoh Naskah Drama 5 Orang Pemain yang dapat kita pelajari, semoga dapat menambah pengetahuan kita dan membantu kita dalam belajar drama.

Wednesday, August 26, 2015

Contoh Pendahuluan Makalah Penjaskes

1:02 AM By Kumpulan Tugas ,

Contoh Pendahuluan Makalah Penjaskes - Begitu banyaknya makalah yang biasa disusun oleh pelajar terkadang membuat bingung, khususnya saat kita menyusun makalah penjaskes. Sebenarnya tidak ada alasan untuk bingung dalam menyusun pendahuluan makalah karena masing-masing makalah tentunya akan berbeda dalam menyusun pendahuluannya. Untuk memberi sedikit gambaran mengenai pendahuluan makalah khususnya makalah penjas maka saya pada kesempatan ini akan mengulas sedikit menganai hal itu. Silahkan disimak langsung uraian berikut.

Mengingat pentingnya contoh makalah penjaskes maka pada kesempatan ini kita akan membahas secara rinci mengenai proses penyusunan makalah untuk mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Pada kesempatan ini situs tugas sekolah akan belajar menyusun contoh pendahuluan makalah baik dari segi isi pembahasannya maupun dari segi bentuk atau cara penulisan makalah yang baik dan benar. Agar lebih jelas mari langsung saja kita ke inti pembahasannya di bawah ini.

Cara Menulis Pendahuluan Makalah Penjaskes

Untuk menulis pendahuluan sebuah makalah penjas pertama-tama kita harus menentukan topik-topil atau materi yang ada pada pendahuluan tersebut. Jika kita tidak mengerti materi atau topik apa yang seharusnya ada pada pendahuluan ini maka kita akan mengalami sedikit kesulitan dalam menyusunnya dan bahkan jika kita tidak mencari tahu tentang hal ini maka pendahuluan makalah yang kita susun mungkin saja akan menjadi pendahuluan yang kurang lengkap atau bagus.

Seperti yang sebelumnya saya utarakan, pendahuluan makalah akan terdiri dari beberapa informasi penting yang harus ada. Informasi-informasi akan memberikan pengantar kepada isi dari makalah yang kita susun. Untuk itu kita harus tahu apa yang akan kita susun tersebut. Dalam beberapa makalah hal pokok yang harus ada dalam makalah yang sederhana meliputi beberapa informasi sebagai berikut:
  1. Latar belakang; memuat informasi tentang latar belakang makalah yang disusun 
  2. Rumusan masalah; berisi rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah yang disusun 
  3. Tujuan penelitian; berisi informasi mengenai tujuan disusunnya makalah 
  4. Hipotesis; berisi tentang hipotesis pada makalah yang disusun 

Di dalam latar bekalang akan di bahas berbagai informasi yang menjadi dasar akan pembahasan yang akan diberikan dalam sebuah makalah. Dengan adanya latar belakang tersebut maka pembaca akan mengetahui beberapa dasar alasan dalam penyusunan makalah dan juga mengetahui seberapa pentingnya makalah tersebut di susun. 

Rumusan masalah akan berisi apa saja yang akan dibahas dalam makalah tersebut. Rumusan makalah tersebut ditulis dalam bentuk poin-poin yang akan dibahas  dan biasanya tidak banyak karena pada makalah akan fokus pada pembahasan inti saja. Bagian-bagian selanjutnya pun akan berisi sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan di bagian atas.

Empat hal diatas merupakan informasi dasar yang biasanya ada pada sebuah pendahuluan makalah. Untuk itu dalam menyusun makalah penjas ada baiknya juga informasi diatas ditempatkan pada pendahuluan makalah yang kita buat. Untuk informasi terperinci menganai masing-masing bagian tersebut silahkan klik pada tautan diatas.

Kumpulan Contoh Pendahuluan 

Makalah penjaskes terdiri dari berbagai makalah sesuai dengan isi dan materi yang dibahas. Ada makalah penjaskes mengenai olahraga, kesehatan dan lainnya. Meski pada umumnya informasi yang ada pada contoh makalah adalah sama namun ada baiknya sobat yang hendak menyusun pendahuluan melihat beberapa kumpulan contoh pendahuluan berikut ini sebagai bahan acuan. Berikut beberapa contoh pendahuluan tersebut: (Kumpulan Tugas Sekolahku)
  1. Contoh Pendahuluan Makalah HIV AIDs
  2. Contoh Pendahuluan Makalah Bola Besar
  3. Contoh Pendahuluan Makalah Atletik

Untuk sementara hanya contoh pendahuluan makalah penjaskes diatas yang dapat saya bagikan untuk sobat semua, silahkan dilihat contoh pendahuluan untuk masing-masing makalah yang ada diatas. Pada kesempatan lain saya akan menambah contoh pendahuluan untuk makalah-makalah lain yang lebih lengkap lagi.

Hal terakhir ini hanya merupakan tambahan saya, untuk sobat yang sedang mencari contoh-contoh makalah maka sobat dapat melihat beberapa contoh makalah yang pernah dibahas. Demikianlah pembahasan kita kali ini menganai contoh pendahuluan: makalah penjaskes. Semoga apa yang sobat cari dapat dijumpai dalam pembahasan kali ini dan semoga apa yang dibagikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua… salam sukses selalu

Thursday, August 20, 2015

Jenis-Jenis Narkoba dan Gambarnya

2:07 AM By Kumpulan Tugas ,

Jenis-Jenis Narkoba dan Gambarnya - Materi tentang narkotika dan psikotropika merupakan salah satu materi yang cukup panjang mengingat banyak jenis obat terlarang tersebut yang harus di pelajari. Untuk memudahkan kita semua dalam mempelajari materi tentang narkoba tersebut maka berikut akan kita buat sebuah ringkasan materi yang berisi pembahasan lengkap. 

Pembahasan materi ini akan dibagi dalam dua sub pembahasan. Pembahasan pertama akan merangkum mengenai penggolongan dari kedua jenis obat berbahaya tersebut. Pada bagian kedua akan dibahas satu demi satu berbagai jenis narkoba tersebut lengkap dengan gambar dari masing-masing jenisnya sekaligus. Tapi, sebelum kita masuk ke ringkasan materi tersebut mari sempatkan diri juga untuk membaca beberapa artike berikut ini.

1) Artikel jenis narkoba dan gambarnya
2) Jenis narkoba terbaru
3) Jenis narkoba dan dampaknya
4) Sabu sabu
5) Cara jenis narkoba dan gambarnya
6) Jenis jenis narkoba beserta gambarnya
7) Gambar jenis narkoba cc4
9) Jenis jenis narkoba dan pengertiannya

Adanya materi sekolah ini adalah bertujuan untuk memberikan gambaran lebih dekat mengenai bahaya dari penggunaan obat-obatan terlarang tersebut. Dengan begitu kita dapat mengenali, memahami dan menghindari berbagai obat tersebut di dalam kehidupan kita. Jangan sampai karena kita tidak tahu lalu kita terjerumus menjadi pemakai barang haram tersebut. 

Penggolongan Narkotika dan Psikotropika

Ada golongan 1 ada golongan dua dan seterusnya. Pertama mari kita perjelas mengenai penggolongan dua hal ini yaitu penggolongan narkotika dan juga penggolongan prikotropika. Selengkapnya untuk ringkasan atau rangkuman materinya yaitu seperti di bawah ini.

1. Narkotika
Menurut UU No.22 tahun 1997, narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Narkotika digolongkan menjadi 3 golongan :

Golongan I
Hanya digunakan untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan
Tidak digunakan dalam terapi
Potensi ketergantungan sangat tinggi
Contoh : Heroin (putauw), kokain, ganja

Golongan II
Untuk pengobatan pilihan terakhir
Untuk pengembangan ilmu pengetahuan
Potensi ketergantungan sangat tinggi
Contoh : fentanil, petidin, morfin

Golongan III
Digunakan dalam terapi
Potensi ketergantungan ringan
Contoh : kodein, difenoksilat

2. Psikotropika
Menurut UU No.5 Tahun 1997, psikotropika adalah zat atau obat baik alamiah atau sintesis bukan narkotika yang bersifat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan aktivitas mental dan perilaku. Psikotropika digolongkan menjadi 4 golongan :

Golongan I
Hanya untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan 
Tidak digunakan dalam terapi
Potensi sindrom ketergantungan amat kuat
Contoh : LSD, MDMA/ekstasi

Golongan II
Untuk pengobatan
Untuk pengembangan ilmu pengetahuan
Potensi sindrom ketergantungan kuat
Contoh : metamfetamin (shabu), sekobarbital

Golongan III
Untuk pengobatan atau terapi
Untuk pengembangan ilmu pengetahuan
Potensi sindrom ketergantungan sedang
Contoh : amobarbital, pentazosine

Golongan IV 
Untuk pengobatan atau terapi
Untuk pengembangan ilmu pengetahuan
Potensi sindrom ketergantungan ringan
Contoh : diazepam, halozepam, triazolam, klordiazepoksida

Berbagai Jenis Narkoba dan Gambar

Kalau di atas kita sudah secara lengkap membahas dua hal sekaligus yaitu narkoba dan psikotropika maka sekarang waktunya kita mengenal berbagai jenis narkoba. Agar bisa memahami lebih lanjut maka tidak ada salahnya jika kita melihat sekilas bagaimana bentuk dari barang terlarang tersebut agar bisa dihindari. Penjelasan selengkapnya yaitu sebagai berikut.

Ganja
Atau dikenal sebagai Marijuana dalam bentuk herbal, adalah produk psikoaktif dari Tumbuhan Cannabis sativa. Manusia telah mengkonsumsi ganja sejak prasejarah, meskipun di abad ke-20 terjadi peningkatan dalam penggunaannya untuk tujuan rekreasi, agama atau spiritual, dan juga obat. Diperkirakan bahwa sekitar empat persen dari populasi orang dewasa di dunia menggunakan ganja setiap tahunnya.

Ganja memiliki efek psikoaktif dan fisiologis bila dikonsumsi, biasanya dengan merokok atau konsumsi langsung. Jumlah minimum THC diperlukan untuk memiliki efek psikoaktif adalah sekitar 10 mikrogram per kilogram berat badan. Keadaan mabuk akibat konsumsi ganja adalah bahasa sehari-hari dikenal sebagai “high”, yang merupakan kondisi di mana mental dan fisik terasa berubah karena konsumsi ganja. Setiap pengguna memiliki pengalaman yang berbeda dipengaruhi beberapa faktor seperti potensi, dosis, komposisi kimia, metode konsumsi dan sebagainya.

Heroin
Heroin atau diamorfin (INN) adalah sejenis opioid alkaloid yang langsung diekstrak dari opium poppy. Heroin adalah derivatif 3.6-diasetil dari morfin (karena itulah namanya adalah diasetilmorfin) dan disintesiskan darinya melalui asetilasi. Bentuk kristal putihnya umumnya adalah garam hidroklorida, diamorfin hidroklorida. Heroin dapat menyebabkan kecanduan.

Kokain
Kokain adalah senyawa sintesis yang memicu metabolisme sel menjadi sangat cepat. Kokain merupakan alkaloid yang didapatkan dari tumbuhan koka Erythroxylon coca, yang berasal dari Amerika Selatan. Daunnya biasa dikunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan “efek stimulan”.Saat ini kokain masih digunakan sebagai anestetik lokal, khususnya untuk pembedahan mata, hidung dan tenggorokan, karena efek vasokonstriksif-nya juga membantu.

Kokaina diklasifikasikan sebagai suatu narkotika, bersama dengan morfina dan heroina karena efek adiktif.kokain adalah zat yang ampuh untuk mempengaruhi sistem saraf, efeknya bisa terasa dari 20 menit sampai berjam-jam, tergantung dosis dan cara penggunaannya. Tanda awal ketika mulai menggunakan adalah hiperaktif, tidak tenang, tekanan darah meningkat, denyut nadi meningkat, dan euforia.

Morfin 
Kata "morfina" berasal dari Morfeus, dewa mimpi dalam mitologi Yunani. Morfin adalah alkaloid analgesik yang sangat kuat dan merupakan agen aktif utama yang ditemukan pada opium. Morfina bekerja langsung pada sistem saraf pusat untuk menghilangkan rasa sakit. Efek samping morfina antara lain adalah penurunan kesadaran, euforia, rasa kantuk, lesu, dan penglihatan kabur. Morfina juga mengurangi rasa lapar, merangsang batuk, dan meyebabkan konstipasi. Morfina menimbulkan ketergantungan tinggi dibandingkan zat-zat lainnya. Pasien ketergantungan morfina juga dilaporkan menderita insomnia dan mimpi buruk.

Morfin (INN) (diucapkan / n mɔrfi ː / ) ( MS T'rusk , MSIR , Avinza , Kadian , Oramorph , Roxanol , Kapanol ) adalah potensial candu analgesik obat dan dianggap sebagai prototipikal opioid . Hal ini ditemukan pada 1804 oleh Friedrich Sertürner , pertama didistribusikan oleh Friedrich Sertürner pada tahun 1817, dan komersial pertama dijual oleh Merck pada tahun 1827, yang pada waktu itu sebuah toko kimia kecil. Itu lebih banyak digunakan setelah penemuan jarum suntik pada tahun 1857. Ini mengambil nama dari Tuhan Yunani mimpi Morpheus ( Yunani : Μορφέας ). Morfin paling banyak mengandung alkaloid ditemukan di opium , getah kering (lateks) yang berasal dari hasil getah irisan biji mentah opium, atau dinamakan, poppy, Papaver somniferum . Morfin adalah pemurnian pertama dari sumber tanaman dan merupakan salah satu dari sedikitnya mengandung 50 macam alkaloid dari beberapa jenis dalam opium, Poppy Straw Konsentrat , dan turunan opium lainnya.

Opium
Opium, apiun, atau candu (slang Bahasa Inggris: poppy) adalah getah bahan baku narkotika yang diperoleh dari buah candu(Papaver somniferum L. atau P. paeoniflorum) yang belum matang.

Opium merupakan tanaman semusim yang hanya bisa dibudidayakan di pegunungan kawasan subtropis. Tinggi tanaman hanya sekitar satu meter. Daunnya jorong dengan tepi bergerigi. Bunga opium bertangkai panjang dan keluar dari ujung ranting. Satu tangkai hanya terdiri dari satu bunga dnegan kuntum bermahkota putih, ungu, dengan pangkal putih serta merah cerah. Bunga opium sangat indah hingga beberapa spesies Papaver lazim dijadikan tanaman hias. Buah opium berupa bulatan sebesar bola pingpong bewarna hijau.

Istilah untuk candu yang telah dimasak dan siap untuk dihisap adalah madat. Istilah ini banyak digunakan di kalangan para penggunanya bukan hanya sebagai kata nomina tapi juga kata kerja.

Ekstasi
MDMA (3,4-methylenedioxy-N-methylamphetamine), biasanya dikenal dengan nama Ekstasi, E, X, atau XTC adalah senyawa kimia yang sering digunakan sebagai obat rekreasi yang membuat penggunanya menjadi sangat aktif. Sehingga pengguna ekstasi dapat mengalami perasaan senang, gembira, dan riang hingga ber jam-jam. 

Resiko penggunaannya adalah dehidrasi ketika penggunanya lupa minum air. Hal sebaliknya juga dapat terjadi, di mana seseorang minum terlalu banyak air.

LSD (Asam Lisergat Dietilamida)
Termasuk sebagai golongan halusinogen (membuat khayalan) yang biasa diperoleh dalam bentuk kertas berukuran kotak kecil sebesar ¼ perangko dalam banyak warna dan gambar. Ada juga yang berbentuk pil atau kapsul. Cara menggunakannya dengan meletakkan LSD pada permukaan lidah dan bereaksi setelah 30-60 menit kemudian dan berakhir setelah 8-12 jam. Asam lisergat dietilamida (LSD) merupakan suatu narkotika halusinogen. Obat ini bersifat psikedelik dari keluarga ergolina.

Diperkenalkan oleh Sandoz Laboratories (kini Novartis), dengan nama dagang Delysid, sebagai obat dengan berbagai penggunaan psikiatrik pada tahun 1947, LSD segera menjadi agen terapi yang nampak menimbulkan harapan besar.LSD bersifat adiktif (ketergantungan) dan toksik (keracunan) dan banyak dikenal atas efek psikologisnya yang menyebabkan tertutup/terbukanya mata, perasaan distorsi waktu, kematian ego dan pergeseran kognitif yang dalam, serta berperan penting dalam kontra budaya tahun 1960.

Dosis tunggal asam lisergat dietilamida berkisar antara 100-500 mikrogram. Jumlah tersebut hampir setara dengan 1/10 massa sebutir pasir.Reaksi fisik pada LSD bervariasi dan tak spesifik. Gejala berikut telah dilaporkan: konstraksi rahim, hipotermia, demam, kenaikan kadargula darah, tegaknya bulu roma, peningkatan curah jantung, cengkeraman rahang, perspirasi, midriasis (dilatasi pupil), produksi air liur danlendir, suhad (rasa tak dapat tidur), hiperefleksia, dan tremor. Terdapat beberapa indikasi bahwa LSD dapat menimbulkan keadaan fuga disosiatif pada orang-orang yang mengonsumsi beberapa jenis antidepresan tertentu seperti garam litium dan trisiklik.

Metamfetamina/Sabu-sabu 
(metilamfetamina atau desoksiefedrin), disingkat met, dan dikenal di Indonesia sebagai sabu-sabu, adalah obat psikostimulansia dan simpatomimetik. Dipasarkan untuk kasus parah gangguan hiperaktivitas kekurangan perhatianatau narkolepsi dengan nama dagang Desoxyn, juga disalah gunakan sebagai narkotika. "Crystal meth" adalah bentuk kristal yang dapat dihisap lewat pipa. Metamfetamina pertama dibuat dari efedrina di Jepang pada 1893 oleh Nagai Nagayoshi.

Methamphetamine memasuki otak dan memicu pelepasan zat norepinephrine, dopamine dan serotonin. Karena zat ini men-stimulasi mesolimbic yang menyebabkan euforia dan kegembiraan, sehingga tidak heran zat ini menyebabkan banyak penyalah gunaan dan ketergantungan hebat. Pengguna bisa terobsesi pada beberapa kegiatan sederhana yang diulang-ulang, seperti mencuci tangan berulang-ulang memasang dan membongkar kembali benda2 secara berulang dan sebagainya. Penghentian pemakaian akan menyebabkan beberapa efek seperti depresi, sulit tidur, gelisah, sulit makan dan sebagainya

Psilocybin Mushrooms
Sebagian besar jamur halusinogenik tergolong dalam genus Psilocybin. Berdasarkan etimologi, psilocybin berasal dari bahasa Yunani,psilo yang artinya botak, dan cybe yang artinya kepala.Penamaan ini dibuat karena beragam varietas mushroom yang tergolong dalam genus psilocybe memiliki satu kesamaan pada bentuk kepalanya.

Ada beberapa istilah sehari-hari untuk jamur psilocybin yang paling umum disebut magic mushrooms or shrooms. Ketika psilocybin telah tertelan zat itu dipecah untuk menghasilkan psilocin, yang bertanggung jawab atas efek halusinogen. Efek memabukkan psilocybin yang mengandung jamur biasanya berlangsung antara 3 sampai 7 jam tergantung pada dosis..

Jenis Narkoba dan Gambarnya

Karena berbahaya dan bisa memberikan efek kecanduan maka mulai detik ini juga kita harus antisipasi dan selalu berusaha menjauh dan jangan sampai terlibat dengan berbagai barang tersebut. Mudah-mudahan dengan sedikit materi ringkas tentang jenis narkoba dan gambarnya di atas kita bisa tahu apa bahaya narkoba, akibat penyalahgunaan dan cara mencegah penggunaan narkoba. Itu saja, semoga bermanfaat!