Sunday, September 3, 2023

Contoh RPP PJOK Kelas 1 SMK Kurikulum Merdeka

Beberapa hari berkutat dengan dunia pendidikan yang mulai belajar dan mulai mempersiapkan pembelajaran. Hal pertama yang menyita pikiran yaitu penyusunan RPP PJOK Kelas 1 SMK khusus kurikulum merdeka (kumer). Hal ini karena ternyata contoh referensi RPP kurikulum merdeka masih sangat kurang untuk pelajaran pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan (pjok) atau penjaskes. 

rpp pjok


Kurangnya referensi yang ada tersebut membuat penulis harus berjibaku menyusun berbagai bahan ajar yang dibutuhkan tersebut. Ada dua proyek yang harus segera dikerjakan untuk mata ajar yang satu ini. Yang pertama adalah untuk semester yang sedang berjalan yaitu semester 1 dan yang kedua adalah untuk semester 2 nanti. 

A. Contoh RPP PJOK Kelas 1 SMK Kurikulum Merdeka Semester 1

Cari refersnsi sana sini harus dilakukan oleh rekan-rekan guru yang membutuhkan rpp dan bahan ajar khususnya untuk kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka yang sedang diterapkan. Meski belum seluruhnya menerapkan kurikulum merdeka namun sebagian besar sekolah sudah mempersiapkan diri untuk penerapan secara menyeluruh.

Di jenjang paud/tk sudah banyak dipersiapkan. Dari jenjang sekolah dasar juga sudah sebagian menerapkan di beberapa kelas dan di jenjang sekolah menengah atas pun seperti itu. Secara bertahap nanti akan menerapkan kurikulum merdeka secara menyeluruh. Maka dari itu, mulai dari sekarang semua perangkat pembelajaran sebaiknya mulai ditata sesuai kurikulum terbaru.

B. Contoh RPP PJOK Kelas 1 SMK Kurikulum Merdeka Semester 2

Setelah menyelesaikan penyusunan rpp semester 1 maka sebaiknya rpp semester 2 pun segera di cicil agar nanti tidak kelabakan. Dengan persiapan yang matang di awal seperti ini maka ke depan di tahun-tahun berikutnya pekerjaan kita tidak akan terlalu berap.

Dalam penyusunan perangkat seperti rpp ini nantinya kita akan lebih mudah jika sudah pernah menyaipaknnya dengan baik. Caranya, sebaiknya kita susun perangkat pembelajaran yang kita butuhkan dengan sebaik-baiknya. Kita cari contohnya, kita susun sendiri berdasarkan kebutuhan dan keadaan lalu jangan lupa kita simpan yang aman.

Kalau kita sudah memiliki contoh sendiri, di tahun pelajaran berikutnya kita tinggal mengolah yang ada. Tingggal menyesuaikan saja dengan keadaan terkini yang ada di sekolah kita masing-masing.

DOWNLOAD CONTOH RPP

Untuk rekan pendidik yang masih kesulitan dalam menyusun rpp ini, nanti akan coba dibagikan contoh - contoh yang bisa dibagikan. Sementara, kita gunakan dulu yang ada sembari menyusun rpp sesuai kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka (kumer)


Contoh RPP PJOK Kelas 1 SMK Kurikulum Merdeka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma