Tuesday, October 23, 2018

Macam - Macam Contoh Tarian Adat dari Daerah Lampung

Macam - Macam Contoh Tarian dari Daerah Lampung - tarian dari daerah lampung merupakan salah satu khasanah kebudayaan asli Indonesia yang patut kita bangga-kan. Tarian lampung ini merupakan salah satu tarian daerah di Indonesia yang sering dipentaskan di berbagai acara.

Macam - Macam Contoh Tarian Adat dari Daerah Lampung
Contoh Makalah Tari Daerah Lampung
[Download]

Berikut ini beberapa tarian daerah lampung yang terkenal dan layak untuk disimak. Tari dari daerah Lampung ini memiliki banyak macam dan jenis. Sebagian besar rekan pelajar mungkin sudah mengenal beberapa diantaranya.

Nah, untuk lebih mengenal apa saja tarian khas Lampung tersebut maka akan kita bahas satu persatu. Disini akan kita bahas lebih jauh mengenai lima jenis ragam tari daerah yang ada di provinsi penghasil kopi ini.

Yang pertama yaitu tari sembah, sudah pernah mendengar nama tarian ini? Yang dari Lampung tentu saja sudah dengar ya.

Selain itu, ada juga seni lain yang bernama tari cangget. Tari ini juga sama dengan yang lain yaitu memiliki ciri dan keunikan tersendiri sesuai daerah asalnya. Sangat menarik jika bisa menyaksikan langsung pertunjukannya.

Selain dua yang sudah disebutkan, ada juga bedana dan seterusnya. Penasaran bukan? Untuk itulah kali ini kita akan merangkum berbagai macam tarian khas tersebut mulai dari sejarahnya, fungsi dan lain sebagainya. Yuk kita simak saja selengkapnya penjelasan ringkas berikut!

A. Tari Sembah
Pertama dan tak kalah seru dari jenis tarian daerah lain adalah tari sembah. Kalau mendengar namanya sepertinya cukup unik dan membuat penasaran juga ya? Apakah mungkin seni tari ini khusus untuk menyembah atau bagaimana?

Ya, yang jelas, ada berbagai jenis tarian yang merupakan aset budaya Provinsi Lampung. Salah satu jenis tarian yang terkenal adalah Tari Sembah. Ada yang tahu lebih jauh mengenai tari sembah, sejarah dan sebagainya?

Sebagai gambaran saja, ritual tari sembah biasanya diadakan oleh masyarakat Lampung untuk menyambut dan memberikan penghormatan kepada para tamu atau undangan yang datang. Sudah bisa dibayangkan bagaimana suasana pertunjukannya bukan?

Jadi tambah penasaran ya? Seolah sebagai tamu memang memiliki posisi yang sangat istimewa apalagi dengan adanya tarian penyambut tamu semacam ini. Lalu bagaimana dengan sejarahnya? Untuk lebih jelas silahkan ikuti pembahasan tari sembah dari Lampung.

B. Tari Cangget Lampung
Tari cangget juga sudah cukup dikenal di masyarakat kita. Tari ini juga banyak dipentaskan, khususnya di acara di Lampung.

Konon, sebelum tahun 1942 atau sebelum kedatangan bangsa Jepang ke Indonesia, tari cangget selalu ditampilkan pada setiap upacara yang berhubungan dengan gawi adat.

Gawi adat yang dimaksud seperti: upacara mendirikan rumah, panen raya, dan mengantar orang yang akan pergi menunaikan ibadah haji. Pada saat itu orang-orang akan berkumpul,.... baca selengkapnya

C. Tari Bedana
Tari Bedana adalah salah satu jenis seni Tari masyarakat Suku Lampung, baik Lampung Pepadun maupun Lampung Sebatin. Namun masing-masing memiliki karakteristik, baik dari alat musik yang digunakan maupun gerakan .... baca selengkapnya

D. Tari Merak
Tari merak dari lampung ini merupakan salah satu tarian daerah lampung yang sering dipertunjukkan. Tari ini dipertunjukkan pada acara adat.... baca selengkapnya

E. Tari Selamat Datang
Sesuai dengan namanya,Tarian selamat datang adalah tarian daerah yang ditujukan untuk penyambutan atau ucapan selamat datang bagi ....  baca selengkapnya

Tari daerah tersebut diatas sering dipentaskan dalam acara-acara adat atau pada zaman sekarang sering dipentaskan untuk tarian pembuka atau penyambutan tamu dalam acara-acara tertentu. 

Demikianlah tadi tentang tari daerah lampung yang terkenal dan sering dipertunjukkan, semoga kekayaan budaya Indonesia yang beragam dalam lestari dan menjadi warisan dunia.

Macam - Macam Contoh Tarian Adat dari Daerah Lampung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko