Wednesday, February 17, 2021

Tugas Kumpulan Contoh Teks Cerita Hikayat Terkenal

Untuk tugas sekolah kali ini merupakan tugas contoh teks hikayat. Contohnya yaitu tentang teks cerita hikayat. Khususnya yaitu kumpulan contoh hikayat terkenal. Pembahasan ini sengaja dibuat untuk membantu rekan pelajar. 

Ilustrasi cerita hikayat terkenal

Khusus untuk yang membutuhkan contoh hikayat untuk dipelajari maupun untuk tugas sekolah yang diberikan oleh guru.

Karena sebelumnya Tusek telah membahas beberapa contoh hikayat maka kali ini Tusek akan membuat sebuah kumpulan contoh hikayat terkenal yang dapat dipelajari, berikut selengkapnya.

1) Cerita hikayat pendek
2) Cerita hikayat 1001 malam
3) Cerita hikayat melayu klasik
4) Macam macam cerita hikayat
5) Cerita hikayat kerajaan singkat
6) Kumpulan cerita hikayat pendek
7) Kumpulan cerita hikayat kerajaan
8) Cerita hikayat singkat dan pendek

Pada referensi kali ini kita akan mencari berbagai referensi atau bahan yang berupa contoh cerita hikayat. Karena bentuknya adalah cerita maka tentu saja cerita hikayat tersebut bisa juga kita gunakan sebagai bahan bacaan atau hiburan. 

Selain itu cerita tersebut bisa juga kita pelajari, mulai dari mempelajari isi ceritanya, pesan moral hikayat dan juga berbagai unsur cerita yang ada dalam hikatat tersebut.

Jadi, jelas dari pembahasan ini setidaknya ada dua hal yang akan kita dapat yaitu hiburan dan juga pembelajaran. Supaya tidak terlalu lama mari langsung kita lihat hikayat apa saja yang bisa kita baca di situs atau website ini, berikut selengkapnya.

A. Koleksi contoh hikayat terkenal

Ada tidak ya cerita yang tidak terkenal? Ah, tergantung, sekarang kita ukur dari diri sendiri saja, mungkin memang ada beberapa judul hikayat atau bahkan semua cerita memang belum pernah kita baca.

Apalagi karena kita memang masih pelajar jadi belum begitu banyak waktu untuk mengalami banyak hal.

Ya sudah, untuk rekan pelajar yang membutuhkan cerita hikayat, berikut ini beberapa koleksi contoh hikayat yang sebelumnya telah kita bahas.

1) Hikayat Hang Tuah
2) Hikayat Tanjung Lesung
3) Hikayat Keramat Bujang

HIkayat pertama yang bisa kita baca adalah cerita hikayat hangtuah. Cerita ini sesuai dengan judulnya adalah menceritakan tentang hangtuah yaitu seorang pemuda anak dari hang mahmud.

Apa yang terjadi pada hang tuah dalam cerita tersebut, lebih baik kita baa sendiri ceria tersebut dari tautan di atas.

Untuk hikayat tanjung lesung adalah sebuah cerita hikayat yang mengisahkan terjadinya tanjung lesung, kalau tidak salah si. Makanya dari pada penasaran isi dari hikayat tersebut lebih baik kita baca dan pahami saja bagaimana cerita selengkapnya.

Begitupun dengan cerita keramat bujang, dari pada diceritakan disini nanti takutnya salah maka lebih baik kita sendiri yang membaca cerita tersebut, benar bukan?

B. Koleksi contoh hikayat Terbaru

Di atas telah kita lihat dan nikmati beberapa cerita yang cukup menarik yang masuk kategori hikayat. Bagi yang belum mendapatkan cerita yang diinginkan tidak perlu beranjak karena selain cerita di atas masih ada beberapa cerita lainnya.

Tusek sengaja menambahkan beberapa koleksi terbaru untuk contoh hikayat agar materi dan referensi bacaan mengenai hikayat dapat lebih beragam. Silahkan simak beberapa koleksi terbaru contoh hikayat yang ada.

1) Hikayat Raden Kian Santang
2) Hikayat Talaga Warna, Bogor
3) Hikayat Keris Gandring dan Terbunuhnya Tunggul Ametung

Cerita-cerita di atas bisa kita baca secara lengkap di masing-masing tautan yang sudah di berikan di bagian atas.

Disana, ada beberapa yang ceritanya di muat secara lengkap, tetapi ada juga yang hanya berupa ringkasan atau inti ceritanya saja.

Bukan hanya itu, untuk memberikan bahan yang lebih lengkap tak lupa juga diberikan beberapa contoh analisis cerita hikayat sebagai bahan belajar dan referensi tambahan.

Semoga beberapa contoh hikayat diatas dapat menambah perbendaharaan bacaan yang diperlukan oleh rekan pelajar guna mempelajari materi tentang hikayat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan lewat email silahkan sobat pelajar berlangganan artikel terbaru Tusek (Tugas Sekolah) yang lain. Itu saja untuk kali ini. Salam hangat dari kami dan jangan lupa tetap rajin belajar!

Tugas Kumpulan Contoh Teks Cerita Hikayat Terkenal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pusta Swara