Monday, February 11, 2013

Tugas: Contoh Hikayat Hang Tuah

6:17 AM By Kumpulan Tugas

Tugas: Contoh Hikayat Hang Tuah. Baru sedikit sekali tugas mengenai contoh hikayat yang Tusek bagikan di blog ini, karena itu kali ini contoh hikayat hang tuah sengaja Tusek paparkan untuk melengkapi bahan belajar dan tugas-tugas yang mungkin sedang rekan pelajar kerjakan. Menarik atau tidak cerita hikayat yang satu ini silahkan ikuti pembahasan Tusek berikut.

Contoh Analisis hikayat Hang Tuah

Seperti cerita-cerita lain, hikayat hang tuah ini juga dapat kita analisis untuk melatih pemahaman kita mengenai cerita hikayat. Dengan menganalisis hikayat hang tuah kita dapat menggali lebih dalam mengenai unsur instrinsik hikayat hang tuah dan juga mungkin unsur ekstrinsik hikayat hang tuah.

Pesan moral juga dapat kita pelajari lebih dalam jika kita melakukan analisis pada contoh hikayat yang kita bahas kali ini. Jika rekan berniat melakukan analisis maka analisis tersebut dapat berupa:
  1. Analisis unsur instrinsik hikayat hang tuah 
  2. Analisis unsur ekstrinsik hikayat hang tuah 
  3. Analisis tokoh dan penokohan hikayat hang tuah 
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh analisis berikut:

Unsur Intrinsik “Hikayat Hang Tuah”
Tema : Tentukan tema untuk hikayat hang tuah ini 
Alur : bagaimana alur cerita dari hikayat ini
Tokoh : siapa saja tokoh yang terlibat
Perwatakan : bagaimana perwatakan tokoh-tokoh dalam cerita hang tuah
Latar : tentukan latar tempat, waktu
Sudut Pandang : bagaimana cerita ini diceritakan (missal: orang ketiga serba tahu)
Amanat : pesan yang terkandung dalam cerita

Cuplikan Cerita hikayat Hang Tuah 

Agar rekan dapat mempertimbangkan akan mengambil hikayat ini atau tidak untuk tugas yang akan dikerjakan maka berikut ini Tusek berikan cuplikan cerita hikayat hang tuah untuk dibaca. Setelah rekan membaca cuplikannya dan merasa ingin membaca keseluruhan, maka rekan dapat dapat menyalin hikayat ini melalui ruang sebelah yang sudah saya sediakan.



Salin Copy

Hikayat Hang Tuah

Pada suatu ketika ada seorang pemuda yang bernama Hang Tuah, anak Hang Mahmud. Mereka bertempat tinggal di Sungai Duyung. Pada saat itu, semua orang di Sungai Duyung mendengar kabar teng Raja Bintan yang baik dan sopan kepada semua rakyatnya. Ketika Hang Mahmud mendengar kabar itu, Hang Mahmud berkata kepada istrinya yang bernama Dang Merdu,”Ayo kita pergi ke Bintan, negri yang besar itu, apalagi kita ini orang yang yang miskin. Lebih baik kita pergi ke Bintan agar lebih mudah mencari pekerjaan.”

Lalu pada malam harinya, Hang Mahmud bermimpi bulan turun dari langit. Cahayanya penuh di atas kepala Hang Tuah. Hang Mahmudpun terbangun dan mengangkat anaknya serta menciumnya. Seluruh tubuh Hang Tuah berbau seperti wangi-wangian. Siang harinya, Hang Mahmud pun menceritakan mimpinya kepada istri dan anaknya. Setelah mendengar kata suaminya, Dang Merdu pun langsung memandikan dan melulurkan anaknya. Setelah itu, ia memberikan anaknya itu kain,baju, dan ikat kepala serba putih. Lalu Dang Merdu member makan Hang Tuah nasi kunyit dan telur ayam, ibunya juga memanggil para pemuka agama untuk mendoakan selamatan untuk Hang Tuah.
***

Hanya sebatas pembahasan diataslah Tusek dapat menghantarkan bahan-bahan yang mungkin bermanfaat untuk membantu rekan pelajar dalam menyelesaikan tugas dari guru di sekolah. Semoga tugas contoh hikayat hang tuah dapat bermanfaat dan meningkatkan pemahaman dan nilai rekan pelajar semua. Jangan lupa untuk berlangganan dengan email rekan semua

Lihat juga tugas...!