Friday, February 22, 2013

Contoh Hikayat Terkenal: Raden Kian Santang

7:48 PM By Kumpulan Tugas

Contoh Hikayat Terkenal: Raden Kian Santang. Pembahasan kita kali ini merupakan lanjutan dari pembahasan tentang Kumpulan Contoh Hikayat Terkenal yang sebelumnya telah kita bahas. Kali ini kita akan membahas salah satunya yaitu hikayat terkenal Raden Kian Santang. Berikut pembahasan selengkapnya.

Cuplikan Contoh Hikayat Terkenal: Raden Kian Santang

Berikut seilahkan dilihat cuplikan dari cerita raden kian santang yang menurut saya sangatlah menarik dan patut untuk dipelajari lebih dalam.

Hikayat Raden Kian Santang
Kian santang adalah Tokoh tasawuf dari tanah pasundan yang ceritanya melogenda khususnya di hati masarakat pasundan dan kaum tasawuf di tanah air pada umumnya.

Tokoh kian-santang ini pertama kali berhembus di kisahkan oleh raden CAKRABUANA atau pangeran walangsungsang ketika menyebarkan islam di tanah cirbon dan pasundan.pangeran cakrabuana adalah anak dari prabu sili-wangi atau jaya dewata raja pajajaran, yang di lahirkan dari permisuri yang bernama nyai subang larang ,subang-larang sendiri anak dari mubaliq kondang yaitu syeh maulana-hasanudin atau terkenal dengan syeh kuro krawang

Mulanya yaitu ,Ketika raden walangsungsang memilih untuk pergi meninggalkan galuh pakuan atau pajajaran ,yang di sbeapkan oleh keberbedaan haluan dengan keyakinan ayahnya yang memeluk agama ”shangyang” , diriwayatkan beliau berkelana mensyi’arkan islam bersama adiknya yaitu rara santang (ibu dari syarif hidayatullah atau ”sunan gunung jti”).dengan membuka perkampungan di pesisir utara yang menjadi cikal-bakal kerajaan cirebon atau kasunanan cirebon yang sekarang adalah ”cirebon”

Logenda kian-santang sendiri diambil dari referensi kisah nyata, dari tanah sunda tempo dulu yang ceritanya pada waktu itu tersimpan rapi di perpustakaan kerajaan pajajaran.

Karena pajajaran adalah yang menyatukan kerajaan ”galuh” dan kerajaan ”pakuan”,yang dimana kerajaan galuh adalah pecahan dari kerajaan ”sundapura” tempo dulu , dan sunda pura sendiri adalah pecahan kerajaan taruma negara, yang di masa prabu PURNA-WARMAN yaitu raja ketiga dari kerajaan taruma negara yang di pecah menjadi dua yaitu tarumanegara dan sundapura. yang secara historic pajajaran masih menjadi pewaris dari taruma negara

Di mana di kisahkan pada waktu itu yaitu abad ke 4m atau tahun 450m pernah terdapat putra mahkota yang sakti mandraguna bernama GAGAK LUMAYUNG yang dalam ceritanya ”di tataran suda dan sekitarnya, tak ada yang mampu mengalahkan ilmu kesaktiannya .hingga suatu saat datang pasukan dari dinasti TANG yang hendak menaklukkan kerajaan tarumanegara. namun berkat gagak lumayung ,pasukan TANG dapat di halau dan tunggang-langgang .

semenjak itu raden gagak lumayung di beri sebutan ”KI AN SAN TANG” atau ”penakluk pasukan tang”

Di ceritakan sang kiansantang ini karena saking saktinya hingga dia rindu kepingin melihat darahnya sendiri.

Sampailah di suatu ketika sa’at dia mendapat wangsit di tapabratanya bahwah di tanah arab terdapat orang sakti mandraguna

Konon : dengan Ajian Napak Sancangnya Raden Kian Santang mampu mengarungi lautan dengan berkuda saja.

***Bersambung*** 


Menarik bukan cerita hikayat terkenal ini, nah makanya untuk rekan yang ingin membaca cerita ini sampai selesai silahkan baca di ruang baca yang telah disediakan melalui link berikut.




Rekan pelajar juga dapat melihat koleksi contoh hikayat lainnya yang telah dibahas sebelumnya yaitu:
  1. Tugas: Contoh Hikayat 
  2. Hikayat Hang Tuah
Semoga dapat membantu menambah referensi belajar rekan semua. Jangan lupa untuk selalu berkunjung melihat tugas-tugas sekolah yang lainnya.

Lihat juga tugas...!