Wednesday, September 26, 2018

Contoh Analisis Cerita Hikayat Hang Tuah

Contoh Analisis Cerita Hikayat Hang Tuah - menganalisis sebuah cerita merupakan pekerjaan yang berat dan memusingkan, terutama jika tidak menguasai bahan. Misalnya saja, kita akan menganalisis cerita hang tuah.


Sudah pernah dengar cerita hikayat yang satu ini bukan? Kalau yang belum pernah ya kita bisa sekalian menikmati kisah menarik. Yang sudah bisa langsung belajar untuk analisis cerita, misalnya dari segi unsur intrinsik cerita tersebut.

Baru sedikit sekali tugas mengenai contoh hikayat yang kami bagikan di blog ini, karena itu kali ini contoh hikayat hang tuah sengaja kami paparkan untuk melengkapi bahan belajar dan tugas-tugas yang mungkin sedang rekan pelajar kerjakan. 

Menarik atau tidak cerita hikayat yang satu ini silahkan ikuti pembahasan Tusek berikut. Silahkan dibaca contoh analisis hikayat Hang Tuah berikut ini.

1) Asal usul hang tuah
2) Hikayat hang tuah asli
3) Hikayat hang tuah pdf
4) Sejarah hikayat hang tuah
5) Hikayat hang tuah melayu
6) Cerita hikayat hang tuah singkat
7) Cerita hikayat hang tuah lengkap
8) Cerita hikayat hang tuah dalam bahasa melayu

Seperti cerita-cerita lain, hikayat hang tuah ini juga dapat kita analisis untuk melatih pemahaman kita mengenai cerita hikayat. Dengan menganalisis hikayat hang tuah kita dapat menggali lebih dalam mengenai unsur instrinsik hikayat hang tuah dan juga mungkin unsur ekstrinsik hikayat hang tuah. 

Pesan moral juga dapat kita pelajari lebih dalam jika kita melakukan analisis pada contoh hikayat yang kita bahas kali ini. Jika rekan berniat melakukan analisis maka analisis tersebut dapat berupa: 

1) Cerita hikayat tanjung lesung
2) Hikayat kering gandring
3) Hikayat keramat bujang
4) Cerita hikayat telaga warna
5) Hikayat Raden Kian Santang
6) Analisis unsur intrinsik hikayat hang tuah
7) Analisis unsur ekstrinsik hikayat hang tuah 
8) Analisis tokoh dan penokohan hikayat hang tuah

Cuplikan Cerita hikayat Hang Tuah, Agar rekan dapat mempertimbangkan akan mengambil hikayat ini atau tidak untuk tugas yang akan dikerjakan maka berikut ini kami berikan cuplikan cerita hikayat hang tuah untuk dibaca. 

Setelah rekan membaca cuplikannya dan merasa ingin membaca keseluruhan, maka rekan dapat dapat menyalin hikayat ini melalui ruang sebelah yang sudah saya sediakan. 

Hikayat Hang Tuah - Pada suatu ketika ada seorang pemuda yang bernama Hang Tuah, anak Hang Mahmud. Mereka bertempat tinggal di Sungai Duyung. Pada saat itu, semua orang di Sungai Duyung mendengar kabar teng Raja Bintan yang baik dan sopan kepada semua rakyatnya. 

Ketika Hang Mahmud mendengar kabar itu, Hang Mahmud berkata kepada istrinya yang bernama Dang Merdu,”Ayo kita pergi ke Bintan, negeri yang besar itu, apalagi kita ini orang yang yang miskin. Lebih baik kita pergi ke Bintan agar lebih mudah mencari pekerjaan.” 

Lalu pada malam harinya, Hang Mahmud bermimpi bulan turun dari langit. Cahayanya penuh di atas kepala Hang Tuah. Hang Mahmud pun terbangun dan mengangkat anaknya serta menciumnya. Seluruh tubuh Hang Tuah berbau seperti wangi-wangian. 

Siang harinya, Hang Mahmud pun menceritakan mimpinya kepada istri dan anaknya. Setelah mendengar kata suaminya, Dang Merdu pun langsung memandikan dan melulurkan anaknya. Setelah itu, ia memberikan anaknya itu kain,baju, dan ikat kepala serba putih. 

Lalu Dang Merdu memberi makan Hang Tuah nasi kunyit dan telur ayam, ibunya juga memanggil para pemuka agama untuk mendoakan selamatan untuk Hang Tuah.


Di atas sudah kita nikmati bersama bagaimana hikayat ini. Tentu saja itu tidak akan lengkap sebelum kita mempelajari analisis unsur-unsur cerita yang ada didalamnya.

Untuk gambaran kita semua, berikut sudah disiapkan juga contoh analisis unsur intrinsik dari hikayat hang tuah. Seperti apa, silahkan dipelajari bersama-sama analisis unsur intrinsik hikayat-nya di bawah ini. 

A. Tokoh dan karakter

Tokoh
Karakter
Kalimat pernyataan
Hang Tuah
ü  Berani
ü  Berbakti pada orangtua
o  “Maka diparangnyaoleh Hang Tuahkepala orang itu”
o  “Apabila Hang Tuahmendengar kataibunya demikianitu,maka HangTuahpun berbangkitberdiri,…”
Raja / Baginda
ü  Emosional
o  “maka Rajapunterlalu murka,merahpadam mukaBaginda..”
Temenggung
ü  Suka iri hati
ü  pembual
o  “Siapakah lagi yangberani,lain daripadaSang si Tuah itu..”
Dang Merdu
ü  Perhatian
ü  penyayang
o  “Hai anakku,segeralah naik keatas kedai dahulu.”
o  “..serta ditikamnyadada Hang Tuah,dipertubi-tubikannya.”
Hang Mahmud
ü  Perhatian
ü  penyayang
o  “…’Adapun anak inikita peliharakanbaik-baik, jangandiberi main jauh- jauh.”
Hang Lengkir
ü  Baik
o  “Maka merekapunsegeralah berlari-laridatang mendapatkanHang Tuah.”
Hang Jebat
ü  Baik
o  “Maka merekapunsegeralah berlari-laridatang mendapatkanHang Tuah.”
Hang Lekiu
ü  Baik
o  “Maka merekapunsegeralah berlari-laridatang mendapatkanHang Tuah.”
Hang Kesturi
ü  Baik 
o  “Maka merekapunsegeralah berlari-laridatang mendapatkanHang Tuah.”

B. Tema
Ø Keberanian seorang pemuda

C. Latar
Ø Tempat :
· Sungai Duyung (rumah Hang Mahmud),
· pasar,
· kerajaan,
· Sungai Perak,
· Negeri Bintan

Ø Waktu :
· malam hari,
· siang hari

Ø Suasana:
1. tegang

D. Alur
Ø Alur maju

E. Sudut Pandang
Ø Pola orang ketiga (serba tahu)

F. Gaya Bahasa
Ø Bahasa Melayu,

Ø Majas personifikasi :
2. bulan turun dari langit

G. Pesan Moral
Ø Kebenaran tidak akan kalah dari kejahatan.
Ø Jangan suka memfitnah orang.
Ø Jangan gegabah dalam mengambil keputusan

Sinopsis
Hikayat ini bercerita tentang seorang pemuda yang dianggap istimewa olehorangtuanya karena orangtuanya mendapat mimpi tentang hal yang baik tentang anaknya.

Ternyata mimpi itu menjadi kenyataan, Hang Tuah menjadi seorang perwira di Kerajaan Bintan dan sang raja sangat menyukainya. Tetapi karena hal itupun, banyak juga orang-orang yang tidak menyukainya.

Orang-orang itu pun memfitnah Sang Hang Tuah sehingga sang raja menyingkirkannya. Tetapi SangHang Tuah tidak mati begitu saja, ia akhirnya menjadi raja orang Batak dan orang hutan.

Unsur-Unsur Ekstrinsik

1. Nilai Moral 
Ø Kebenaran tidak akan kalah dari kejahatan.
Ø Jangan suka memfitnah orang.
Ø Jangan gegabah dalam mengambil keputusan

2. Nilai Religius
Ø Jangan terlalu percaya pada mimpi
Ø Selalu percaya akan kekuasaan Tuhan

Kumpulan Contoh Cerita Hikayat Terlengkap

Hanya sebatas pembahasan diataslah Tusek dapat menghantarkan bahan-bahan yang mungkin bermanfaat untuk membantu rekan pelajar dalam menyelesaikan tugas dari guru di sekolah. 

Semoga tugas contoh hikayat hang tuah dapat bermanfaat dan meningkatkan pemahaman dan nilai rekan pelajar semua. Jangan lupa untuk berlangganan dengan email rekan semua

Contoh Analisis Cerita Hikayat Hang Tuah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: prusta swara