Wednesday, October 26, 2016

Kumpulan Contoh Cerita Hikayat Terlengkap

Koleksi Contoh Cerita Hikayat Terlengkap - Cerita yang ada dalam sebuah hikayat lama juga cukup menarik dan tak kalah dari cerpen modern. Bukan hanya menarik tetapi dalam kisah yang disampaikan juga banyak mengandung pesan moral. Apalagi yang hobi membaca cerita seperti ini.

Contoh Cerita Hikayat Terlengkap
Koleksi Contoh Hikayat Terlengkap

Saat belajar bahasa Indonesia terkadang kita mendapat tugas untuk memberikan contoh hikayat dan bahkan terkadang kita diminta untuk menganalisis hikayat tersebut. Untuk mengerjakan tugas yang ini, rekan pelajar pastinya akan kesulitan jika tidak mempunyai cukup bahan tentang tugas mencari hikayat tersebut.

Oleh karena itu situs referensi belajar ini pada kesempatan ini akan mencoba berbagi beberapa contoh hikayat yang dapat analisa untuk tugas sekolah kita. Berikut rangkuman contoh-contoh yang dapat kita cari bahannya.

Hikayat adalah karya sastra klasik yang mengisahkan lengkap tentang kekuatan, kesaktian, serta mukjizat. Hikayat sendiri memiliki unsur-unsur seperti alur, tema, penokohan, sudut pandang, semua itu merupakan unsur-unsur hikayat.

Tujuan untuk mengetahui unsur-unsur hikayat adalah bertujuan untuk mengetahui bahwa kita telah mengerti tentang hikayat tersebut yang kita telah baca dikarenakan kita telah dapat mengisi dari unsur-unsur hikayat tersebut.

Unsur-unsur hikayat dapat pula dijadikan sebagai pembelajaran untuk lebih mudah mengerti tentang hikayat tersebut dengan menentukan unsur-unsur hikayat tersebut seperti yang ada dibawah ini. Untuk mengetahui apa itu alur, apa itu tema, apa itu penokohan dll.

Sebagai prosa narasi, hikayat dibentuk oleh unsur alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat.

Alur (plot) merupakan pola pengembangan cerita yang terbentuk oleh hubungan sebab-akibat. Secara umum, jalan ceritanya terdiri atas bagian- bagian berikut: pengenalan situasi cerita (exposition), pengungkapan peristiwa (complication), menuju pada adanya konflik (rising action), puncak konflik (turning point), dan penyelesaian (ending). 

Tema merupakan Inti atau ide dasar sebuah cerita. Dan ide dasar itulah cerita dibangun oleh pengarangnya dengan memanfaatkan unsur-unsur intrinsik seperti plot, penokohan, dan latar. Tema merupakan pangkal tolak pengarang dalam menceritakan dunia rekaan yang diciptakannya. 

Penokohan adalah cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Untuk menggambarkan karakter seorang tokoh tersebut, pengarang dapat menggunakan teknik sebagai berikut. 
1) Teknik analitik, karakter tokoh diceritakan secara langsung oleh pengarang. 
2) Teknik dramatik, karakter tokoh dikemukakan melalui 
a) penggambaran fisik dan perilaku tokoh, 
b) penggamabaran lingkungan kehidupan tokoh, 
c) penggambaran tata kebahasaan tokoh, 
d) pengungkapan jalan pikiran tokoh, 
e) penggambaran oleh tokoh lain. 
d. Sudut pandang (point of view) adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita. Posisi pengarang ini terdiri atas dua macam: 
1) Berperan langsung sebagai orang pertama, atau sebagai tokoh yang terlihat dalam cerita yang bersangkutan. 
2) Hanya sebagai orang ketiga yang berperan sebagai pengamat. 

Sedangkan latar (setting) dalam sebuah hikayat adalah keadaan tempat, waktu, dan suasana berlangsungnya suatu cerita. Latar tersebut bisa bersifat faktual atau imajiner. 

Amanat merupakan ajaran moral atau pesan didaktis yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca melalui karyanya. Amanat biasanya tersimpan rapat dan disembunyikan pengarangnya dalam keseluruhan isi cerita. Oleh karena itu, untuk menemukarinya, tidak cukup dengan membaca dua atau tiga paragraf, melairikan harus membacanya sampai tuntas. (Sumber : Cerdas Berbabahasa Indonesia jilid 2, Penerbit: Erlangga, Penulis: Engkos Kosasih, Hal: 21-22)

A. Koleksi contoh hikayat tertua

Untuk tugas penyusunan contoh hikayat rekan dapat mempertimbangkan untuk melihat koleksi contoh hikayat tertua yang ada, jadi dalam hal ini rekan pelajar dapat mulai hunting cerita-cerita hikayat yang tergolong tua atau lama.

Mungkin memang sedikit sulit, namun jika kita mampu menemukan contoh cerita ini tentunya akan sangat membantu sekan semua dalam mengerjakan tugas sekolahnya. Sebagai catatan, untuk mengetahui contoh hikayat tertua kita dapat mencari informasi tentang masa terkenalnya cerita tersebut.

Selain yang pertama tadi, rekan pelajar juga dapat mencari daftar contoh yang termasuk hikayat terbaru. Jika tidak mungkin kita juga dapat mengumpulkan daftar nya saja sehingga kita mempunyai gambaran cerita hikayat apa saja yang dapat kita pilih atau kita analisa untuk tugas kita nanti.

Dengan memiliki daftar contoh hikayat terbaru sobat akan lebih leluasa dalam menentukan cerita mana yang akan diambil.

B. Kumpulan contoh hikayat terkenal

Jika rekan pelajar menemukan yang satu ini saja, saya rasa sudah cukup untuk melengkapi kebutuhan bahan guna menyusun tugas yang diberikan oleh bapak guru di sekolah. Atau, jika rekan pelajar sedikit ragu untuk mencarinya, berikut ini Tusek berikan beberapa gambaran pencarian yang dapat rekan pelajar lakukan. Silahkan diamati dan dicari hikayat mana yang rekan inginkan.
  1. Tugas Contoh Hikayat
  2. Kumpulan Contoh Hikayat Terkenal
  3. Contoh Hikayat Tanjung Lesung
  4. Contoh hikayat melayu klasik 
  5. Contoh hikayat sri rama 
  6. Contoh hikayat melayu klasik asli 
  7. Contoh hikayat terkenal 
  8. Contoh hikayat asli 
  9. Contoh hikayat beserta unsur intrinsik dan ekstrinsiknya 
  10. Contoh hikayat abu nawas 
  11. Contoh hikayat asli melayu 
Yang paling mudah sebenarnya adalah mencari kumpulan hikayat yang terkenal atau mungkin hikayat yang rekan pelajar ketahui. Kita dapat menemukan lebih dari satu hikayat yang terkenal jika kita benar-benar mencari contohnya.

Sudah pasti selesai tugas mencari contoh hikayat ini jika rekan pelajar membaca dengan seksama beberapa ide yang Tusek (Kumpulan Tugas Sekolahku) paparkan diatas, setidaknya harapan saya demikian.

Kumpulan Contoh Cerita Hikayat Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: prusta swara