Wednesday, July 9, 2014

Contoh Pendahuluan Makalah

6:01 PM By Kumpulan Tugas ,

Contoh Pendahuluan MakalahSeperti yang telah saya uraikan sebelumnya tentang Bagian-Bagian Makalah kali ini saya akan membahas tentang bab pendahuluan. Sebelumnya tentu kita telah menyelesaikan bagian pertama pembuatan makalah kita ini yaitu yang berkaitan dengan halaman depan makalah yang terdiri dari cover, halaman judul, kata pengantar dan daftar isi. 

Sekarang setelah kita menyelesaikan bagian pertama dari makalah kita tadi yaitu Halaman Depan, selanjutnya kita akan menyusun bab pendahuluan. Pada bab pendahuluan biasanya akan terdiri dari latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan penyusunan makalah. 

Latar belakang berkaitan dengan kajian yang mengusik kita untuk dibahasa, rumusan masalah merupakan batasan-batasan yang akan kita kaji agar makalah kita fokus sedangkan tujuan makalah adalah sesuatu yang akan kita dapatkan dengan menyusun makalah ini. 

Cuplikan Contoh Pendahuluan

Untuk lebih jelas lagi mengenai bab pendahuluan ini berikut saya sertakan contoh penyusunannya. Cermati bagian dan informasi yang terkandung dalam setiap judul dan sub-judulnya.


Contoh Pendahuluan Makalah Cabang Atletik

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Cabang olahraga atletik adalah ibu dari sebagian besar cabang olahraga (mother of sport), di mana gerakan-gerakan yang ada dalam atletik seperti: jalan, lari, lompat dan lempar dimiliki oleh sebagian besar cabang olahraga, sehingga tak heran jika pemerintah mengkategorikan cabang olahraga atletik sebagai salah satu mata pelajaran pendidikan jasmani yang wajib diberikan kepada para siswa mulai dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat sekolah lanjutan menengah atas, sesuai dengan SK Mendikbud No. 0413/U/87.

Nomor yang diperlombakan dalam atletik ada beberapa macam, diantaranya adalah lari, lempar, lompat, dan tolak. Nomor lari jarak pendek adalah 100, 200, 400 m, sedangkan jarak menengah yang dilombakan adalah 800 m dan 1500 m. Untuk jarak jauh adalah 300, 5000, 10000 m, dan marathon (42,195 km).

Sedangkan untuk lempar adalah lempar cakram, lempar martil, untuk tolak adalah tolak peluru, dan lompat adalah lompat jauh, lompat tinggi, lompat galah, lompat jangkit.

Dengan mempelajari oleh raga pada cabang atletik ini diharapkan siswa-siswi bukan hanya dididik untuk mengikuti pola kehidupan sehat tetapi juga dapat memberikan suatu motivasi tersendiri guna menumbuh kembangkan minat pada cabang-cabang olah raga atletik itu sendiri. 

2. Tujuan Penulisan
Disusunnya makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih dalam berkaitan dengan olah raga pada cabang atletik. Selain itu makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan yang diberikan oleh guru. Kumpulan Tugas Sekolahku



Contoh Pendahuluan Makalah
Contoh Pendahuluan Makalah







Contoh Pendahuluan Makalah Kesehatan Reproduksi Remaja

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Sekarang ini, kita melihat berbagai persoalan remaja semakin menampakkan peningkatan yang cukup signifikan. Misalnya persoalan kenakalan remaja, pergaulan bebas, seksualitas, HIV dan AIDS, kehamilan, narkoba, dan pemerkosaan. Persoalan remaja tersebut merupakan bagian dari Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yang menjadi sindrom bagi kelangsungan hidup dan masa depan remaja. Tak heran, kalau Kesehatan Reproduksi Remaja harus mendapatkan perhatian khusus dari kita semua dan untuk dianalisis berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Kesehatan Reproduksi Remaja, pada dasarnya berkaitan dengan kematangan dan pertumbuhan jasmani dan rohani remaja. Namun seringkali, remaja tidak memperhatikan kesehatan reproduksinya, karena kerapkali berfoya-foya untuk menikmati masa-masa remajanya yang penuh dengan keindahan.

Perlu disadari, bahwa masa remaja banyak diwarnai oleh pertumbuhan, perubahan, keinginan, kesempatan, dan seringkali menghadapi resiko-resiko kesehatan reproduksi. Sehingga, kebutuhan untuk pelayanan kesehatan terhadap reproduksi remaja menjadi perhatian serius di seluruh dunia. Untuk itu Remaja perlu mengetahui kesehatan reproduksi agar memiliki informasi yang benar mengenai proses reproduksi serta berbagai faktor yang ada disekitarnya.  Dengan informasi yang benar, diharapkan remaja memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab mengenai  proses reproduksi.

1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas rumusan masalah untuk makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Apakah pengertian kesehatan reproduksi remaja?
2.      Bagaimana proses tumbuh kembang remaja?
3.      Apasaja penyakit pengganggu kesehatan reproduksi?

1.3  Tujuan Penulisan
Untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi remaja, maka makalah ini berusaha memenuhi beberapa tujuan sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui apakah pengertian kesehatan reproduksi remaja
2.      Untuk mengetahui bagaimana proses tumbuh kembang remaja
3.      Untuk mengetahui apasaja penyakit pengganggu kesehatan reproduksi

Kumpulan Pendahuluan Makalah

Untuk lebih lengkap lagi dalam mempelajari contoh pendahuluan untuk sebuah makalah, berikut ini akan dibahas juga mengenai beberapa kumpulan pendahuluan. Silahkan dipelajari contoh-contoh pendahuluan yang ada dibawah ini:
  1. Contoh Pendahuluan Makalah Penjaskes
  2. Contoh Pendahuluan Makalah Bahasa Indonesia
  3. Contoh Pendahuluan Makalah Sosiologi
  4. Contoh Pendahuluan Makalah Komputer
  5. Contoh Pendahuluan Makalah Kesenian
Dari beberapa Contoh Pendahuluan Makalah yang ada diatas, dapat diambil informasi-informasi penting mengenai pendahuluan makalah. Jadi, rekan pelajar sudah tidak perlu pusing dalam menyusun sebuah makalah khususnya dalam menyusun pendahuluan.

Lihat juga tugas...!