Tuesday, July 15, 2014

Contoh Khutbah Jumat Lengkap

3:21 AM By Kumpulan Tugas ,

Khutbah Jumat merupakan bagian yang sangat penting dalam ibadah sholat jumat yang dilakukan oleh kaum muslim. Dalam khutbah jumat kita akan mendapatkan nasehat-nasehat yang baik serta ilmu-ilmu agama yang bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Berbagai macam tema khutbah dapat kita gunakan untuk khutbah jumat ini baik itu tema agama maupun tema kehidupan sosial budaya yang dilihat dari sisi agama. Pembahasan terpisah mengenai tema khubah jumat di Kumpulan Tema Khutbah Jumat.

Lihat Materi 

Dalam menyampaikan khutbah jumat ini harus sesuai dengan tata cara pelaksanaan yang telah ditentukan dengan bagian-bagian khutbah tertentu yang harus ada. Namun kali ini kita tidak akan membahas susunan atau aturan bagaimana khutbah jumat tersebut, yang akan kita bahas kali ini adalah beberapa contoh khutbah jumat lengkap yang sengaja disusun sebagai referensi bagi kita yang akan mempelajarinya. Dari contoh-contoh khutbah jumat yang akan disusun dibawah ini diharapkan dapat memberikan sumber pengetahuan bagi kita semua.

Sebagaimana kita ketahui khutbah jumat terdiri dari dua bagian yaitu khutbah pertama dan khutbah kedua. Kedua bagian tersebut juga mempunyai rukun khutbah jumat yang harus dipenuhi dalam pelaksanaannya, sebagai contoh khutbah jumat itu wajib dimulai dengan hamdalah. Yaitu lafaz yang memuji Allah SWT. Penjelasan lebih lanjut mengenai rukun khutbah jumat bisa kita lihat di Rukun Khutbah Jumat.

Setelah membaca beberapa penjelasan diatas sekarang kita sedikit ada gambaran bagaimana seharusnya khutbah jumat itu disusun, untuk lebih jelasnya kita bisa melihat contoh-contoh khutbah jumat seperti berikut ini:
  1. Sebab-sebab lapangnya hati
  2. Nikmat dan azab kubur
  3. Ahlak islami
  4. Persiapan Menyambut Ramadhan
  5. Meraih Kemenangan Dengan Ketaatan (Khutbah Idul Fitri)


Lihat dan Pelajari Contoh

Selain khutbah, untuk sobat pelajar yang belajar juga mengenai materi pelajaran Agama Islam tentang kultum dapat membacanya pada artikel Contoh Kultum Terbaru. Demikianlah pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, amin...

Lihat juga tugas...!