Monday, November 7, 2016

Kumpulan Contoh Soal Matematika Semester 1 Kelas 4 SD

Kumpulan Contoh Soal Matematika Semester 1 Kelas 4 SD - Katanya paling susah itu pelajaran matematika, makanya kita perbanyak berlatih untuk pelajaran ini. Kalau masih sekolah dasar, sebenarnya pelajaran ini tidak terlalu sulit kok. Buktinya banyak adik-adik yang sudah paham dalam sekali belajar saja. Apalagi jika diperbanyak dengan latihan soal.

Kan biasanya belajarnya kalau akan ada ulangan semester saja. Sekarang kita rubuah kebiasaan tersebut. Kita akan belajar setiap hari, belajar di sekolah kemudian mengulang pelajaran di rumah dan latihan dengan soal-soal. Jadi kita bisa lebih cepat paham dengan pelajarannya.

Pokok materi yang akan kita pelajari dalam latihan kali ini yaitu berkaitan dengan materi FPB dan juga materi KPK matematika. Adik-adik yang sudah dijelaskan di sekolah dan belajar di rumah bisa berlatih dengan latihan soal berikut.

Berikut adalah sebuah contoh soal matematika kelas 4 SD khususnya untuk semester 1 pada sebuah soal uji kopetensi. Yang mana bisa anda coba kerjakan untuk mengasah anda agar menjadi siswa yang lebih berkopetensi. Soal di bawah ini adalah sebuah soal tentang sebuah soal cerita, yang sangat menyenangkan untuk dikerjakan.

1) Ibu memiliki 28 tangkai bunga mawar dan 35 tangkai bunga krisan. Bunga-bunga tersebut akan dirangkai ke dalam vase bunga. Jumlah bunga dalam setiap vas sama. Berapa jumlah vas bunga terbanyak yang diperlukan ibu?

Soal di atas adalah sebuah soal cerita terkait dengan sebuah cerita bunga. Yang mana pada soal di atas menjelaskan bahwa ibu memiliki sebuah bungan mawar sebanyak 28 tangkai, sedangkan bunga krisan sebanyak 35. Sedangkan pada soal yang aa di bawah mengungkapkan bahwa ibu hendak memasukannya ke dalam vas. Pertannyaannya adalah berapa banyak kah vas digunakan untuk bunga tersebut..?

2) Anggun memiliki 12 pensil dan 20 buku. Ia ingin membagikan semua pensil dan semua buku kepada teman-temannya. Setiap anak menerima bagain yang sama dari Anggun. Berpa anak paling banyak yang akan menerima hadiah?

Soal cerita di atas menjelaskan tentang sebuah cerita tentang Anggun yang memiliki 12 pensil dan 20 buku. Yang mana pada cerita soal di atas menjelaskan bahwa Anggun hendak membagikan buku dan pensil tersebut dengan sama rata. Pertannyaannya adalah berapakah anak yang mendapatkan hadiah paling banyak..?

3) Ayah membeli 12 kaus dan 6 celana panjang. Ayah membagi-bagikannya kepada anak-anak yang kurang mampu. Setiap anak mendapat bagian yang sama. Berapa anak terbanyak yang akan menerima bagian dari Ayah?

Soal di atas adalah sbeuh soal yang berisi tentang seorang ayah yang membeli 12 kaus dan 6 celana panjang. Dalam cerita di atas juga diceritakan bahwa  ayah  hendak membagikannya kepada anak yang kurang mampu. Berapakah anak terbanyak yang akan menerima bagian dari ayah.?

4) Kakek membagikan 30 coklat dan 40 kue kepada cucu-cucunya. Setiap cucu memperoleh cokelat dan kue sama banyak. Berapa banyak cucu yang mendapat coklat dan kue? Berapa jumlah cokelat dan kue yang diterima setiap cucu?

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah kakek yang hendak membagikan sebuah coklat dan kue kepada cucunya. Yang aman setiap cucu memperoleh jumlah coklat dan kue sama banyak. Pertannyaan pada soal di atas adalah berapakah cucu yang mendapatkan kue dan coklat..? dan berpakah jumlah kue dan coklat yang diterima cucu..?

5) Paman membeli 15 buah apel dan 20 buah manggis. Buah-bbuahan tersebut akan disajikan kedalam piring. Jumlah buah disetiap piring sama. Berapa jumlah piring terbanyak yang diperlukan? Apa saja isi masing-masing piring?

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah paman yang membeli sebuah apel dan buah manggis. Buah apel yang dibeli paman sebanyak 15 buah, sedangkan buah manggis yang dibeli paman sebanyak 20 buah.

Pada soal di atas juga menjelaskan bahwa buah-buah yang dibeli paman akan di sajikan di piring. Pertannyaannya adalah berapa jumlah piring terbannyak yang harus dipersiapkan..? apa saja isi asing-masing piring..?

Di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah soal cerita. Yang mana mudah-mudahan bisa membantu anda dalam lebih memahami terkait soal matematika yang berbentuk soal cerita. Dengan adanya soal ini mudah-mudahan anda juga bisa menjadi siswa yang lebih berkopetensi lagi dalam dunia pendidikan. 

Kumpulan Contoh Soal Matematika Semester 1 Kelas 4 SD Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Duwa Ananda