Sunday, November 13, 2016

Kumpulan Soal tentang Listrik Statis dan Jawaban

Kumpulan Soal tentang Listrik Statis dan Jawaban - Berikut sudah saya siapkan sebuah soal terkait dengan mata pelajaran fisika. Mata pelajaran fisika memang membutuhkan sebuah kedisiplinan belajar dan selalu mencoba dikala gagal. Yang mana baiknya untuk bisa mahir dalam mata pelajaran fisika, belajar harus dilakukan setiap hari ketika di rumah.

Dengan melakukan belajar setiap hari di rumah, anda akan terlatih dalam mengerjakan sebuah soal. Dengan demikian anda tidak akan merasa grogi atau takut, dan bahkan kesusahan dis aat dalam menghadapi ujian. Itulah manfaat dari pada belajar di rumah secara rutin yang bisa anda dapatkan.

Latihan belajar di rumah yang harus di lakukan adalah belajar menghafal rumus, mengerjakan soal. Dalam kaitannya dengan pelajaran fisika anda akan jauh bisa lebih memahami bila memang anda bisa melakukan kedua-duannya. Karena walaupun anda sudah hafal banyak rumus tetapi anda tidak terapkan ke dalam soal maka kemungkinan lupa akan sangat besar.

Untuk itulah sebuah media pengasah, soal sangat memabntu anda dalam mengasah kemampuan anda dalam mengerjakan soal fisika. Seperti yang akan saya sampaikan saat ini yaitu sebuah soal fisika, yang bisa menjadi sebuah media belajar anda untuk mengasah kemampuan anda dalam mata pelajaran fisika. Berikut langsung saja kita simak soalnya.

1) Dua buah muatan berjarak r satu sama lain, tarik-menarik dengan gaya F. Jika jarak antara muatan dijadikan dua kali semula di dalam medium yang sama, gaya tarik-menariknya akan menjadi…semula.
A.   400%
B.   200%
C.   50%
D.   25%
E.   12,5%

2) Pada titik-titik sudut A,B,C dan D sebuah bujur sangkar ABCD dengan sisi a berturut-turut ditempatkan muatan +q,-q,-q dan –q. Muatan +q akan mengalami resultan gaya dari muatan lain sebesar x, dengan x adalah…
A.   √2
B.   √2 + 2
C.   √2/2
D.   √2 + 1/2
E.   √2/2 +1/2

Bagaimana dengan kedua soal di atas apakah ada sebuah kesulitan dalam mengerjakannya..?, saya harap kalian semua bisa mengerjakannya dengan baik dan benar. Bila memang belum bisa dan masih bingung teruslah mencoba dan jangan lupa untuk bertannya, sehingga anda akan cepat menguasai.

Soal di atas memang soal yang cukup sulit tetapi sangat bagus sebagai sebuah media belajar. Yang mana bila anda sudah terlaltih dalam mengerjakan soal-soal semacam ini tentulah tidak sulit untuk mengerjakan soal lain yang masih satu jenis dengan soal yang ada di atas.

Saya masih punya 3 soal lagi untuk anda sebagai sebuah pemantapan agar kemampuan anda dalam mata pelajaran fisika lebih terasah lagi. Soal di bawah ini juga termasuk ke dalam kategori soal yang cukup menantang, sehingga untuk mengerjakannya haruslah teliti dan jangan terburu-bur agar hasilnya maksimal dan sesuai. Berikut langsung kita simak soalnnya. 

3) Pada titik sudut B dan D sebuah persegi ABCD masing-masing diletakkan sebuah muatan +q. Agar kuat medan listrik di titik A sama dengan nol, di titik C harus diletakkan sebuah partikel bermuatan…
A.   –q
B.   +q
C.   -q√2
D.   +q√2
E.   -2q√2

4) Sebuah elektron (m=9 x 10-31 kg dan q=-1,6 x 10-19 C) bergerak dari katode dengan kecepatan awal nol menuju anode. Jika beda potensial anode-katode 4.500 volt, kecepatan elektron saat tiba di anode adalah…
A.   4 x 106 m/s
B.   4 x 107 m/s
C.   4 x 108 m/s
D.   4 x 109 m/s
E.   4 x 1010 m/s

5) Sebuah bola berjari-jari 20 cm memiliki muatan +100μC. Potensial listrik sebuah titik berjarak 30 cm dari permukaan bola tersebut adalah…
A.   1,8 V
B.   1,8 kV
C.   1,8 MV
D.   1,8 GV
E.   1,8 TV


Bagaimana tentag soal di atas apakah cukup membuat anda bingung...? Bila belum kita berjumpa lagi dengan soal yang lebih menantang. Soal di atas adalah sebuah media belajar yang sangat efektif membantu anda dalam menuju tingkat mahir dalam mata pelajaran fisika. Tetapi anda harus ingat soal tersebut haruslah anda latih secara rutin agar anda benar-benar menjadi seorang ahli. 

Kumpulan Soal tentang Listrik Statis dan Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Duwa Ananda