Saturday, April 25, 2015

Kumpulan Cerita Rakyat Tokoh 5 Orang Lengkap

Kumpulan Cerita Rakyat Tokoh 5 Orang - Tugas sekolah kali ini akan membuat satu pembahasan baru mengenai masalah cerita rakyat yaitu khususnya tentang cerita rakyat yang diperankan oleh 5 orang tokoh atau pemain. Cerita rakyat yang dicari ini seyogyanya bisa kita gunakan untuk referensi atau bahan dalam menyusun naskah drama untuk pementasan. Jika kebetulan ada rekan pelajar yang memang sedang mencari referensi mengenai cerita rakyat yang seperti ini maka bisa melihat beberapa rekomendasi yang akan di berikan. 

Seperti yang sudah kita ketahui cerita rakyat ini berbeda dengan cerita pendek atau cerpen dan juga novel. Cerita rakyat adalah cerita yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa. Pada umumnya, cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa.

Untuk mengetahui apakah yang kita baca adalah cerita rakyat atau bukan maka kita bisa melihat dari ciri-ciri yang ada dalam cerita tersebut. Untuk cerita rakyat sendiri memiliki ciri-ciri yang dapat kita kenali dengan mudah. Ciri-ciri cerita rakyat tersebut antara lain sebagai berikut:

- Disampaikan turun-temurun. 
- Tidak diketahui siapa yang pertama kali membuatnya 
- Kaya nilai-nilai luhur 
- Bersifat tradisional 
- Memiliki banyak versi dan variasi 
- Mempunyai bentuk – bentuk klise dalam susunan atau cara pengungkapkannya. 
- Bersifat anonim, artinya nama pengarang tidak ada. 
- Berkembang dari mulut ke mulut. 
- Cerita rakyat disampaikan secara lisan.

Sedikit gambaran di atas semoga bisa mengingatkan kepada kita tentang pengertian cerita rakyat atau definisi cerita rakyat. Jadi kita tidak akan bingung dalam mencari berbagai cerita yang kita butuhkan ini. Karena pembahasan inti kali ini bukan pada pengertian melainkan pada cerita itu sendiri maka dari itu mari kita langsung ke cerita rakyat 5 orang tokoh seperti yang sedang kita butuhkan.

Contoh Cerita Rakyat Tokoh 5 Orang

Dalam kaitannya dengan Cerita Rakyat Tokoh 5 Orang ini maka yang pertama akan kita bahas adalah beberapa contoh judul cerita rakyat yang isinya diperankan oleh 5 pemain atau tokoh. Kenapa diberikan contoh terlebih dahulu? Karena dalam pembahasan ini tidak hanya akan memberikan satu atau dua cerita saja melainkan akan berupa kumpulan cerita rakyat yang memiliki karakter 5 orang pemain. Maka dari itu untuk menghemat waktu bagi yang sibuk sudah disiapkan beberapa contoh yang bisa segera di pelajari.

Kalau berbicara mengenai jumlah tokoh yang ada dalam cerita tentu bisa sangat bervariasi. Satu cerita yang tokohnya ada banyak sekalipun bisa dirubah dengan gaya penceritaan yang hanya menonjolkan beberapa tokoh saja sehingga karakter tokoh lainnya seperti tidak ada. Meski begitu mungkin kita tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan hal itu. Karena itulah akan kita berikan langsung contoh cerita rakyat yang di maksud tersebut. Beberapa cerita rakyat yang memiliki tokoh 5 orang antara lain sebagai berikut.
  1. Bawang merah dan bawang putih
  2. Sangkuriang
  3. Dayang sumbi
  4. Malin kundang
  5. Putri kaguya
  6. Sri segening

Seperti dikutip dari lama wikipediaBawang Merah Bawang Putih adalah dongeng populer Melayu Indonesia yang berasal dari Riau. Kisah ini bercerita mengenai dua orang gadis cantik kakak beradik yang memiliki sifat dan perangai sangat berbeda lagi bertolak belakang, serta mengenai seorang ibu tiri yang tidak adil dan pilih kasih. Dongeng ini memiliki tema dan pesan moral yang hampir sama dengan dongeng Cinderella dari Eropa. Untuk membaca cerita ini silahkan baca di Cerita Rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih.

Sedangkan Sangkuriang adalah legenda yang berasal dari Tatar Sunda. Legenda tersebut berkisah tentang terciptanya danau Bandung, Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang, dan Gunung Bukit Tunggul. Dari legenda tersebut, kita dapat menentukan sudah berapa lama orang Sunda hidup di dataran tinggi Bandung. Dari legenda tersebut yang didukung dengan fakta geologi, diperkirakan bahwa orang Sunda telah hidup di dataran ini sejak beribu tahun sebelum Masehi.

Legenda Sangkuriang awalnya merupakan tradisi lisan. Rujukan tertulis mengenai legenda ini ada pada naskah Bujangga Manik yang ditulis pada daun lontar yang berasal dari akhir abad ke-15 atau awal abad ke-16 Masehi. Dalam naskah tersebut ditulis bahwa Pangeran Jaya Pakuan alias Pangeran Bujangga Manik atau Ameng Layaran mengunjungi tempat-tempat suci agama Hindu di pulau Jawa dan pulau Bali pada akhir abad ke-15.

Dayang Sumbi adalah sebuah legenda / cerita rakyat dari Tatar Sunda (Jawa Barat). Cerita ini disampaikan turun-temurun dengan mengkaitkan sebuah fenomena alam berupa gunung yang menyerupai perahu terbalik, atau lebih dikenal dengan istilah “Gunung Tangkuban Parahu”.

Gunung Tangkuban Parahu berada di perbatasan antara Kabupaten Subang dan Bandung, persisnya menurut administrasi pemerintahan masuk ke dalam wilayah Kecamatan Sagala Herang kabupaten Subang dan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung. pakan tradisi lisan. Rujukan tertulis mengenai legenda ini ada pada naskah Bujangga Manik yang ditulis pada daun lontar yang berasal dari akhir abad ke-15 atau awal abad ke-16 Masehi. Dalam naskah tersebut ditulis bahwa Pangeran Jaya Pakuan alias Pangeran Bujangga Manik atau Ameng Layaran mengunjungi tempat-tempat suci agama Hindu di pulau Jawa dan pulau Bali pada akhir abad ke-15.

Malin Kundang adalah kaba yang berasal dari provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Legenda Malin Kundang berkisah tentang seorang anak yang durhaka pada ibunya dan karena itu dikutuk menjadi batu. Sebentuk batu di pantai Air Manis, Padang, konon merupakan sisa-sisa kapal Malin Kundang.

Cerita rakyat yang mirip juga dapat ditemukan di negara-negara lain di Asia Tenggara. Di Malaysia cerita serupa berkisah tentang Si Tenggang yang berasas dari kisah lebih awal lagi pada 1900 dalam buku Malay Magic yang ditulis oleh Walter William Skeat sebagai satu cerita rakyat berjudul Charitra Megat Sajobang. Cerita Si Tenggang pernah diterbitkan oleh Balai Pustaka, Jakarta pada 1975 sebagai judul Nakoda Tenggang: sebuah legenda dari Malaysia. Pakuan alias Pangeran Bujangga Manik atau Ameng Layaran mengunjungi tempat-tempat suci agama Hindu di pulau Jawa dan pulau Bali pada akhir abad ke-15.

Kisah Putri Kaguya) atau Taketori monogatari adalah cerita rakyat Jepang yang tertua. Kisah seorang anak perempuan yang ditemukan kakek pengambil bambu dari dalam batang bambu yang bercahaya. Cerita diperkirakan berasal dari awal zaman Heian. Di dalam Man'yōshū jilid ke-16 lemma 3791 terdapat chōka (prosa panjang) berjudul Taketori no Okina (Kakek Pengambil Bambu) yang mengisahkan seorang wanita dari kahyangan (tennyo). Kisah ini diperkirakan ada hubungannya dengan kisah Putri Kaguya yang juga dikenal sebagai Taketori no okina no monogatari (Kisah Kakek Pengambil Bambu).

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai beberapa contoh cerita rakyat yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan kita untuk cerita dengan 5 tokoh. Untuk membaca berbagai contoh tersebut silahkan lihat langsung dari tautan yang sudah disediakan. 

Cerita Rakyat Tokoh 5 Orang Lengkap

Siapa tahu ada yang belum mendapatkan ide untuk berbagai judul cerita rakyat yang dibutuhkan. Oleh karena itu disini sekalian saja di sisipkan berbagai koleksi cerita yang sebelumnya telah dibahas. Berbagai cerita berikut merupakan kumpulan cerita rakyat yang bisa diolah atau dimodifikasi menjadi sebuah Cerita Rakyat Tokoh 5 Orang sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Perlu diingat bahwa tidak semua cerita dalam daftar judul di bawah ini memiliki tokoh, pemain atau karakter yang jumlahnya sesuai dengan yang kita butuhkan. Yang pasti jika kita tidak mendapatkan cerita yang sesuai kita bisa menggunakan cerita yang ada untuk membuat cerita dengan jumlah tokoh yang sesuai misalnya cerita dengan 4 orang tokoh, cerita dengan 6 orang pemain, cerita rakyat 7 tokoh dan seterusnya. Bagi yang membutuhkan ide bisa melihat daftar lengkap cerita rakyat terkenal di bawah ini.
  1. Cerita Kisah Rakyat Jepang Putri Hime
  2. Cerita Legenda Batu Kuwung Singkat
  3. Cerita Legenda Gunung Pinang
  4. Cerita Rakyat - Asal Usul Pagar Dewa
  5. Cerita Rakyat - Kumpulan Legenda Nusantara
  6. Cerita Rakyat - Legenda Ular n’Daung
  7. Cerita Rakyat - Putri Naga
  8. Cerita Rakyat Asal Mula Bukit Catu
  9. Cerita Rakyat Asal Mula Danau Laut Tawar
  10. Cerita Rakyat Asal Mula Singaraja dari Bali
  11. Cerita Rakyat Asal Usul Pulau Belitung
  12. Cerita Rakyat Asal Usul Tari Guel + Terjemahan
  13. Cerita Rakyat Batu Belah + Terjemahan
  14. Cerita Rakyat Dari Bengkulu
  15. Cerita Rakyat Datuk Temiang Belah dari Belitong
  16. Cerita Rakyat I Cikampeng Singkat
  17. Cerita Rakyat Jejok daerah Aceh
  18. Cerita Rakyat Singkat Mentiko Betuah
  19. Cerita Rakyat Singkat Putra Mahkota Amat Mude
  20. Cerita Roro Kidul
  21. Contoh Cerita Rakyat Jepang Terkenal
  22. Koleksi Cerita Rakyat Terlengkap
  23. Kumpulan Cerita Rakyat Daerah Bali Singkat
  24. Kumpulan Cerita Rakyat Daerah Banten
  25. Kumpulan Cerita Rakyat Dari Aceh dan Terjemahan
  26. Kumpulan Cerita Rakyat Dari Bangka Belitung
  27. Legenda Batu Menangis Kalimantan + Terjemahan
  28. Romeo and Juliet Tragic Story - New !!
  29. The Story of Bawang Putih and Bawang Merah


Dengan disertakannya daftar cerita rakyat terlengkap di atas maka tidak ada alasan lagi untuk kita mengalami kesusahan dalam menyiapkan cerita yang dibutuhkan. Semoga dengan berbagai kisah cerita rakyat di atas tugas atau kebutuhan kita bisa dipenuhi dengan lebih cepat dan lebih baik. Itu saja, semoga bermanfaat!

Kumpulan Cerita Rakyat Tokoh 5 Orang Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Duwa Ananda