Friday, July 11, 2014

Kumpulan Cerita Rakyat Dari Bangka Belitung

10:07 PM By Kumpulan Tugas

Kumpulan Cerita Rakyat Dari Bangka Belitung - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (disingkat Babel) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. 

Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang. Pemerintahan provinsi ini disahkan pada tanggal 9 Februari 2001. Setelah dilantiknya Pj. Gubernur yakni H. Amur Muchasim, SH (mantan Sekjen Depdagri) yang menandai dimulainya aktivitas roda pemerintahan provinsi.

Selat Bangka memisahkan Pulau Sumatera dan Pulau Bangka, sedangkan Selat Gaspar memisahkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Di bagian utara provinsi ini terdapat Laut Cina Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkan dari Pulau Belitung oleh Selat Karimata.

Meski hanya beberapa cerita yang dapat dihimpun, namun cerita rakyat yang berasal dari daerah bangka belitung sangatlah menarik. Seperti daerah lain, cerita rakyat disini sarat dengan pesan moral yang dapat dijadikan pelajaran bagi semua orang. Berikut ini kumpulan cerita dari bangka belitung tersebut.

Cerita Rakyat Bangka Belitung
  1. Asal Usul Pulau Belitung
  2. Datuk TemiangBelah
  3. Hikayat KeramatBujang
  4. Legenda Pulau Kapal 
  5. Puteri Malam 
  6. Si Penyumpit

Kumpulan Cerita Rakyat Dari Bangka Belitung
Lumayan kan buat menambah wawasan dan pengetahuan kita. Buat rekan yang masih ingin melihat legenda dari daerah lain ada juga artikel tentang cerita rakyat daerah bali serta cerita rakyat aceh

Lihat juga tugas...!