Wednesday, June 8, 2022

Kumpulan Cerita Rakyat dari Aceh Bahasa Indonesia

Cerita rakyat dari Aceh dan terjemahan. Aceh adalah salah satu daerah di nusantara yang memiliki banyak cerita rakyat. Hal itu terbukti dari banyaknya cerita rakyat yang berkembang di daerah tersebut, salah satu contoh Cerita Rakyat Dari Aceh yang terkenal yaitu Asal mula Danau Laut Tawar dan juga cerita rakyat Batu Belah.

Kumpulan Cerita Rakyat Dari Aceh dan Terjemahan
Cerita Rakyat Dari Aceh

Di daerah Aceh juga banyak dikenal kisah - kisah yang diceritakan dalam masyarakat secara turun menurun. Cerita-cerita tersebut memiliki tema yang sangat bervariasi. Ada yang berhubungan dengan kisah cinta putra dan putri raja, ada kisah mengharukan mengenai masyarakat biasa dan lain sebagainya.

Demi melestarikan salah satu kekayaan dan keanekaragaman budaya daerah ini, kali ini kita akan menyajikan cerita rakyat tersebut dengan lengkap. Berikut cerita rakyat dari daerah Aceh yang bisa kita baca.

1) Asal Usul Tari Guel
Cerita pertama yang bisa anda nikmati adalah cerita yang berhubungan dengan kisah cinta dan juga kisah seputar kehidupan dalam sebuah kerajaan.

Cerita rakyat yang satu ini bisa dikatakan sangat unik dan menarik. Selai itu tentu ada juga pesan dan nilai-nilai moral yang dapat dipelajari.

Seperti juga dengan kisah lainnya, cerita tersebut juga tidak terlalu panjang, bisa dikatakan cukup singkat dan tidak membosankan untuk di baca.

Hanya sekitar 1 atau 2 lembar kalau diketik. Bagi yang ingin membacanya silahkan melalui link tautan yang sudah disediakan.

2) Asal mula Danau Laut Tawar
Selain cerita yang berhubungan dengan tarian di atas, masih ada juga cerita yang juga berkaitan dengan legenda atau asal terjadinya sesuatu.

Danau laut tawar, ya dalam legenda ini diceritakan bagaimana danau tersebut tercipta. Sama juga dengan lainnya, kisah ini juga singkat dan bisa selesai sekali baca.

Tidak usah mencari yang lain, bagi adik-adik yang sedang mencari cerita - cerita rakyat bisa langsung membaca cerita ini saja. Bagus kok, mudah-mudahan tidak menyesal.

3) Cerita Legenda Batu Belah
Pernah mendengar kisah legenda tentang batu belah? Ya, di situs ini anda juga bisa membaca cerita dari Aceh tersebut.

Gratis kok, tinggal dibuka saja ceritanya dari tautan yang ada pada judul di atas. Kalau tidak salah, cerita bagus dan sudah dilengkapi juga dengan gambar-gambar menarik.

Lumayan bisa untuk tambahan belajar dan koleksi anda di rumah. Pesan-pesan yang ada didalamnya juga cukup bagus. Mudah-mudahan tidak menyesal.

Kalau tidak ada kegiatan, dari pada pergi ke luar rumah dan tidak tahu mau ngapain ya lebih baik baca cerita, benar tidak?

4) Cerita Rakyat Jejok
Jangan beranjak dulu, selain tiga yang sudah anda lihat di atas masih ada beberapa cerita lain kok. Masih ada lebih dari tiga cerita lagi.

Sekarang, di nomor yang ke 4 ini anda bisa membaca sebuah cerita rakyat singkat yang berjudul "jejok".

Kalau agak aneh mendengar judulnya maka wajib bagi anda untuk membacanya agar tidak penasaran.

Dari pada tidak ada pekerjaan, dari pada bengong lebih baik santai membaca kisah menarik yang belum pernah di baca.

5) Mentiko Betuah
Mentiko buah juga sebuah kisah yang cukup menarik. Tidak usah diceritakan apa dan bagaimana cerita tersebut, agar anda tahu sendiri.

Kalau sudah diceritakan maka kurang seru. Oleh sebab itu, silahkan anda semua lihat juga kisah tersebut.

6) Putra Mahkota Amat Mude
Kisah ke enam berjudul Putra Mahkota Amat Mude, yang merupakan cerita nusantara dari Aceh. Cerita ini juga cukup banyak digemari oleh rekan-rekan yang berkunjung ke situs ini. Bagus atau tidak anda bisa membacanya sendiri.

7) Putri Naga
Kalau anda ingin membaca yang berbau kerajaan dengan putri cantik maka bisa juga membaca kisah dalam urutan nomor 7 berikut.

Ceritanya berjudul "putri naga", lalu apakah benar isinya tentang seorang putri naga yang sesungguhnya, cari tahu dengan membaca kisah tersebut.

8) Raja Parakeet 
Raja Parakeet ini menceritakan sebuah kisah yang berhubungan dengan burung dan seorang raja yang cukup terkenal.

Ceritanya juga cukup menarik dan tidak akan membuat anda bosan atau malas. Ceritanya bagus kok, agar tahu seperti apa silahkan dibaca.

9) Unok
Unok ini adalah cerita terakhir yang bisa dibaca dalam seri kumpulan cerita rakyat dari Aceh. Bagi yang tidak menemukan kisah yang sesuai dengan keinginan silahkan lihat juga dengan cerita tersebut.

Kumpulan Cerita Rakyat dalam Bahasa Inggris

Masih banyak cerita rakyat dari daerah lain yang dapat kita temukan misalnya Cerita Rakyat dari Bali, atau juga Cerita Rakyat dari Bangka Belitung.

Semoga dengan membaca dan mempelajari cerita rakyat ini kita dapat menerapkan pesan moral yang terkandung didalamnya.

Kumpulan Cerita Rakyat dari Aceh Bahasa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes