Saturday, July 12, 2014

Kumpulan Cerita Rakyat dari Daerah Banten Paling Menarik

Satu seri tentang legenda yang beredar di daerah banten akan disajikan kali ini dengan judul Cerita Rakyat Daerah Banten. Ada banyak pilihan cerita yang bisa dibaca disini, so jangan kemana-mana sebelum menyelesaikan artikel ini segera. Tak perlu panjang lebar dibawah ini cerita-cerita legenda dari Banten.


Banten adalah sebuah provinsi di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini dulunya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun dipisahkan sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang.

Wilayah Banten terletak di antara 5º7'50"-7º1'11" Lintang Selatan dan 105º1'11"-106º7'12" Bujur Timur, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2000 luas wilayah Banten adalah 9.160,70 km². Provinsi Banten terdiri dari 4 kota, 4 kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan, dan 1.273 desa.

Wilayah laut Banten merupakan salah satu jalur laut potensial, Selat Sunda merupakan salah satu jalur lalu lintas laut yang strategis karena dapat dilalui kapal besar yang menghubungkan Australia dan Selandia Baru dengan kawasan Asia Tenggara misalnya Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Di samping itu Banten merupakan jalur penghubung antara Jawa dan Sumatera. Bila dikaitkan posisi geografis dan pemerintahan maka wilayah Banten terutama daerah Tangerang raya (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) merupakan wilayah penyangga bagi Jakarta.

Secara ekonomi wilayah Banten memiliki banyak industri. Wilayah Provinsi Banten juga memiliki beberapa pelabuhan laut yang dikembangkan sebagai antisipasi untuk menampung kelebihan kapasitas dari pelabuhan laut di Jakarta dan ditujukan untuk menjadi pelabuhan alternatif selain Singapura.

Lalu, apa saja cerita rakyat yang bisa kita nikmati dari daerah tersebut? Sebenarnya ada banyak cerita menarik yang dikenal berasal dari daerah ini. Namun begitu, kita tidak akan membahas semuanya sekaligus. Ada beberapa yang paling dikenal yaitu sebagai berikut!

1) Hikayat Tanjung Lesung
Bagian pertama adalah cerita yang banyak dikenal dengan sebutan "hikayat tanjung lesung". Untuk bahan hiburan sekaligus bahan belajar, kita akan menikmati juga cerita menarik tersebut di situs ini. Mungkin sebagian pengunjung ada yang sudah pernah mendengar cerita ini?

Bagi yang ingin menikmati cerita tersebut, baik sekedar untuk hiburan atau belajar, silahkan langsung menuju cerita tersebut melalui link atau tautan di atas. Anda bisa membacanya langsung atau bisa juga mendownload cerita tersebut untuk dibaca di rumah.

Kalau yang kedua ini masuk ke dalam kategori legenda. Lalu apa bedanya antara legenda dan hikayat? Masalah perbedaan cerita legenda dan hikayat tidak usah dibahas disini ya. Anda pasti Sudah tahu. Kalau belum tahu ya besok kita bahas dilain waktu.

Yang jelas disini rekan pengunjung juga bisa menikmati cerita tentang "batu kuwung". He... he... he... judulnya lucu juga ya? Kata batu artinya ya batu sementara kata "kuwung" kalau tidak salah itu antara cembung atau cekung gitu. Ah, yang penting dibaca saja ceritanya ya.

Selain legenda dan hikayat yang sudah kita baca di atas, anda juga bisa membaca legenda lain yang berasal dari daerah Banten. Legenda yang dimaksud adalah legenda gunung pinang. Seperti apakah cerita yang ada dalam legenda tersebut?

Untuk tahu seperti apa ceritanya maka anda bisa menikmatinya sendiri. Kalau diceritakan disini nanti pasti jadi tidak menarik dan tidak membuat penasaran lagi, benar tidak? Yang penting masih ada waktu, silahkan langsung dibaca melalui tautan di atas. Oh iya, selain yang di atas, masih ada beberapa cerita lain yang akan dibagikan yaitu sebagai berikut:

1) Legenda Gunung Pinang 
2) Legenda Prasasti Munjul 
3) Masjid Sumpah Terate Udik 
4) Pangeran Pande Gelang dan Putri Cadasari
Menarik kan, bagaimana dengan legenda yang ada didaerah kalian, apakah sama menariknya dengan cerita diatas? atau kalian malah belum tahu nih... Ya sudah, buat rekan yang belum tahu mungkin cerita dari daerah kalian ada dalam artikel kumpulan cerita rakyat terlengkap, jadi jangan lewatkan yaa...

Kumpulan Cerita Rakyat dari Daerah Banten Paling Menarik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko