Friday, July 11, 2014

Alat yang Digunakan dalam Permainan Sepak Bola

Menyambung pembahasan sebelumnya tentang permainan sepak bola kita akan membahas mengenai alat - alat yang digunakan dalam permainan sepak bola. Maksudnya adalah agar kita lebih mengenal lagi mengenai jenis olah raga bola besar tersebut.

Jadi, dalam permainan olah raga ini ada beberapa hal yang memang harus dipahami oleh setiap pemain. Sebagai contoh, harus diketahui dengan jelas bagaimana aturan main dalam permainan ini. Dengan begitu maka permainan bisa berjalan dengan lancar dan teratur.

Untuk dapat bermain sepak bola kita terlebih dahulu harus menyiapkan sarana dan alat permainan sepak bola. Ada beberapa sarana dan peralatan yang dibutuhkan dalam permainan sepak bola. Beberapa alat tersebut yaitu misalnya lapangan, bola dan juga wasit atau hakim.

Sudah tahu masing-masing sarana atau alat tersebut? Pasti sudah, tetapi akan lebih baik jika kita pelajari lebih jauh masing-masing sarana tersebut. Berkaitan dengan lapangan misalnya, kita harus tahu ukuran lapangan sepak bola seperti apa.

Masalah bola pun demikian, harus diketahui jenis dan juga spesifikasi bola yang bisa digunakan dalam permainan ini. Wasit atau hakim pun demikian, agar lebih jelas mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

1) Lapangan Sepak Bola

Asal muasal sejarah munculnya olahraga sepak bola masih mengundang perdebatan. Beberapa dokumen menjelaskan bahwa sepak bola lahir sejak masa Romawi, sebagian lagi menjelaskan sepak bola berasal dari
tiongkok. 

FIFA sebagai badan sepak bola dunia secara resmi menyatakan bahwa sepak bola lahir dari daratan Cina yaitu berawal dari permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM. Olah raga ini saat itu dikenal dengan sebutan “tsu chu “.

Untuk pertandingan internasional dewasa, lapangan sepak bola yang digunakan memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan panjang 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. 

Di bagian depan dari gawang terdapat area pinalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan pinalti atau tidak.

Alat Permainan Sepak Bola
Lapangan Sepak Bola

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai lapangan permainan, di atas sudah disertakan sebuah gambar lapangan yang sudah dilengkapi juga dengan ukuran masing-masing bagian lapangan tersebut. Dari gambar tersebut tentu jelas mengenai detail lapangan yang digunakan dalam permainan ini.

2) Bola untuk olahraga sepak bola

Ada banyak jenis bola dalam permainan-permainan olahraga. Nah, untuk permainan sepak bola juga memiliki spesifikasi bola sendiri sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Kalau masalah bentuknya tentu sama, yang berbeda mungkin ukuran, berat maupun bahan yang digunakan.

Bola ini merupakan alat yang sangat penting. Dalam permainan ini bola juga akan menentukan bagaimana kualitas permainan yang akan berlangsung. Lalu, bagaimana ukuran dari bola yang digunakan dalam permainan ini? Berikut ukuran bola pada permainan sepak bola!
  1. Ukuran: 68-70 cm
  2. Keliling: 100 cm
  3. Berat: 410-450 gram
  4. Lambungan: 1000 cm pada pantulan pertama
  5. Bahan: karet atau karet sintetis (buatan)
Ukuran Bola Sepak Bola
Nah, sekarang sudah jelas bukan bahwa bola untuk permainan ini juga memiliki spesifikasi dan ukuran yang tersendiri. Bola tersebut dilihat dari ukuran, keliling, berat, bahan dan bahkan dari sisi lambungan pantulan yang dihasilkan.

3) Wasit Sepak Bola

Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 penjaga garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan. Wasit memiliki peluit yang menandakan apakah saat berhenti atau memulai memainkan bola. 

Dia juga bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan. Masing-masing penjaga garis bertanggung jawab mengawasi setengah bagian dari lapangan. Mereka membawa bendera dengan warna terang untuk menandakan adanya pelanggaran, bola keluar, atau pun offside. Biasanya mereka akan bergerak mengikuti posisi pemain belakang terakhir.

Petugas terakhir memiliki tugas untuk mencatat semua waktu yang sempat terhenti selama pertandingan berlangsung dan memberikan info mengenai tambahan waktu di akhir setiap babak. 

Petugas ini juga bertugas memeriksa pergantian pemain dan menjadi penghubung antara manager tim dengan wasit. Dalam beberapa pertandingan, teknologi penggunaan video atau penggunaan orang kelima untuk menentukan ketepatan keputusan wasit mulai digunakan. 

Contoh Makalah tentang Permainan Sepak Bola

Misalnya yang menentukan apakah suatu bola telah melewati garis atau apakah seorang pemain berada dalam keadaan offside ketika mencetak gol. Bagaimana, jelas bukan fungsi dan peran wasit dalam permainan ini?

Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_bola
http://ekojuniorsaputra.wordpress.com/2011/04/13/ukuran-bola-sepak-bola/

Alat yang Digunakan dalam Permainan Sepak Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko