Monday, September 29, 2014

Contoh Soal Quiz tentang Bios dan Jawaban

Contoh Soal Quiz tentang Bios dan Jawaban - Melalui pembahasan singkat tentang tugas kali ini kita akan belajar tentang Bios pada komputer. Kali ini sebagai salah satu materi pada mata kuliah sistem operasi kita akan memperdalam materi tersebut dengan contoh soal yang tentunya akan dilengkapi juga dengan kunci jawaban atau pembahasannya. 

Seperti telah disebutkan di atas, soal latihan berikut ini adalah soal tentang bios. Soal tersebut terdiri dari lima soal uraian dimana kita harus menjabarkan jawabannya sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang kita miliki. Sebelum itu mari kita ingat lagi apa pengertian bios pada komputer.

Bios adalah singkatan dari Basic Input Output System. merupakan suatu software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory (ROM ataupun Flash Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor (CMOS) yang terdapat pada motherboard. 

Sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan settingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan.

Fungsi utama Bios tersebut adalah untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting. Lalu bagaimana dengan cara kerjanya?

Cara kerja BIOS adalah dimulai dengan proses inisialisasi, dimana dalam proses ini kita bisa melihat jumlah memory yang terinstall, jenis hardisk dan kapasitasnya dan sebagainya. BIOS kemudian akan mencari, menginisialisasi dan menampilkan informasi dari Graphics Card. 

Kemudian akan mengecek device ROM lain seperti hardisk dan kemudian melakukan pengetesan RAM yaitu memory count up test. Setelah  semua test komponen berhasil dilakukan, BIOS kemudian akan mencari lokasi booting device dan Sistem Operasi.

Contoh Soal Quiz tentang Bios dan Jawaban
Jelaskan langkah-langkah pada bios:
1. Mengganti boot order
2. Pada saat komputer menyala muncul password
3. Merubah jam dan tanggal
4. Mengetahui temperatur processor
5. Pilihan, Agar komputer bisa diinstal Windows Xp atau Vista

Jawab dan Pembahasan Soal Quiz tentang Bios
  1. Restart komputer kemudian tekan ESC (hal ini disesuaikan dengan vendor bios-nya ada yang F8/F11 dsb.) > masuk bios > F10 > pilih System configurasi > pilih boot option > enter boot order
  2. Restart komputer tekan ESC untukmasuk bios > F10 > pilih Security > pilih administrator password 
  3. Restart komputer > tekan ESC untuk masuk bios > F10 > pilih Main> pilih system time (untuk mengganti waktu ) > pilih system date (untuk mengganti tanggal) 
  4. Restart komputer > tekan ESC untuk masuk bios > F10 > pilih advance > pilih halt akan muncul informasi temperatur prosesor
  5. Restart komputer > tekan ESC untuk masuk bios > F10 > pilih advance > pilih sata configurasi > pilih IDE untuk menginstal windows XP > pilih AHCI untuk menginstal windows VISTA

BIOS (Basic Input Output System) merupakan hal yang sangat vital yang dapat membantu kita saat hendak melakukan troubleshooting pada kerusakan komputer. Seperti misalnya :
  1. Kasus komputer mati total ternyata bisa diatasi dengan cara mereset BIOS komputer,
  2. saat hendak melakukan istallasi windows pengaturan first boot harus diatur terlebih dahulu disini.
  3. Melihat spesifikasi perkakas komputer
  4. bahkan saat mengoptimalkan kinerja komputer yang lebih dikenal dengan overclocking.
Demikianlah sedikit mengenai tugas kuliah kali ini khususnya untuk contoh soal mata kuliah sistem operasi. Semoga dengan adanya pembahasan ini anda semua bisa mendapatkan tambahan referensi belajar. Jangan lupa lihat juga beberapa soal lain di bagian bawah.

Contoh Soal Quiz tentang Bios dan Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah