Sunday, February 24, 2013

Tugas Cerpen Singkat: Sahabat Terbaik

Tugas Cerpen Singkat: Sahabat Terbaik. Biasanya di pelajaran Bahasa Indonesia kita sering mendapat tugas untuk menganalisa sebuah cerpen dan tugas cerpen ini akan sangat memberatkan jika kita tidak memiliki cerpen yang menarik untuk dianalisis. Sebagai referensi kali ini akan dibahas untuk tugas cerpen singkat tentang sahabat terbaik. Dengan memilih cerpen singkat, tugas rekan pelajar akan lebih mudah dan cepat dikerjakan. Berikut cerpen singkat sahabat terbaik yang dapat digunakan untuk tugas Bahasa Indonesia di sekolah.

Cuplikan Tugas Cerpen Singkat: Sahabat Terbaik

Sebelum memutuskan untuk memilih cerpen sahabat terbaik sebagai cerpen yang akan dianalisis ada baiknya rekan pelajar membaca penggalan cerpen ini terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar rekan pelajar tidak kesulitan dalam menganalisa unsur-unsur serta alur cerita cerpen tersebut. Berikut cerpen cuplikan singkatnya

Sahabat Terbaik
"Persahabatan bukan hanya sekedar kata,
yang ditulis pada sehelai kertas tak bermakna,
tapi persahabatan merupakan sebuah ikatan suci,
yang ditoreh diatas dua hati,
ditulis dengan tinta kasih sayang,
dan suatu saat akan dihapus dengan tetesan darah dan mungkin nyawa"..
***
“Key… sini dech cepetan, aku ada sesuatu buat kamu”, panggil Nayra suatu sore.
“Iya, sebentar, sabar dikit kenapa sich?, kamu kan tau aku gak bisa melihat”, jawab seorang gadis yang dipanggil Key dari balik pintu.

Keynaya Wulandari, begitulah nama gadis tadi, meskipun lahir dengan keterbatasan fisik, dia tidak pernah mengeluh, semangatnya menjalani bahtera hidup tak pernah padam. Lahir dengan kondisi buta, tidak membuatnya berkecil hati, secara fisik matanya tidak bisa melihat warna-warni dunia, tapi mata hatinya bisa melihat jauh ke dalam kehidupan seseorang. Mempunyai hoby melukis sejak kecil, dengan keterbatasannya, Key selalu mengasah bakatnya. Tak pernah sedikitpun dia menyerah.

Duduk di bangku kelas XII di sebuah Sekolah Luar Biasa di kotanya, Keynaya tidak pernah absen meraih peringkat dikelas, bahkan guru-gurunya termotivasi dengan sifat pantang menyerah Key. Sejak baru berusia 3 tahun, Keynaya sudah bersahabat dengan anak tetangganya yang bernama Nayra Amrita, Nayra anak seorang direktur bank swasta di kota mereka. Nayra cantik, pinter dan secara fisik Nayra kelihatan sempurna.
***
Seperti sore ini, Nayra sudah nangkring di rumah Key. Dia berbincang-bincang dengan Key, sambil menemani sahabatnya itu melukis.
“Key, lukisan kamu bagus banget, nanti kamu ngadain pameran tunggal ya, biar semua orang tau bakat kamu”, kata Nayra membuka pembicaraan. 

“Hah”, Key mendesah pelan lalu mulai bicara, “Seandainya aku bisa Nay, pasti sudah aku lakukan, tapi apa daya, aku ini gak sempurna, seandainya aku mendapat donor kornea, dan aku bisa melihat, mungkin aku bahagia dan akan mengadakan pameran lukisan-lukisanku ini” ucap Keynaya dengan kepedihan.
“Suatu hari nanti Tuhan akan memberikan anugrahnya kepadamu, sahabat, pasti akan ada yang mendonorkan korneanya untuk seorang anak sebaik kamu,” timpal Nayra akhirnya.
Berbeda secara fisik, tidak pernah menjadi halangan di dalam jalinan persahabatan antara Nayra dan Keynaya, kemana pun Nayra pergi, dia selalu mengajak Key, kecuali sekolah tentunya, karena sekolah mereka berdua kan berbeda.

Sedang asik-asiknya dua sahabat ini bersenda gurau, tiba-tiba saja Nayra mengeluh,
“aduuh, kepala ku”
“Kamu kenapa Nay, sakit??” tanya Keynaya.
“Oh, ngga aku gak apa-apa Key, Cuma sedikit pusing saja”, ucap Nayra sambil tersenyum.
“Minum obat ya Nay, aku gak mau kamu kenapa-napa, nada bicara Key terdengar begitu khawatir.
“aku ijin pulang dulu ya Key, mau minum obat” ujar Nayra sambil berpamitan pulang.

Di kamarnya yang terkesan sangat elegan, nuansa coklat mendominasi di setiap sudut ruangan, Nayra terduduk lemas di atas ranjangnya,
“Ya Tuhan, berapa lama lagi usiaku di dunia ini?? Berapa lama lagi malaikatmu akan menjemputku untuk menghadapmu?” erang hati Nayra.
Di vonis menderita leukimia sejak 7 bulan lalu dan tidak akan berumur lama lagi sungguh...

***Bersambung***

Download Tugas Cerpen Singkat: Sahabat Terbaik

Jika rekan benar-benar sudah mantap dan memilih cerpen yang kita bahas kali ini, silahkan copy atau salin cerpen singkat ini melalui download link yang disediakan.

Download Tugas 

Rekan akan diarahkan ke halaman adfly, tunggu sebentar dan klik skip add pada bagian kanan atas halaman untuk mendownload cerpennya.
Selengkapnya... Tugas Cerpen Singkat: Sahabat Terbaik

Cerpen Persahabatan: Petikan Terakhir Senar Cinta Rafa

Cerpen Persahabatan: Petikan Terakhir Senar Cinta Rafa. Masih mengenai cerpen, kali ini tentang cerpen persahabatan lagi dengan judul petikan terakhir senar cinta rafa. Buat rekan yang hobi dengan cerpen romantic mengenai cinta-cintaan cerpen ini tidak boleh sampai dilewatkan tentunya. Sebelum membaca cerpen persahabatan yang akan kita bahas kali ini jangan lupa siapkan cemilan dan minuman kesukaannya ya, hee ee …

Cuplikan Cerpen Persahabatan: Petikan Terakhir Senar Cinta Rafa

Baca dulu cuplikannya berikut baru nanti rekan pelajar dapat mengetahui bahwa cerpen yang satu ini memang cerpen yang layak untuk dibaca dirumah. Langsung saja silahkan simak cuplikannya dibawah ini.

Petikan Terakhir Senar Cinta Rafa
Cerita yang telah lama terpendam , Kisah persahabatan dan cinta antara Tia dengan Rafa. Ditengah kota Fentaly yang panas disertai hiruk pikuk kendaraan bermotor yang tidak kenal lelah ternyata masih ada sebuah tempat yang begitu indah yang bernama bukit Mictasathia, bukit ini jarang sekali dikunjungi orang bahkan nyaris tidak pernah. Hanya orang-orang tertentu yang mau memasuki bukit itu, mungkin karena hutannya yang lebat atau apa. Namun berbeda dengan Tia dan Rafa, kedua sahabat ini setiap harinya selalu bermain dibukit ini sampai - sampai mereka tidak ingat waktu, pernah sampai mereka ketiduran dibawah pohon sesawi itu dan baru tersadar keesokan harinya dan ternyata orang tua merka beserta para penduduk sudah berbondong – bondong untuk mencari mereka yang sudah satu hari berada dibukit tanpa sepengetahuan orang tua mereka sedikitpun.

Persahabatan Tia dan Rafa terjalin dengan tidak sengaja, karena mereka berasal dari daerah yang berbeda, Tia berasal dari kota Kupoja sedangkan Rafa berasal dari kota Taruki. Mereka bisa sampai di Kota Fentaly ini karena kedua orang tua mereka memilih untuk pindah kedaerah yang lebih strategis. Rafa memiliki seorang kembaran bernama Ezi, ya kembar identik.

Tia dan Rafa duduk dibangku SMP kelas 7 di SMP KARYA CENDANA, persahabatan mereka dimulai sejak mereka bermusuhan. Ya, awalnya mereka itu memang seperti minyak dan air yang tidak bisa bersatu, namun karena rumah mereka yang bersebelahan dengan cepat mereka bisa akrab dan bersahabat.

Pukul 10.25 tampak dijam dinding dikamar Tia, ia sedang duduk bersila dikarpet bulu pemberian neneknya. Satu dua jam Tia menanti handphonenya berbunyi dan berharap itu pesan masuk dari Rafa. Lalu dari luar jendela tampak Rafa yang memanggil Tia dengan suaranya yang lirih, kaos tipis dengan celana panjang sudah menjadi ciri khas Rafa. Ternyata Rafa ingin menunjukan sesuatu kepada Tia, yah itu adalah lagu baru ciptaannya yang berjudul ‘angel and the dew’, lagunya begitu indah didengar bahkan lagu itu sangan erat dengan mereka.

Setelah itu pukul 13.30, Tia mengajak Rafa pergi ke bukit Mictasathia, seperti biasa burung-burung bernyanyi menyambut kedatangan mereka dengan suaranya yang semerdu suling emas. Sebuah pohon besar bernama pohon Sesawi diujung bukit sudah menunggu mereka untuk berayun didahannya sambil bermain kemericik air sungai nan jernih dan segar “ eeemn kamu tahu ga Raf ?, setiap kita main kesini itu aku ngerasa jadi seorang putri kerajaan” kata Tia dengan gembira. Selalu terdengar suara canda dan tawa yang akrab dengan bukit ini. Dan disaat itu Rafa memberikan sekuntum bunga adelweis pertamanya yang berjumlah sembilan tangkai untuk Tia dan sebuah mahkota dari bebungaan kering di hutan, betapa bahagianya Tia, lalu mereka kembali bermain mereka berlari, meloncat, bahkan terguling ditanah yang licin. Dibukit ini juga mereka saling menyimpan sebuah rahasia tentang perasaan mereka, keinginan mereka, dan lain sebagainya. Bukit ini sudah seperti rumah mereka sendiri.

Hari ini adalah hari istimewa bagi Tia, karena hari ini ia akan mengikuti lomba out bon tingkat nasional. Karena sudah terbiasa naik - turun bukit jadi Tia sudah lihai menghadapi berbagai medan yang sulit dan terjal. Lomba kali ini ia tidak ditemani Rafa, sebenarnya dalam hati Tia sangat mengharapkan kehadiran Rafa namun mau bagaimana lagi pihak sekolah tidak mengijinkan. Tiap detik Tia selalu kepikiran Rafa, Rafa dirumah juga selalu memikirkan Tia, Sedang apa, dimana, sama siapa itu-itu saja yang ada dibenaknya. Rasa rindu dan khawatir tidak bisa dihindarkan hingga akhirnya setiap kali ada kesempatan Tia menyempatkan waktunya yang sempit untuk menghubungi Rafa yang jauh disana.

Hari ini adalah hari persahabatan di kota Fentaly, namun minggu ini benar-benar minggu yang berat bagi mereka karena mereka harus berpisah karena Rafa harus pergi ke rumah neneknya di desa Hundayan karena neneknya sedang sakit keras. Dirumah Tia selalu merindukan Rafa, begitu juga Rafa. Sekarang mereka sudah seperti … 

*** Bersambung ***

Download Cerpen Persahabatan: Petikan Terakhir Senar Cinta Rafa

Nah, kalau rekan ingin membacanya dirumah berarti rekan harus mendownload cerpen ini terlebih dahulun dan membacanya dirumah.

Download Cerpen Persahabatan 

Udah langsung saja soalnya sudah disiapkan pintu untuk downloadnya kok, makanya langsung saja.
Selengkapnya... Cerpen Persahabatan: Petikan Terakhir Senar Cinta Rafa

Cerpen Singkat: Persahabatan Yang Rapuh

Cerpen Singkat: Persahabatan Yang Rapuh. Ada lagi satu cerpen singkat tentang persahabatan yang sangat menarik untuk dibaca, yaitu cerpen singkat persahabatan yang rapuh. Pembahasan ini sengaja dibagikan untuk melengkapi koleksi cerpen singkat yang rekan-rekan minta di Kumpulan Tugas Sekolahku. Selain itu cerpen ini juga dapat digunakan sebagai bahan analisis cerpen untuk tugas Bahasa Indonesia di sekolah.

Cuplikan Cerpen Singkat: Persahabatan Yang Rapuh

Sebelum membaca keseluruhan cerpen ini ada baiknya rekan pelajar membaca cuplikan cerpen singkat ini terlebih dahulu agar rekan semua mempunyai gambaran tentang bagaimana cerita dalam cerpen kali ini. Jika ceritanya menarik rekan pelajar dapat membacanya dirumah dengan mendownload atau menyalin melalui pintu yang telah disediakan.

Persahabatan yang rapuh
Alkisah ada persahabatan yang damai. Persahabatan itu hanya ada dua orang. Namanya Lina dan Rika. Dua orang itu sangat berbeda, Rika sangat kaya dan sombong. Sedangkan Lina seorang anak yang sederhana dan baik hati. Pada suatu hari Lina mengajak Rika berenang di pantai. Sesampainya di pantai dia berganti baju dan berenang. Rika menantang Lina, dia ingin berenang sampai ke bawah laut dan harus menemukan benda yang berharga. Sesampainya di bawah laut Lina dan Rika mencari benda itu, Lina di kiri dan Rika di kanan. Rina melihat banyak harta hingga matanya berkaca-kaca, begini katanya “Aku harus bisa mengalahkan Lina”.

Dia langsung naik ke atas, sementara Lina masih di bawah.

Rika menunggu Lina sampai lama dan dia berteriak, “Lina cepat naik ke atas”.

Lina pun menuruti perintah Rika tetapi dia belum mendapatkan benda satu pun. Sesampainya di atas Rika pura – pura bertanya seperti ini “Lina mengapa kamu tidak membawa benda berharga?”

“Kan sudah kamu panggil”, ujar Lina.

“Kalau begitu, aku yang jadi pemenangnya dong”, kata Rika.

”Ya sudah kita pulang saja yuk,” ajak Lina.

“Ayo”.

Sesampainya di rumah Rika, Lina tidur siang sedangkan Rika bermain dengan benda yang didapatkannya. Pada malamnya Lina dan Rika sedang menonton TV sambil mereka berbicara banyak hal disertai dengan senda gurau yang membuat persahabatan mereka sungguh indah.

Pada waktu Lina dan Rika sedang asyik berbicara, tiba-tiba mama Rika memberikan pop corn sambil berkata, “Anak-anak, ini untuk kalian berdua.”

”Iya Ma,” jawab Rika.

“Terima kasih, Tante,” ujar Lina.

Pada saat mama Rika pergi lalu keduanya berebutan pop corn hingga mereka bertengkar dan lupa akan makna pembicaraan yang baru saja mereka bicarakan. Mereka saling dorong- mendorong sehingga Rika terjatuh dan menangis. Datang mamanya Rika untuk mendamaikan pertengkaran mereka.

“Rika, Lina, ayo kalian jangan bertengkar. Bertengkar bisa membuat persahabatan kalian menjadi hancur serta saling marah. Marah itu teman setan. Kalian tidak mau jadi teman setan, kan?” mama Rika menasehati keduanya.

“Tidak mau, Ma. Tapi Lina yang nakal mendorong saya hingga terjatuh,” Rika berkata sembari terisak tangis.

“Saya juga tidak mau jadi teman setan, Tante,” Lina turut berbicara.”Saya tidak sengaja mendorongnya,” tambah Lina seolah bersalah.

“Ya sudah, Mama tidak membela siapa-siapa. Siapa yang mau minta maaf lebih dulu disayang Tuhan,” kata mama Rika dengan bijaksana. 
**Bersambung**

Download Cerpen Singkat: Persahabatan Yang Rapuh

Sudah membaca cuplikannya, tertarik membacanya? Langsung saja silahkan download dan salin cerpen persahabatan singkat ini melalui link dibawah ini.

Download Cerpen Singkat 

Rekan mungkin akan diarahkan ke halaman adfly, tunggu beberapa detik sampai proses loading halaman selesai setelah itu klik skip add dibagian pojok atas halaman.
Selengkapnya... Cerpen Singkat: Persahabatan Yang Rapuh

Cerpen Persahabatan Singkat: Semangat Roti Isi Keju

Cerpen Persahabatan Singkat: Semangat roti isi keju. Masih tentang cerpen singkat, kali ini kita akan membahas tugas cerpen persahabatan singkat dengan judul semangat roti isi keju. Cerpen ini mengisahkan tentang sebuah persahabatan yang sangat indah dimana salah satu sahabat sangat menyukai roti isi keju. Mau tahu bagaimana cerita dari cerpen persahabatan singkat ini, silahkan lihat dulu cuplikan cerpen semangat roti isi keju berikut ini.

Cuplikan Cerpen Persahabatan Singkat: Semangat roti isi keju

Sebenarnya Tusek ingin menampilkan langsung cerpen ini secara keseluruhan tetapi untuk mengurangi beban loading blog maka Tusek hanya akan menampilkan cuplikannya saja. Dengan membaca cuplikan ini rekan pelajar akan lebih mudah dalam menentukan apakah akan mendownload dan membacanya atau mencari koleksi cerpen persahabatan lainnya. Berikut cuplikannya.

Semangat roti isi keju
Bayangan itu menghampiri Vania dengan perlahan. Lagi-lagi bayangan itu datang. Dengan ketakutan, Vania terus berlari menjauh dari bayangan itu. Ia terus berlari dan berlari tanpa arah. Yang penting hanya satu, ia jauh dari bayangan itu.

“Pergi kamu!! Pergii..!!” Vania terus berteriak.

Vania terbangun. Mimpi itu selalu datang. Untuk kesekian kalinya mimpi itu datang menghampirinya. Ia tak tahu apa maksud dari mimpi itu. Ia risih dengan kedatangan mimpi itu yang terus hadir dalam tidurnya.

“Vania, ayo bangun, lalu mandi, sudah pagi,” ucap Mama Vania dari luar kamar Vania. “Iya, Ma,” sahut Vania. Vania beranjak dari tidurnya dan menuju ke kamar mandi.

“Syalalalaa…” Vino, kakak Vania, mengalunkan sebuah nada. Diambilnya selembar keju dan meletakkannya diantara dua roti tawar.

“Siapa cepat, dia dapat!” Vania mengambil roti isi keju kakaknya itu secepat kilat.

“Vaniaa..!! Lu pagi-pagi udah bikin rese’! balikin gak roti gue??” ancam Vino yang jengkel kepada adiknya itu. Vania tak menggubris ancaman kakaknya itu, ia melahap roti isi keju yang ada ditangannya.

“Nyam nyam nyaamm, delicious…” Vania menyindir sang kakak. Mama Vania yang baru saja keluar dari dapur lantas bertanya kepada kedua anaknya itu, “Kalian itu ada apa sih? Pagi-pagi sudah bertengkar.”

“Itu Ma, Vania noh, roti isi kejuku diambil,” adu Vino, lalu ia menjulurkan lidahnya ke arah Vania. “Bisanya cuma ngadu doang! Huh,” gumam Vania.

“Vania, jangan begitu sama kakakmu ini, kasihan dia,” ujar Mama Vania. “Tapi Maa…”

“Sudahlah, kamu jangan ngebantah terus. ‘Kan masih ada banyak roti dan keju, jadi kamu bisa bikin roti isi sendiri ‘kan?” tanya Mama Vania keras. “Bisa, Ma…” ucap Vania pelan. “Ya sudah, jangan jahil lagi sama kakakmu.”

Vania duduk dengan raut wajah kesal. Berkacak pinggang, bibir manyun, dan menatap sang kakak dengan tatapan kesal, itu yang Vania lakukan. Dengan tenangnya, Vino mengambil beberapa lembar keju dan dua potong roti, kemudian dijadikan satu dan ia lahap. Di tengah-tengah saat ia melahap roti isinya, Vino menjulurkan lidahnya kembali ke arah Vania. Vania pun semakin kesal.

***

“Ndin, gue nyontek tugas Matematika lu! Cepetan!!”

“Rickooo… balikin sisir guee!!”

“Ara, bapak kamu hakim yaa??”

“Eh eh, yang nomor 2 ini gimana caranya?”

“Fa, lu belum bayar pulsa, cepetan bayar!”

“Dindaa, ke kantin yuk?”

“Fi, ikut gue ke kelas sebelah yuk? Biasaa… apel, haha,”

“Yang dingin, yang dingin, yang dingin…”

“Eh, gue kemarin ketemu si dia loh. Dia lagi jalan ama kakaknya, dia blablabla…”

“Ela, ada pacar lu noh di depan!”

“Aku kemarin diputusin Gio, Dit…huhuhu,”

“Aku galauu…”

“Eh, yang belum bayar nasi pecel gue, cepetan bayar!!”

Hiruk pikuk di kelas VIII-2 terdengar jelas dan ramai serta meriah dari luar kelas. Vania terus berjalan dengan hati yang masih kesal dengan sang kakak. Lagi-lagi ia harus kena ceramah dari sang mama karena Vino.

***Bersambung*** 

Download Cerpen Persahabatan Singkat: Semangat roti isi keju

Tidak usah terlalu banyak basa-basi, untuk rekan yang berminat membaca cerpen ini secara keseluruhan silahkan copy, salin atau download cerpen persahabatan singkat ini melalui link yang ada berikut ini. Rekan mungkin akan diarahkan ke halaman adfly, silahkan tunggu beberapa detik kemudian klik skipadd pada bagian pojok halaman.

Download Cerpen Singkat 

Koleksi Cerpen Persahabatan Singkat

Jika cerpen singkat diatas tidak rekan kehendaki silahkan mencoba mencari koleksi cerpen persahabatan singkat atau cerpen singkat lainnya melalui pintu yang disediakan dibawah ini. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu dan berguna bagi para pengunjung setia Kumpulan Tugas Sekolahku.
Selengkapnya... Cerpen Persahabatan Singkat: Semangat Roti Isi Keju

Cerpen Singkat: Hancurnya Sebuah Harapan

Cerpen Singkat: Hancurnya Sebuah Harapan. Membaca cerpen memang merupakan kegiatan yang menyenangkan, apalagi kalau cerpen yang dibaca merupakan cerpen singkat. Untuk sekedar hiburan dan juga membantu rekan pelajar kali ini kita akan membahas satu cerpen singkat hancurnya sebuah harapan.

Cuplikan Cerpen Singkat: Hancurnya Sebuah Harapan  

Cerpen singkat hancurnya sebuah harapan ini merupakan cerpen cinta yang menurut saya sangat romantis – ya meski masih kalah romantis dengan cerpen yang lain sih. Cerpen yang satu ini sangat cocok untuk kita yang hanya memiliki sedikit waktu dan malas membaca yang terlalu panjang. Untuk yang berminat silahkan langsung lihat cuplikannya berikut ini.

Hancurnya Sebuah Harapan Karya Mira Diana Afianti
Sebuah persahabatan yang ku jalani ini cukup bahagia, ku tak bisa lupakanya. Meski mungkin sebentar lagi kita akan berpisah. Dan mungkin janji kita sekarang dan nanti masih berlaku, namun setelah beberapa lama dan telah nyaman dengan teman baru, janji itu hanya akan menjadi janji belaka.

Sebuah harapanku sebelum kita berpisah, aku ingin kita membuat sebuah kenangan yang mungkin tidak akan pernah hilang. Aku ingin mencoba mencapai kesuksesan bersama sahabat-sahabatku. Namun apa daya, tidak semua orang tua kami mengizinkan untuk meluangkan waktu di luar sekolah bagi kami untuk latihan.

Aku sungguh berharap, rencana, angan-angan, harapan ini akan terjadi dan kita sukses tanpa bantuan siapapun, tetapi hanya dengan modal seadanya dan usaha yang keras. Tetapi harapan kita terhalangin dengan tidak di izinkanya oleh orang tua. Apa harus harapan ini hancur hanya karna orang tua yang melarang ???

Sedih hatiku menerima kenyataan inii, sungguh sakit hatiku menelan kenyataan pahit ini.

** Bersambung** 

Download Cerpen Singkat: Hancurnya Sebuah Harapan

Tugas sekolah sengaja tidak menampilkan seluruh bagian cerpen ini untuk mengemat waktu dan juga menghemat biaya yang mungkin ditimbulkan dari mencari cerpen singkat atau membaca cerpen singkat yang sedang kita bahas kali ini. Saya rasa rekan semua juga tidak keberatan jika saya hanya menampilkan sedikit cuplikan dari cerpen diatas karena saya yakin jika rekan ingin membacanya pasti memilih menyimpan atau mencetaknya agar dapat dibaca dirumah dengan santai.


Download Cerpen Singkat 


Untuk itu, khusus untuk rekan yang ingin membaca cerpen singkat ini secara keseluruhan silahkan salin atau copy cerpen singkat ini ke flashdisk atau laptop rekan sendiri sehingga waktu rekan pelajar semua tidak habis di depan internet.

Sebagai tambahan, rekan pelajar juga dapat melihat-lihat cerpen singkat lainnya yang sudah sebelumnya kita bahas sebagai tugas sekolah dari guru bahasa Indonesia melalui artikel terkait yang ada dibawah pembahasan ini. Selain itu jika rekan berminat rekan juga dapat berlangganan melalui email untuk mendapatkan pembahasan-pembahasan terbaru dari Kumpulan Tugas Sekolahku yang saya yakin sangat bermanfaat bagi rekan pelajar semua.
Selengkapnya... Cerpen Singkat: Hancurnya Sebuah Harapan

Saturday, February 23, 2013

Mengenal Contoh Hikayat Keris Gandring

Mengenal Contoh Hikayat Keris Gandring. Sebelumnya Tusek telah membahas Kumpulan Contoh Hikayat Terkenal dan sekarang kita akan mencoba mengenal contoh hikayat keris gandring agar pembahasan mengenai hikayat ini lebih lengkap dengan contoh yang memadai. Silahkan rekan pelajar lihat contoh hikayat berikut ini.

Cuplikan Cerita Hikayat Keris Gandring Dan Terbunuhnya Tunggul Ametung

Agar tidak terlalu panjang Tusek hanya akan memberikan sedikit cuplikan dari hikayat yang kita bahas kali ini, berikut cuplikan cerita dari hikayat keris gandring dan terbunuhnya tunggul ametung.

Hikayat Keris Gandring Dan Terbunuhnya Tunggul Ametung
Malam suram, tiada hadir secerca bintang pun wajah molek bulan. Ken Angrok dengan tubuh kesatria menunggangi kuda hitam, menembus alam tanpa bayangan. Menderu terjang tiada keraguan, seringkikan binatang. Menakut-nakuti kawanan srigala yang biasa bertengger di bukit kapur tua.

Hanya dedaun buta saksi geraknya. Dan angin dingin senafasan tersengal nafsu Angrok. Lewat sentakan kencang, menghabiskan malam panggang tanpa percakapan di tengah perjalanan. Bathin menggerutu nalarnya mendidih. Menguap sekabut pegunungan merapi yang mengepul seasap tobong terbakar.

Sampailah di jalanan pesisir lautan diam, batuan karang terinjak bersimpan dendam. Langkahnya terus maju menerjang, hadirkan nasibnya demi dapati ketentuan. Betapa darahnya bergolak serupa pemuda lajang tercuri hatinya, ditawan bingkai kalbu seorang wanita. Ia masih dihantui wajah cantik yang telah diperistri takdir jahannam.

Telah jauh dari tapal batas kota, pula tinggalkan bencah pasir memasuki gapura dusun. Teramat sunyi, darahnya tambah naik melampaui batas kerinduan sepi. Yang beterbangan setarikan awan-gemawan dijelmakan hujan amarah. Ia hentikan langkah kudanya di depan pendapa Empu Gandring. Sedang rumput-rumput bunga mengitari, awalnya penuh damai.

Tersentak kedatangan sang penakluk. Dengan kaki tegap turun dari kuda tanpa sungkan membuang segan, Angrok menghadap Pu Gandring. Sang Empu sudah tahu gelagat alam kurang sedap. Yang dikabarkan kembang prabusetmata atas sederet alisnya, seperti kumis kucing mengincar mangsa.

Ki Empu mencium musibah kan menimpa, pada dirinya juga pemuda tanggung yang datang tanpa sungkem.

Tapi benarkah demikian? Mari diteruskan mengikuti rekamanku kala terjaga. Ini sentakan telak menyadarkan. Bukan alur juntrung menghempas, tapi hakikat hikayat melampaui logika penembusan sejarah. Tanpa kesopanan Angrok berucap:

Buatkan aku sebilah keris terbaik kesaktiannya. Carikan batu granit demi mutu tempaan dalam, sebelum besi baja kau semat dikulitnya. Ciptakan luk tujuh, itu bilangan hari kisah kejayaan dunia. Gagangnya carikan kayu cendana yang tumbuh di tengah malam purnama. Jangan lupa rendam dengan kembang tujuh rupa, disamping taburan garam dari samudera Hindia.

Aku berharap keris tersebut tiada menandingi, setiap orang melihatnya terkesima hingga kaki-kakinya membatu setelah kesemutan. Perhatikan juga jangan lama. Setengah tahun cukup kukira. Rampung tidak aku kemari mengambilnya. Jikalau tak menurut, tentu sudah hafal siapa diriku, dan yang akan kuperbuat demi kemanusiaan kelak. Maka persiapkan keharusanmu, sebelum kunamai pengecut yang mempecundangi bakat luhur abadi.

Ki Empu minta tambahan waktu. Sebab dengan masa sesingkat itu, sebilah keris ampuh belumlah utuh. Namun perbincangan bertelingakan satu. Angrok tetap bersikeras ditepati. Dialog tidak imbang, mencederai telinga pun menjulingkan mata. Takdir berubah cepat. Angrok tinggalkan perkara tidak mudah bagi Empu juga dirinya. Yang teridam hanyalah dendam merebut Ken Dedes ke dalam pelukan.

*** Bersambung*** 

Download Hikayat Keris Gandring Dan Terbunuhnya Tunggul Ametung

Untuk rekan pelajar yang membutuhkan contoh hikayat yang Tusek maksud diatas, rekan pelajar dapat mempelajarinya dirumah atau mungkin membacanya langsung melalui ruangan yang telah disediakan. Silahkan baca dan kenali hikayat ini melalui link berikut.





Saya yakin dengan membaca banyak contoh hikayat seperti ini atau contoh hikayat yang lain rekan pelajar akan lebih mudah dalam memahami topik bahasan tentang hikayat. Jangan lupa jika rekan merasa perlu silahkan berlangganan pembaruan tugas dari Kumpulan Tugas Sekolahku.
Selengkapnya... Mengenal Contoh Hikayat Keris Gandring

Naskah Drama Jepang: Tsuku Kami No Ke

Naskah Drama Jepang: Tsuku Kami No Ke. Bingung cari contoh naskah drama jepang? Ini ada naskah drama jepang yang berjudul tsuku kami no ke... Sebenarnya gak jepang jepang amat sih tapi yang pasti menarik untuk dibaca.




CUPLIKAN DRAMA JEPANG
Tsuku Kami No Ke

Toranpu no kodomo-tachi wa chīsana machi no Hiroshima de jikkō sa rete iru. Karera no warai wa hijō ni shiawase ni kikoeta.

Dōro ya kasen o setsuzoku suru chīsana hashi de wa, kushakusha fuku o kite ni-nin no on'nanoko no shimai ga warai o jōdan o itte itate ita. Shōjo wa Minori to mameha meimei sa reta.

Derap langkah anak-anak berlarian di kota kecil Hiroshima. Canda tawa mereka terdengar sangat bahagia. Seakan tidak ada permasalahan dalam kehidupan kecil mereka.

Di jembatan kecil yang menghubungkan jalan dan sungai, tampak dua gadis kakak beradik dengan pakaian kucel sedang bercanda tawa. Gadis itu bernama Minori dan Paenah.

Paenah : (Sutēji o nyūryoku shite kudasai)” Anata tachi wa nodo ga kawai ta ka?” (Emi) “Anata tachi wa hoshii kocha ka?” ( masuk ke panggung ) kalian haus ?( tersenyum simpul ) kalian mau teh ?

Minori :(Yukkuri to unazuite),”arigatou” ( mengangguk perlahan ) terima kasih

(Karsinah ni aeguto dēto) Tiba – tiba Karsinah datang dengan terengah-tengah

Karsinah : “Paenah - issho ni, anata ga kon suiri tai Suru hitsuyō ga arimasu” Paenah-sama, anda harus pergisekarang

Paenah :(Sanshō shite kudasai Karsinah to unazuite")” o”(hana to o jokyo ataeru tsuku kami no ke) ( melihat karsinah dan mengangguk ) ini untuk mu ( seraya memberikan hana tusuk rambut)

Minori :” Watashi ni wa?” (konran o mite) ( menatap dengan bingung ) untukku ?

(Paenah wa unazuki, migite o tori, tsuku kami no ke Minori no desu)

Paenah mengangguk lalu memegang tangan kanan Minori dan memberikan tusuk rambut Paenah : “Sumairu anata no kao wa anata ga warau toki “(Paenah utsukushii sa reru tame, ) Tersenyumlah karena wajahmu akan lebih cantik bila kau tersenyum ( paenah...

***Bersambung***



Maaf ya, seperti biasa saya hanya sajikan cuplikannya soalnya biar waktu sobat lebih efektif. Tapi jangan kawatir bagi sobat yang ingin mempelajari naskah drama diatas bisa unduh melalui link yang sudah saya sediakan diatas.
Selengkapnya... Naskah Drama Jepang: Tsuku Kami No Ke

Naskah Drama Bahasa Inggris: Crying Stone

Naskah Drama Bahasa Inggris: Crying Stone. Kalau naskah drama yang satu ini hanya untuk sobat yang ingin membuat naskah drama bahasa inggris, ya jelaslah soalnya judulnya aja crying stone. Sebenernya ini drama dari bahasa indonesia yaitu batu menangis yang dialih bahasa menjadi naskah drama bahasa inggris crying stone. Tapi tentu tidak kalah seru dunk dengan aslinya, simak aja naskahnya berikut.
CUPLIKAN DRAMA BAHASA INGGRIS
Crying Stone

Narator:
long time ago , in a remote villlage in the province of west Kalimantan, Indonesia. Lived a window with a beautiful daughter. Her name is darmi. They lived in ahut located at the end of the village. Since the father is died , their life became difficult. While her daughter a girl child, but she is a girl who’s lazy. The work is make-up and admire her beauty in front of the mirror. it is not willing to help her mother.

Mother :
darmi, come help mother in fields,

Darmi :
no mom, ..!! I will not go into the fields later dirty nilefingers and mud skinned man.

Mother :are you not sorry to see mother mi..?

Darmi :no..!! just an old mother worked in the fields . because there was no longer the man who is. Intreresed in the mother’s face was wrinkeled.

Mother : (hmmm,ck,go away.)

Lasmi :hey darmi..?

Why you don’t helped your mother in the fields..!!

Darmi :no.. no.. no.. I can’t help my mother, because I’m afraid my nailfingers and skin is dirty.

Lasmi :why..? you just think about your skin and nail fingers. You must helped your mother in fields for got the money..

Darmi :what do you mean..?

I can’t helped my mother. Can you hear that..!!!

Lasmi :ooowwgghtt.. I don’t think you like that to your mother. I’m disappointed, have a friend like you.

Narator:listen to darmi is anwered, lami go away. She go to in the field, but before arrived in the field. She meet darmi’s mother in hut, darmi’s mother taking to break.

Mother :huufftt…. I’m so tired..

Lasmi : Assalamualaikum …aunt.

What are you doing..?how you lunch..??

Mother :eemmmmm…lasmi. I take break.

Notyet, because I haven’t money to buy rices.

Lasmi :casually.. I bring some foods for your lunch..

Mother :oohh… thank you lasmi your take care.

Lasmi :youre welcome..

***Bersambung***

Lumayan keren ya, nah bagi yang ingin membacanya silahkan baca dirumah aja ya soalnya diwarnet mahal hee e ee... Jangan lupa link downloadnya ada diatas buat sobat pelajar yang ingin membaca naskah drama ini.
Selengkapnya... Naskah Drama Bahasa Inggris: Crying Stone

Makalah Penjaskes: Penyakit Menular Seksual

Makalah Penjaskes: Penyakit Menular Seksual. Referensi makalah penjaskes terlengkap yang sudah dibahas di Tugas Sekolah masih sangat sedikit, karena itu kali ini kita akan membahas sebuah contoh makalah penjaskes tentang penyakit menular seksual. Agar lebih efektif, pembahasan ini akan dibagi dalam beberapa bagian yang juga akan disertakan contoh makalahnya dibagian akhir pembahasan.

Materi Dalam Makalah Penjaskes: Penyakit Menular Seksual

Makalah penyakit menular seksual sudah pasti akan membahas lebih dalam mengenai penyakit menular seksual (PMS) yang didalamnya dapat mencakup berbagai informasi penting seputar pms ini. Sebagai gambaran berikut ini beberapa informasi atau materi yang dapat dibahas dalam makalah penjas penyakit menular seksual.

Pengertian penyakit menular seksual

Pada poin ini kita akan membahas secara tuntas mengenai apa yang dimaksud dengan penyakit menular seksual. Kita akan membahas mengenai pengertian dari pada ahli serta merumuskan kesimpulan sederhana mengenai apa sebenarnya definisi penyakit menular seksual atau pms.

Macam-macam penyakit menular seksual

Selanjutnya kita juga akan membahas mengenai macam-macam penyakit menular seksual secara lebih mendalam. Pembahasan ini dapat mencakup mengenai cirri-ciri penyakit tersebut, gejala penyakit tersebut dan informasi penting lainnya seputar macam-macam pms yang ada.

Cara mencegah penyakit menular seksual

Pada bagian ini kita akan memberikan beberapa catatan solusi untuk mencegah penyebaran penyakit ini dan juga cara mencegah agar tidak terjangkit penyakit yang sangat mematikan ini.

Cara mengobati penyakit menular seksual

Informasi berikutnya yang mungkin dapat kita paparkan dalam makalah ini yaitu cara mengobati penyakit menular seksual. Materi ini tentunya akan merujuk kepada penanganan-penanganan medis terhadap penderita pms.

Dari beberapa contoh yang ada, informasi diatas merupakan materi yang umumnya dibahas dalam makalah penyakit menular seksual. Materi tersebut tidak harus sama antara makalah yang satu dengan yang lain tetapi setidaknya beberapa hal diatas merupakan informasi pokok yang harus dibahas lebih dalam dalam sebuah makalah penjas mengenai penyakit menular seksual.

Contoh Makalah Penjaskes: Penyakit Menular Seksual

Tak lengkap rasanya jika kita membahas mengenai makalah penjas tetapi tidak memberikan contoh makalah penjasnya. Untuk itu, bagi rekan pelajar yang membutuhkan contoh makalahnya silahkan dilihat dan dipelajari contoh makalah penjaskes tentang penyakit menular ini melalui link yang disediakan.

Salin Download

Tusek sangat berharap dengan memberikan contoh ini rekan pelajar dapat memperoleh pemehamanan yang mendalam mengenai menyusun sebuah makalah khususnya makalah penjaskes.
Selengkapnya... Makalah Penjaskes: Penyakit Menular Seksual

Contoh Cerpen: Cinta Kosmos

Contoh Cerpen: Cinta Kosmos. Pagi ini tiba-tiba teringat dengan sebuah contoh cerpen yang dulu pernah menjadi renungan cinta kosmos, contoh cerpen sedih yang selalu menyurutkan angan ku dalam lamunan. Cerita cinta kosmos begitu biru terukir dalam benak dan hati dan untuk sobat pelajar saya ingin membagikan contoh cerpen tentang cinta kosmos ini.


Lihat Koleksi

Cuplikan Contoh Cerpen: Cinta Kosmos

Sebelum memutuskan untuk membacanya dirumah, Tusek akan memberikan cuplikan contoh cerpen ini agar dapat dibaca dan memberikan gambaran kepada sobat pelajar semua. Berikut cuplikan contoh cerpen cinta kosmos.

Cinta Kosmos

Perpisahan bukanlah sebuah akhir tapi itu adalah pertanda dari awal yang baru.....
Pagi itu, aku melakukannya lagi. Ini bukan hal yang menyenangkan tapi tanpaku sadari aku sudah melakukan hal ini berulang-ulang. Sekali lagi, aku berdiri di tempat ini, tempat yang palingku benci. Tempat dimana air mataku selalu merebak.

Bunga kosmos...bunga yang sangat indah. Bunga yang dulu selalu membuatku tersenyum sekarang malah hal yang membuat air bening keluar dari mata dan membasahi pipiku.

Disini aku hanya bisa berdoa semoga dia bahagia. Tepat pada tanggal ini tiga tahun yang lalu dia pergi. Aku tidak bisa menahannya untuk pergi, walaupun sepertinya ia mau tinggal dia tidak bisa melakukan apa-apa karena itu bukan kuasanya.

************

“Adel!!!!”, Tio memanggilku, suara yang sangat familier di telingaku.
Aku menoleh dan tersenyum kepada orang yang sudah setahun belakangan ini menjadi pacarku. Ia berlari menghampiriku dengan membawa bacaannya.

“Hai...”, aku menyapanya dengan senyum terbentuk diwajahku.
Dia tertawa mendengar sapaanku yang anti klimaks. Ia merangkulku dan tersenyum jail kepadaku “Kamu mau jalan-jalan kemana?”

“Nggak tahu”, paparku “Ada rencana mau pergi kemana?”
“MMmmm....”, Tio berpikir sejenak “Nggak tau!!!”, ia menggelengkan kepalanya sambil tersenyum.

*** Bersambung ***

Salin Copy Contoh Cerpen: Cinta Kosmos

Hems.... Ingin rasanya melanjutkan indahnya cinta kosmos yang selalu manawan dimata pecintanya; jikalau ada kesempatan, silahkan salin copy contoh cerpen tentang cinta kosmos melalui ruangan khusus yang sudah Tusek siapkan. Saya berharap contoh cerpen kali ini dapat memberikan warna baru dalam dunia kita semua.


Salin Copy


Jangan lupa untuk memasukkan email sobat semua untuk berlangganan artikel tugas sekolah. Kumpulan Tugas Sekolahku; Berbagi ilmu menambah wawasan.
Selengkapnya... Contoh Cerpen: Cinta Kosmos

Contoh Cerpen Singkat: Aida "Kreol"

Contoh Cerpen Singkat: Aida "Kreol". Sebenarnya kita dapat menjumpai banyak contoh cerpen singkat yang dapat kita baca dan pelajari sebagai tugas bahasa Indonesia. Berbagai judul cerpen singkat tersebut dapat dicari dan untuk menambah satu koleksi lagi, sepertinya asyik jika membagi bacaan atau cerpen yang singkat dan tentunya menarik seperti contoh cerpen singkat aida kreol yang akan Tusek bagikan disini.


Lihat Koleksi

Cuplikan Contoh Cerpen Singkat: Aida "Kreol"

Sebelumnya akan Tusek sajikan cuplikan contoh cerpennya agar dapat digunakan untuk mengulas sedikit tentang isi ceritanya. Buat rekan pelajar berikut ini cuplikan contoh cerpen aida kreol secara singkat.

Cerpen AIDA ”KREOL” 
Cerpen Raudal Tanjung Banua


INI kepulangan yang mendebarkan, setelah lama ia bayangkan bakal menuntaskan kunjungan ke sebuah kota "yang dibangun dari menara sekaligus terowongan bawah tanah". Ya, ini akan menjadi kepulangan yang menuntaskan segala sesak di dada Aida, tentu bukan lantaran ia punya sedikit gejala asma. Meski ia sendiri, sungguh celaka, tak sanggup merumuskan sesak karena apa. Aneh memang, tiap kali ia mencari tahu apa yang bergolak dalam batinnya (yang sesungguhnya tidak menyenangkan), yang muncul justru debar. Seolah ia menunggu sesuatu entah apa, tapi dengan membayangkannya saja semuanya terasa menyenangkan.

Ah, semoga benarlah semua bakal menyenangkan, ia berharap. Ya, mestinya memang demikian. Ini kepulangan yang kedua kalau dihitung sejak ia bertunangan dengan Kudal, laki-laki perantauan yang dicintainya. Serta kepulangan pertama sejak Aida menikah dan punya seorang anak yang gemar melukis bis. Seharusnya pernikahan mereka di kampung juga, tapi malaria yang menulari mereka di kapal, membuat mereka memasang nawaitu, membulatkan tekad untuk segera menikah jika sembuh --padahal baru saja datang dari kampung yang jauh.

Maka begitu sembuh, jadilah mereka "pengantin malaria", berkah yang menuntaskan pertunanganan menjadi perkawinan seketika, mengenyahkan sekian rumus rumit berumah tangga. (Mengapa tak malaria di kampung saja kalau ternyata membuat kami menikah sekarang juga? Kata Kudal garuk kepala. O, inilah rahasia jodoh, kata petugas nikah yang arif-bijaksana). Batal menikah di kampung, tak apa, toh semuanya rampung dengan cepat, di mana mereka sebagai pengantin pun kaget mendapatkan diri saling pandang di ranjang rumah kontrakan. Sepasang mata mereka basah. Tapi lalu terbiasa. Termasuk menyiapkan kepulangan kali ini, sebutlah "membayar hutang" kepulangan yang tertunda --o, mereka pun arif-bijaksana!

*** Bersambung ***

Salin Copy Contoh Cerpen Singkat: Aida "Kreol"

Jika berminat silahkan sobat baca aja dirumah, soalnya kalau dibaca disini saya rasa akan sedikit menyita waktu sobat semua. Silahkan salin copy cerpen ini melalui pintu yang disiapkan. 


Dan seperti biasa, buat rekan yang belum berlangganan Tugas Sekolah silahkan masukkan email rekan untuk berlangganan artikel dari Tugas Sekolah.
Selengkapnya... Contoh Cerpen Singkat: Aida "Kreol"

Friday, February 22, 2013

Tugas Tentang: Hikayat Talaga Warna, Bogor

Tugas Tentang: Hikayat Talaga Warna, Bogor. Setelah Contoh Hikayat Keris Gandring kali ini kita akan membahas mengenai tugas tentang hikayat telaga warna bogor. Contoh hikayat kali ini merupakan contoh hikayat terkenal dari tanah air yang patut untuk kita baca dan pelajari. Langsung saja silahkan membaca pembahasan tugas sekolah kali ini tentang telaga warna, Bogor.

Cuplikan Tugas Tentang: Hikayat Talaga Warna, Bogor

Agar tidak terlalu panjang berikut dapat kita lihat cuplikan dari cerita hikayat telaga warna yang dapat kita analisa sebagai tugas sekolah.

Hikayat Talaga Warna, Bogor
Zaman dahulu kala, wilayah Puncak, Bogor ini adalah sebuah kerajaan yang makmur. Kerajaan ini bernama Kutatanggeuhan. Dipimpin oleh seorang Raja yang Adil bijaksana, bernama Prabu Suarnalaya dengan permaisurinya bernama Purbamanah. Di bawah kepemimpinannya rakyat hidup sejahtera, karena memang alam yang subur telah memberi kehidupan yang layak buat semua masyarakat.

Di tengah semua kemakmuran dan kebahagiaan rakyatnya, sesunggunya Raja sedang merasa risau dan sedih. Perkawinan nya yang sudah memasuki tahun ke-20 tidak juga di beri keturunan. Berbagai macam cara telah di lakukan oleh semua cerdik pandai di negeri Kutatanggeuhan. Akhirnya mereka semua menyerah dan menyarankan Raja untuk mengangkat anak saja sebagai penerusnya. Namun Raja menolak semua saran ini.

Akhirnya Prabu Suarnalaya memutuskan untuk bertirakat dan bertapa selama beberapa lama di Puncak Gunung Gede. Di hari kedua, datang seorang malaikat menyapanya, “Wahai prabu Suarnalaya, sebaiknya kamu pulang saja, nasib mu sudah di putuskan, tidak akan ada keturunan darimu. Kamu sebaiknya mengangkat anak saja”. Sang Raja sangat marah mendengar ini.” Wahai malaikat, kenapa aku tidak diberi keturunan, bukankah selama ini aku selalu berbuat baik?” serunya. Malaikat tidak memperdulikannya dan segera pergi.

Sang Raja termenung di pertapaannya. Diapun kembali bersemedi dan berkata dalam hati, aku akan terus bertapa disini sampai ada yang bisa mengabulkan permintaanku, sekalipun itu iblis. Di minggu kedua, Raja sudah hampir menyerah, ketika satu suara membangunkannya. Wahai Raja Katatangeuhan, kulihat kau sangat ingin punya anak? Satu suara tanpa wujud datang dari arah samping nya. Dengan wajah masih diliputi kekagetan sang raja berkata, “Ya benar…, ku tak akan pulang sampai ada yang mampu mengabulkan permintaanku. Siapa anda? Tolong tunjukan wujud mu?”

Hening sesaat…

***Bersambung*** 

Salin Tugas Tentang: Hikayat Talaga Warna, Bogor

Untuk rekan yang berminat membaca atau mempelajari hikayat telaga warna ini, rekan pelajar tidak perlu khawatir karena Tusek telah menyiapkan naskah lengkapnya atau cerita lengkap hikayat telaga warna tersebut. Silahkan baca diruang baca sebelah melalui link yang sudah disediakan.


Melalui link diatas rekan juga dapat menyalin cerita hikayat ini ke flashdisk agar dapat dipelajari dirumah. Jika pembahasan ini berguna silahkan berlangganan email rekan untuk berlangganan pembahasan tugas sekolah lainnya.
Selengkapnya... Tugas Tentang: Hikayat Talaga Warna, Bogor

Contoh Hikayat Terkenal: Raden Kian Santang

Contoh Hikayat Terkenal: Raden Kian Santang. Pembahasan kita kali ini merupakan lanjutan dari pembahasan tentang Kumpulan Contoh Hikayat Terkenal yang sebelumnya telah kita bahas. Kali ini kita akan membahas salah satunya yaitu hikayat terkenal Raden Kian Santang. Berikut pembahasan selengkapnya.

Cuplikan Contoh Hikayat Terkenal: Raden Kian Santang

Berikut seilahkan dilihat cuplikan dari cerita raden kian santang yang menurut saya sangatlah menarik dan patut untuk dipelajari lebih dalam.

Hikayat Raden Kian Santang
Kian santang adalah Tokoh tasawuf dari tanah pasundan yang ceritanya melogenda khususnya di hati masarakat pasundan dan kaum tasawuf di tanah air pada umumnya.

Tokoh kian-santang ini pertama kali berhembus di kisahkan oleh raden CAKRABUANA atau pangeran walangsungsang ketika menyebarkan islam di tanah cirbon dan pasundan.pangeran cakrabuana adalah anak dari prabu sili-wangi atau jaya dewata raja pajajaran, yang di lahirkan dari permisuri yang bernama nyai subang larang ,subang-larang sendiri anak dari mubaliq kondang yaitu syeh maulana-hasanudin atau terkenal dengan syeh kuro krawang

Mulanya yaitu ,Ketika raden walangsungsang memilih untuk pergi meninggalkan galuh pakuan atau pajajaran ,yang di sbeapkan oleh keberbedaan haluan dengan keyakinan ayahnya yang memeluk agama ”shangyang” , diriwayatkan beliau berkelana mensyi’arkan islam bersama adiknya yaitu rara santang (ibu dari syarif hidayatullah atau ”sunan gunung jti”).dengan membuka perkampungan di pesisir utara yang menjadi cikal-bakal kerajaan cirebon atau kasunanan cirebon yang sekarang adalah ”cirebon”

Logenda kian-santang sendiri diambil dari referensi kisah nyata, dari tanah sunda tempo dulu yang ceritanya pada waktu itu tersimpan rapi di perpustakaan kerajaan pajajaran.

Karena pajajaran adalah yang menyatukan kerajaan ”galuh” dan kerajaan ”pakuan”,yang dimana kerajaan galuh adalah pecahan dari kerajaan ”sundapura” tempo dulu , dan sunda pura sendiri adalah pecahan kerajaan taruma negara, yang di masa prabu PURNA-WARMAN yaitu raja ketiga dari kerajaan taruma negara yang di pecah menjadi dua yaitu tarumanegara dan sundapura. yang secara historic pajajaran masih menjadi pewaris dari taruma negara

Di mana di kisahkan pada waktu itu yaitu abad ke 4m atau tahun 450m pernah terdapat putra mahkota yang sakti mandraguna bernama GAGAK LUMAYUNG yang dalam ceritanya ”di tataran suda dan sekitarnya, tak ada yang mampu mengalahkan ilmu kesaktiannya .hingga suatu saat datang pasukan dari dinasti TANG yang hendak menaklukkan kerajaan tarumanegara. namun berkat gagak lumayung ,pasukan TANG dapat di halau dan tunggang-langgang .

semenjak itu raden gagak lumayung di beri sebutan ”KI AN SAN TANG” atau ”penakluk pasukan tang”

Di ceritakan sang kiansantang ini karena saking saktinya hingga dia rindu kepingin melihat darahnya sendiri.

Sampailah di suatu ketika sa’at dia mendapat wangsit di tapabratanya bahwah di tanah arab terdapat orang sakti mandraguna

Konon : dengan Ajian Napak Sancangnya Raden Kian Santang mampu mengarungi lautan dengan berkuda saja.

***Bersambung*** 


Menarik bukan cerita hikayat terkenal ini, nah makanya untuk rekan yang ingin membaca cerita ini sampai selesai silahkan baca di ruang baca yang telah disediakan melalui link berikut.




Rekan pelajar juga dapat melihat koleksi contoh hikayat lainnya yang telah dibahas sebelumnya yaitu:
  1. Tugas: Contoh Hikayat 
  2. Hikayat Hang Tuah
Semoga dapat membantu menambah referensi belajar rekan semua. Jangan lupa untuk selalu berkunjung melihat tugas-tugas sekolah yang lainnya.
Selengkapnya... Contoh Hikayat Terkenal: Raden Kian Santang

Tugas: Kumpulan Contoh Hikayat Terkenal

Tugas: Kumpulan Contoh Hikayat Terkenal. Untuk tugas sekolah kali ini merupakan tugas contoh hikayat yaitu kumpulan contoh hikayat terkenal. Pembahasan ini sengaja dibuat untuk membantu rekan pelajar yang membutuhkan contoh hikayat untuk dipelajari maupun untuk tugas sekolah yang diberikan oleh guru. Karena sebelumnya Tusek telah membahas beberapa contoh hikayat maka kali ini Tusek akan membuat sebuah kumpulan contoh hikayat terkenal yang dapat dipelajari, berikut selengkapnya.

Beberapa koleksi contoh hikayat terkenal

Untuk rekan pelajar yang membutuhkan cerita hikayat, berikut ini beberapa koleksi contoh hikayat yang sebelumnya telah kita bahas. 

Beberapa koleksi contoh hikayat Terbaru

Tusek sengaja menambahkan beberapa koleksi terbaru untuk contoh hikayat agar materi dan referensi bacaan mengenai hikayat dapat lebih beragam. Silahkan simak beberapa koleksi terbaru contoh hikayat yang ada.
  1. Hikayat Raden Kian Santang 
  2. Hikayat Talaga Warna, Bogor 
  3. Hikayat Keris Gandring Dan Terbunuhnya Tunggul Ametung
Semoga beberapa contoh hikayat diatas dapat menambah perbendaharaan bacaan yang diperlukan oleh rekan pelajar guna mempelajari materi tentang hikayat. Untuk mendapatkan pemberitahuan lewat email silahkan sobat pelajar berlangganan artikel terbaru Tusek (Tugas Sekolah) yang lain.
Selengkapnya... Tugas: Kumpulan Contoh Hikayat Terkenal

Tugas: Contoh Hikayat

Tugas: Contoh Hikayat. Saat belajar bahasa Indonesia terkadang kita mendapat tugas untuk memberikan contoh hikayat dan bahkan terkadang kita diminta untuk menganalisis contoh hikayat. Untuk mengerjakan tugas yang ini, rekan pelajar pastinya akan kesulitan jika tidak mempunyai cukup bahan tentang tugas contoh hikayat tersebut. Oleh karena itu Tusek pada kesempatan ini akan mencoba berbagi beberapa contoh hikayat yang dapat analisa untuk tugas sekolah kita. Berikut rangkuman contoh-contoh yang dapat kita cari bahannya.


Salin Copy

Koleksi contoh hikayat tertua

Untuk tugas penyusunan contoh hikayat rekan dapat mempertimbangkan untuk melihat koleksi contoh hikayat tertua yang ada, jadi dalam hal ini rekan pelajar dapat mulai hunting cerita-cerita hikayat yang tergolong tua atau lama.

Mungkin memang sedikit sulit, namun jika kita mampu menemukan contoh cerita ini tentunya akan sangat membantu sekan semua dalam mengerjakan tugas sekolahnya. Sebagai catatan, untuk mengetahui contoh hikayat tertua kita dapat mencari informasi tentang masa terkenalnya cerita tersebut.

Daftar contoh hikayat terbaru

Selain yang pertama tadi, rekan pelajar juga dapat mencari daftar contoh yang termasuk hikayat terbaru. Jika tidak mungkin kita juga dapat mengumpulkan daftar nya saja sehingga kita mempunyai gambaran cerita hikayat apa saja yang dapat kita pilih atau kita analisa untuk tugas kita nanti.

Dengan memiliki daftar contoh hikayat terbaru sobat akan lebih leluasa dalam menentukan cerita mana yang akan diambil.

Kumpulan contoh hikayat terkenal

Yang paling mudah sebenarnya adalah mencari kumpulan contoh dari hikayat yang terkenal atau mungkin hikayat yang rekan pelajar ketahui. Kita dapat menemukan lebih dari satu hikayat yang terkenal jika kita benar-benar mencari contohnya.

Jika rekan pelajar menemukan yang satu ini saja, saya rasa sudah cukup untuk melengkapi kebutuhan bahan guna menyusun tugas yang diberikan oleh bapak guru di sekolah. Atau, jika rekan pelajar sedikit ragu untuk mencarinya, berikut ini Tusek berikan beberapa gambaran pencarian yang dapat rekan pelajar lakukan. Silahkan diamati dan dicari contoh hikayat mana yang rekan inginkan.
  1. Tugas Contoh Hikayat
  2. Kumpulan Contoh Hikayat Terkenal
  3. Contoh Hikayat Tanjung Lesung
  4. Contoh hikayat melayu klasik 
  5. Contoh hikayat sri rama 
  6. Contoh hikayat melayu klasik asli 
  7. Contoh hikayat terkenal 
  8. Contoh hikayat asli 
  9. Contoh hikayat beserta unsur intrinsik dan ekstrinsiknya 
  10. Contoh hikayat abu nawas 
  11. Contoh hikayat asli melayu 


Download Aja



Sudah pasti selesai tugas kali ini jika rekan pelajar membaca dengan seksama beberapa ide yang Tusek (Kumpulan Tugas Sekolahku) paparkan diatas, setidaknya harapan saya demikian.
Selengkapnya... Tugas: Contoh Hikayat

Wednesday, February 13, 2013

Tugas Naskah Drama Komedi: Ngebut Kawin

Tugas Naskah Drama Komedi: Ngebut Kawin. Tugas sekolah kali ini adalah naskah drama komedi yang berjudul ngebut kawin. Naskah drama kali ini sengaja dibagikan untuk melengkapi artikel Tusek sebelumnya tentang contoh naskah drama komedi. Jika rekan pelajar ingin membacanya silahkan simak pembahasan mengenai tugas naskah drama komedi: ngebut kawin berikut ini.

Cuplikan naskah drama komedi 5 pemain: ngebut kawin

Sebelum membacanya secara keseluruhan ada baiknya rekan pelajar membaca ulasan atau cuplikan naskah dramanya sehingga nanti tidak kecewa karena sudah tahu seberapa komedikah naskah drama yang Tusek bagikan kali ini. Langsung saja silahkan lihat cuplikannya berikut.

Salin Baca

Ngebut Kawin
Naskah Drama Komedi 5 Pemain

Pemain
Suile : Ayah Pratoe
Nuinuing : Ibu Pratoe
Pratoe: Putra Suile dan Nuinuing
Ajiez : Adik Pratoe
Andrie: Banci kaleng teman Pratoe

Pratoe:
Wah, Ibu kenapa terlihat murung gitu Bu?

Nuinuing:
Ibu pusing mikirin kamu le, umur udah seusia gunung berapi tapi masih saja ogah menikah.

Andrie:
Iya tu bang boy, lekaslah menikah.. ya gak jiez?

Ajiez:
Iya kamu tu kak, heran aku kenapa sih kamu nggak pengen-pengennya menikah padahal kata ibu tadi usia kamu udah seumuran gunung berantai.

Nuinuing:
Gunung Berapi jiez

Ajiez:
Oh.. iya, itu maksud Ajiez, gungung berapi.

Suile:
Iya kamu tu jiez, nyamber aja ada orang tua ngemeng… kamu juga dah tua gak mau dengerin nasehat ibunya

Pratoe:
Owww.. berarti gungung berapi itu semuanya usianya sekitar 30-an tahun ya Bu/Pak? Berarti gunung-gunung berapi itu juga semuanya masih pada jomblo?

*** Bersambung *** 

Pelajari Tugas Naskah Drama Komedi: Ngebut Kawin

Gimana, nggak lucu banget ya…. Heee e e…. Buat rekan pelajar yang penasaran dan berminat untuk mempelajarinya silahkan saja pelajari dan baca naskah drama komedinya yang sudah Tusek letakkan dimeja khusus. Tinggal buka dan baca naskah drama lengkapnya tetapi jangan lupa di skipadd dulu sebelum membacanya.

Contoh Naskah Drama Komedi Lainnya

Jika rekan pelajar tidak puas Tusek benar-benar mohon maaf dan sebagai gantinya rekan pelajar dapat melihat-lihat kumpulan contoh naskah drama komedi lainnya yang sudah lebih dahulu Tusek bagikan. Kalau masih belum menemukan naskah yang diinginkan ya terpaksa Tusek anjurkan rekan untuk bertanya kepada yang lebih jago yaitu mbah Google. Silahkan lihat Contoh Naskah Drama Komedi Lainnya.
Selengkapnya... Tugas Naskah Drama Komedi: Ngebut Kawin

Kumpulan Tugas Karya Ilmiah Remaja IPS

Kumpulan Tugas Karya Ilmiah Remaja IPS. Karena terlalu sibuk sampai lupa kalau referensi karya ilmiah remaja untuk jurusan IPS belum sama sekali saya tambahkan, mumpung sedang ingat kali ini Tusek akan bagikan artikel pembuka mengenai kumpulan tugas karya ilmiah remaja ips. Dari artikel ini kita akan membahas secara lengkap tentang tugas karya ilmiah khususnya jurusan ips, beberapa alternatif judul untuk karya ilmiah tersebut dan juga berbagai kumpulan contoh karya ilmiah yang dapat membantu menambah pengetahuan dan pemahaman kita mengenai cara penyusunan suatu karya ilmiah.

Tak lupa saya mengingatkan bahwa apa yang akan Tusek share disini merupakan referensi belajar semata yang masih harus dikaji dan dipahami lebih dalam jadi rekan pelajar harus aktif dan kreatif dalam mengembangkan setiap ide yang disajikan dalam artikel ini khususnya dan di kumpulan tugas sekolahku pada umumnya. Langsung saja simak penjelasan berikut.

Tugas karya ilmiah remaja jurusan IPS

Tidak hanya siswa jurusan ipa saja yang biasanya mendapat tugas untuk mengerjakan karya ilmiah remaja, siswa jurusan ips pun pastinya kebagian giliran dalam mengerjakan tugas ini. Berbeda dengan anak ipa yang membahas mengenai ilmu alam karya ilmiah yang harus disusun oleh anak ips akan membahas mengenai isu-isu social atau hal yeng berkaitan dengan sosial tentunya. Meskipun dalam penyusunannya cenderung sama tetapi dalam melakukan penelitian dan pengkajian tentu saja sangat berbeda karena anak ipa mengkaji alam sedangkan anak ips mengkaji hubungan sosial.

Jika anak ipa mengalami kesulitan dalam menyusun karya tersebut, anak ips pun tentunya sama saja membutuhkan bantuan dan sumber referensi yang sama lengkapnya dengan anak ipa. Oleh karena itulah disini dibahas juga mengenai karya ilmiah remaja ips.

Alternatif judul karya ilmiah remaja jurusan IPS

Banyak sekali kajian yang dapat dilakukan untuk menyusun kir bagi anak ips ini, mulai dari hal ringan sampai dengan hal kompleks yang memerlukan penelitian yang lebih mendalam. Jika kita melihat beberapa literature di internet ada banyak ide yang sudah disumbangkan guna membantu rekan jurusan ips. Meskipun demikian akan lebih mudah jika kita membuat sedikit ringkasan mengenai beberapa alternatif judul yang mungkin dapat kita pertimbangkan dalam penyusunan karya ilmiah remaja ini. Untuk itulah berikut ini beberapa alternatif kajian yang dapat dipertimbangkan menjadi sebuah karya ilmiah remaja ips.
  1. Pengaruh dan dampak prostitusi remaja
  2. Dampak negatif internet bagi pembelajaran 
  3. Pengaruh handphone terhadap keinginan belajar siswa 
  4. Pengaruh kegiatan pacaran terhadap perkembangan perilaku negatif siswa 
  5. Larangan membawa handphone di sekolah dan dampaknya terhadap minat belajar siswa 
  6. Budaya lompat pagar dan pengaruhnya terhadap perkembangan mental siswa

Kumpulan contoh karya ilmiah remaja jurusan IPS

Jika rekan pelajar berniat melihat atau mencari contoh karya ilmiah model ini sebenarnya sudah banyak ditemukan di internet jadi rekan tinggal membaca contoh yang dikehendaki. Mengingat begitu banyaknya informasi yang ada di internet maka untuk mencari contoh atau kumpulan contoh karya ilmiah jurusan ips memang sedikit sulit. Tetapi rekan pelajar tidak usah khawatir karena Tusek juga akan membagikan contohnya sekalian agar rekan pelajar dapat cepat membaca dan mempelajarinya dirumah.

Untuk contoh- contoh karya ilmiah remaja jurusan IPS ini Tusek tidak dapat secara langsung membagikannya di halaman ini karena itu akan sangat memakan waktu dan tidak efesien. Tetapi tetap saja Tusek akan memberikan kumpulan contoh tersebut melalui ruangan terpisah yang sudah disediakan, jadi jangan ragu untuk membacanya.


Lihat Kumpulan Contoh 



Demikianlah artikel pembuka kita yang khusus saya bagikan untuk rekan pelajar sma jurusan ilmu pengetahuan alam (ips). Semoga dengan ini dapat menambah referensi rekan semua dan membantu dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
Selengkapnya... Kumpulan Tugas Karya Ilmiah Remaja IPS

Contoh KIR IPS: Dampak dan Pengaruh Prostitusi Remaja

Contoh KIR IPS: Dampak dan Pengaruh Prostitusi Remaja. Sebagai lanjutan dari pembahasan Tusek mengenai Kumpulan tugas karya ilmiah remaja IPS maka kali ini akan dibahas mengenai salah satu contoh kir jurusan ips mengenai dampak dan pengaruh prostitusi remaja. Untuk rekan pelajar sma jurusan ips silahkan simak satu contoh kir dibawah ini sebagai acuan dan referensi bagaimana menyusun sebuah karya ilmiah remaja sesuai dengan jurusan ilmu pengetahuan alam.

Salin Copy

Cuplikan KIR dampak dan pengaruh prostitusi remaja

Tusek tidak akan panjang lebar menerangkan sesuatu yang tidak perlu maka langsung saja berikut ini Tusek sajikan petikan atau cuplikan contoh kir yang akan dibahas. Lihat cuplikannya berikut ini.

Mengatasi Segala Macam Kegiatan, Dampak, dan Pengaruh Prostitusi Remaja di Kota Madiun

Bab I Pendahuluan

A. Latar Belakang
Dari segi manapun prostitusi merupakan hal beruk dan tak pantas Dilakukan terutama bagi kaum hawa.keg ini biasa dilakukan oleh sebagian kaum hawa dengan alasan keterbatasan ekonomi.itu pula yang Dijadikan alasan oleh sebagian remaja yang terjaring razia dikawasan Kota madiun. selain hal itu menurut beberapa psikologi kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua merupakan hal yang mempengaruhi para remaja kota madiun melakukan prostitusi Semakin banyaknya remaja kota madiun terjerumus kedalam kegiatan keji ini.menggerakkan kami selaku siswa-siswi KIR untuk membhat makalah ini.

B. Rumusan Masalah
Berbagai masalah pertanyaan dari bagaimana hingga mengapa banyak dilontarkan masyarakat di media masa.untuk itu kami mengambil rumusan masalah sebagai berikut;
  1. Bagaimana cara mengatasi kegiatan prostitusi remaja di kota madiun? 
  2. Bagaimana cara mengatasi dampak prostitusi remaja di kota madiun? 
  3. Bagaimana cara mengatasi pengaruh pada remaja di kota madiun? 
C. Objek Penelitian
Dengan latar belakang yang telah diuraikan diatas kami mencoba untuk meneliti pelaku prostitusi di kota madiun.terutama pelaku prostitusi yang masih di bawah umur atau para remaja yang terdapat dikawasan kota madiun

Bab II Kajian Teori

A. Pengertian Prostitusi
Prostitusi dalam bahasa diartikan sebagai pelacur atau penjual jasa seksual atau disebut juga sebagai pekerja sek komersial. Menurut istilah prostitusi di aertikan sebagai suatu pekerjaan yang bersifat menyerahkan diri atau menjual jasa kepada umum untuk melakukan perbuatan-perbuatan seksual dengan mendapatkan upah.

Prostitusi atau pelacuran sebagai salah satu penyakit masyarakat mempunyai sejarah yang panjang (sejak adanya kehidupan manusia telah diatur oleh norma-norma perkawinan, sudah ada pelacuran sebagai salah satu penyimpangan dari pada norma-norma perkawinan tersebut) dan tidak ada habis-habisnya yang terdapat di semua negara di dunia. Walaupun prostitusi sudah ada sejak dulu, namun masalah prostitusi yang dulu dianggap tabu atau tidak biasa. Namun masa jaman sekarang prostitusi oleh masyarakat Indonesia dianggap menjadi sesuatu yang biasa.

Norma-norma sosial jelas mengharamkan prostitusi, bahkan sudah ada UU mengenai praktek prostitusi yang ditinjau dari segi Yuridis dalam KUHP yaitu mereka menyediakan sarana tempat persetubuhan (pasal 296 KUHP), mereka yang mencarikan pelanggaran bagi pelacur (pasal 506 KUHP), dan mereka yang menjual eprempuan dan laki-klaki di bawah umur untuk dijadikan pelacur (pasal 297 KUHP). Dunia kesehatan juga menunjukkan dan memperingatkan bahaya penyakit kelamin yang mengerikan seperti HIV / AIDS akibat adanya pelacuran di tengah masyarakat.

*** Bersambung ***

Contoh Lain KIR IPS

Selain contoh diatas yang dibahas dalam kumpulan tugas sekolahku, Tusek juga tentunya akan terus melengkapi contoh-contoh lainnya dengan harapan rekan pelajar dapat lebih leluasa mempelajari beragam referensi yang ada.


Lihat Pelajari 


Di pembahasan kita kali ini hanya contoh itu yang dapat Tusek sajikan tetapi seperti yang saya ungkapnya sebelumnya contoh-contoh tersebut akan selalu ditambah dan diperbarui agar lebih bervariasi. Jika rekan ingin melihat contoh lainnya silahkan dilihat-lihat melalui jendela yang sudah sengaja Tusek buka, hee e e e….. Sampai disini semoga bermanfaat.
Selengkapnya... Contoh KIR IPS: Dampak dan Pengaruh Prostitusi Remaja

Karya Ilmiah Remaja: Pemanfaatan Daun Pepaya

Karya Ilmiah Remaja: Pemanfaatan Daun Pepaya. Tugas sekolah kali ini akan memperbanyak referensi mengenai karya ilmiah remaja khususnya tentang pemanfaatan daun pepaya. Kali ini kita akan mengupas mengenaik beberapa alternatif kajian dengan bahan daun pepaya agar dapat dimanfaatkan secara lebih optimal karena selama ini daun pepaya tidaklah memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Tugas karya ilmiah remaja: pemanfaatan daun pepaya

Berbeda dengan karya ilmiah pemanfaatan umbi gadung, kali ini kita akan mendalami mengenai daun pepaya. Tujuan penulisan dan pembahasan artikel Tusek kali ini adalah untuk memperkaya dan menambah referensi bacaan guna membantu rekan pelajar dalam menyelesaikan tugas penelitian dan penyusunan sebuah karya ilmiah khususnya yang mengenai pemanfaatan daun pepaya. Dengan pembahasan kita kali ini diharapkan rekan pelajar akan lebih mudah dan mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan tujuan diberikannya tugas tersebut. Apa yang dibagikan ini bukan merupakan bahan contekan tetapi sebuah bahan rujukan dan perbandingan saja, jadi reka sekolah diharapkan mampu menyusun dan menyelesaikan tugas sekolahnya dengan usaha sendiri.

Kumpulan ide karya ilmiah remaja: pemanfaatan daun pepaya

Pemanfaatan daun pepaya agar memiliki nilai jual atau nilai ekonomi yang lebih tinggi merupakan salah satu ide yang sangat menarik untuk dikembangkan dan dilakukan penelitian lebih lanjut. Hal ini mengingat selama ini daun pepaya hanya dimanfaatkan untuk makanan pendamping yang tidak begitu diminati oleh banyak kalangan. Selain itu mudahnya dan banyaknya tumbuhan ini dijumpai di lingkungan kita merupakan asset berharga sebagai bahan dasar yang berlimpah sehingga jika mampu dimanfaatkan lebih lanjut akan sangat menguntungkan. Agar memberikan gambaran ide apa saja yang berkaitan dengan pemanfaatan daun pepaya ini berikut akan Tusek bagikan beberapa saran ide yang dapat kita kembangkan dan kita uji dalam sebuah penelitian karya ilmiah remaja. Ide judul kir pemanfaatan daun pepaya adalah sebagai berikut:

Pemanfaatan daun pepaya sebagai bahan dasar pembuatan kerikip

Dewasa ini banyak sekali macam-macam kripik yang dibuat dari bahan-bahan yang tidak seperti biasanya. Sebagai contoh sudah banyak beredar keripik dari daun mantang yang berbahan dasar daun mantang, ada juga keripik yang terbuat dari bahan dasar buah dan lain-lain. Dengan alasan itu tidak ada salahnya jika kita mengkaji apakah daun pepaya yang mempunyai rasa pahit ini dapat digunakan menjadi keripik yang memiliki rasa yang khas dan diterima dipasaran.

Pemanfaatan daun pepaya sebagai bahan campuran obat herbal

Sebenarnya sudah jelas bahwa daun pepaya ini, menurut beberapa sumber, banyak mengandung zat yang bermanfaat sebagai obat. Meski demikian tetap saja kita harus melalukan pengkajian atau penelitian yang mendalam apakah daun ini dapat dimanfaatkan sebagai campuran bahan obat herbat. Dengan penelitian dan kajian yang lebih mendalam kita dapat mengetahui seberapa besar daya gunanya dan atau efek sampingnya jika dikombinasikan dengan bahan obat lainnya.

Pemanfaatan daun pepaya sebagai bahan alternatif pengusir nyamuk

Dengan rasanya yang pahit itulah kita dapat menganalisa apakah daun pepaya dapat kita gunakan untuk menyusir serangga khususnya nyamuk.

Itulah mungkin beberapa ide kajian yang dapat diperhitungkan untuk dikembangkan lagi menjadi sebuah penemuan yang bermanfaat. Ide-ide tersebut hanya merupakan gagasan mentah yang masih harus dikaji kebenarannya sebelum diterapkan dalam kehidupan jadi sangatlah cocok untuk rekan pelajar yang sedang menggarap sebuah karya ilmiah remaja.

Contoh karya ilmiah remaja: pemanfaatan daun pepaya

Sebagai perbandingan saja Tusek juga akan memberikan satu contoh karya ilmiah remaja pemanfaatan daun pepaya ini sehingga rekan pelajar dapat menganalisa pokok-pokok apa saja yang mungkin dapat dikaji lebih dalam lagi. Perlu diingat bahwa yang akan dibagikan berikut ini hanya sebagai contoh dan gambaran saya yang kebenarannya mungkin masih perlu banyak kajian yang lebih serius dan mendalam.

Lihat Contoh 



Demikianlah tambahan referensi yang Tusek bagikan kali ini mengenai karya ilmiah remaja, semoga dapat membantu dan memberikan informasi dan inspirasi positif guna memperlancar proses belajar.
Selengkapnya... Karya Ilmiah Remaja: Pemanfaatan Daun Pepaya

Monday, February 11, 2013

Tugas: Contoh Hikayat Hang Tuah

Tugas: Contoh Hikayat Hang Tuah. Baru sedikit sekali tugas mengenai contoh hikayat yang Tusek bagikan di blog ini, karena itu kali ini contoh hikayat hang tuah sengaja Tusek paparkan untuk melengkapi bahan belajar dan tugas-tugas yang mungkin sedang rekan pelajar kerjakan. Menarik atau tidak cerita hikayat yang satu ini silahkan ikuti pembahasan Tusek berikut.

Contoh Analisis hikayat Hang Tuah

Seperti cerita-cerita lain, hikayat hang tuah ini juga dapat kita analisis untuk melatih pemahaman kita mengenai cerita hikayat. Dengan menganalisis hikayat hang tuah kita dapat menggali lebih dalam mengenai unsur instrinsik hikayat hang tuah dan juga mungkin unsur ekstrinsik hikayat hang tuah.

Pesan moral juga dapat kita pelajari lebih dalam jika kita melakukan analisis pada contoh hikayat yang kita bahas kali ini. Jika rekan berniat melakukan analisis maka analisis tersebut dapat berupa:
  1. Analisis unsur instrinsik hikayat hang tuah 
  2. Analisis unsur ekstrinsik hikayat hang tuah 
  3. Analisis tokoh dan penokohan hikayat hang tuah 
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh analisis berikut:

Unsur Intrinsik “Hikayat Hang Tuah”
Tema : Tentukan tema untuk hikayat hang tuah ini 
Alur : bagaimana alur cerita dari hikayat ini
Tokoh : siapa saja tokoh yang terlibat
Perwatakan : bagaimana perwatakan tokoh-tokoh dalam cerita hang tuah
Latar : tentukan latar tempat, waktu
Sudut Pandang : bagaimana cerita ini diceritakan (missal: orang ketiga serba tahu)
Amanat : pesan yang terkandung dalam cerita

Cuplikan Cerita hikayat Hang Tuah 

Agar rekan dapat mempertimbangkan akan mengambil hikayat ini atau tidak untuk tugas yang akan dikerjakan maka berikut ini Tusek berikan cuplikan cerita hikayat hang tuah untuk dibaca. Setelah rekan membaca cuplikannya dan merasa ingin membaca keseluruhan, maka rekan dapat dapat menyalin hikayat ini melalui ruang sebelah yang sudah saya sediakan.



Salin Copy

Hikayat Hang Tuah

Pada suatu ketika ada seorang pemuda yang bernama Hang Tuah, anak Hang Mahmud. Mereka bertempat tinggal di Sungai Duyung. Pada saat itu, semua orang di Sungai Duyung mendengar kabar teng Raja Bintan yang baik dan sopan kepada semua rakyatnya. Ketika Hang Mahmud mendengar kabar itu, Hang Mahmud berkata kepada istrinya yang bernama Dang Merdu,”Ayo kita pergi ke Bintan, negri yang besar itu, apalagi kita ini orang yang yang miskin. Lebih baik kita pergi ke Bintan agar lebih mudah mencari pekerjaan.”

Lalu pada malam harinya, Hang Mahmud bermimpi bulan turun dari langit. Cahayanya penuh di atas kepala Hang Tuah. Hang Mahmudpun terbangun dan mengangkat anaknya serta menciumnya. Seluruh tubuh Hang Tuah berbau seperti wangi-wangian. Siang harinya, Hang Mahmud pun menceritakan mimpinya kepada istri dan anaknya. Setelah mendengar kata suaminya, Dang Merdu pun langsung memandikan dan melulurkan anaknya. Setelah itu, ia memberikan anaknya itu kain,baju, dan ikat kepala serba putih. Lalu Dang Merdu member makan Hang Tuah nasi kunyit dan telur ayam, ibunya juga memanggil para pemuka agama untuk mendoakan selamatan untuk Hang Tuah.
***

Hanya sebatas pembahasan diataslah Tusek dapat menghantarkan bahan-bahan yang mungkin bermanfaat untuk membantu rekan pelajar dalam menyelesaikan tugas dari guru di sekolah. Semoga tugas contoh hikayat hang tuah dapat bermanfaat dan meningkatkan pemahaman dan nilai rekan pelajar semua. Jangan lupa untuk berlangganan dengan email rekan semua
Selengkapnya... Tugas: Contoh Hikayat Hang Tuah

Tugas Garapan: Naskah Drama Sekolah

Tugas Garapan: Naskah Drama Sekolah. Pusing dengan banyaknya tugas sekolah salah satunya tugas garapan naskah drama sekolah yang menyita lebih banyak waktu dan fikiran. Mencari bahan tugas garapan untuk naskah drama sekolah ini juga tidaklah begitu mudah, memang banyak bahan untuk tugas ini namun kita harus kerja keras memilih dan menyaring semua bahan yang sesuai dengan tugas garapan: naskah drama sekolah yang sedang kita kerjakan, ribet deh pokoknya.

Pusing Mencari Contoh Naskah Drama Sekolah

Bergegas, setelah mendapatkan mandat dan perintah dari guru tentang tugas garapan ini, kami sepakat untuk segera bertindak, dan langkah pertama kami adalah mengumpulkan bahan yang sesuai dengan tugas kami yaitu mencari contoh naskah drama. Dengan kerja tim yang kompak kami mendapatkan banyak bahan tentang drama, berikut beberapa bahan yang pernah kami kumpulkan.


Lihat Contoh

Materi dan Koleksi Naskah Drama Sekolah

Pertama yang kami cari adalah mengenai materi tentang drama, hal ini tentunya untuk memastikan bahwa kami memiliki pemahaman yang diperlukan untuk tugas garapan kali ini. Berikut beberapa yang kami dapatkan:
  1. Drama (Materi)
  2. Kumpulan Naskah Drama Cerita Rakyat
  3. Naskah Drama Cerita Legenda Indonesia
  4. Naskah Drama Terlengkap

Bahan dan Contoh Naskah Drama Sekolah

Setelah mendapat beberapa materi dan dirasa cukup, langkah kedua adalah mengumpulkan beberapa contoh naskah drama yang dapat kami jadikan bahan acuan dalam menyusun sebuah naskah drama untuk tugas garapan yang sedang kami susun. Berikut ini beberapa contoh naskah drama sekolah yang pernah kami dapatkan dari Tusek:
  1. Contoh Naskah Drama 5 Pemain 
  2. Contoh Naskah Drama 6 Pemain 
  3. Contoh Naskah Drama 7 Pemain 
  4. Naskah Drama 8 Pemain 
  5. Naskah Drama 7 Pemain (Bagian 2) 
  6. Naskah Drama 7 Pemain (Bagian 1) 
  7. Naskah Drama 5 Pemain (Bagian III) 
  8. Naskah Drama 5 Pemain (Bagian II) 
  9. Naskah Drama 5 Pemain (Bagian I) 
Selain contoh diatas kami juga masih banyak mendapatkan contoh lain yang siap kami jadikan bahan pembelajaran untuk tugas.

Pilihan Contoh Naskah Drama Sekolah

Setelah dirasa cukup dengan contoh-contoh naskah drama sekolah, kami mulai melakukan pemilihan untuk beberapa contoh yang akan kami jadikan acuan. Berikut ini contoh yang pernah kami pertimbangkan untuk tugas ini.


Salin Copy Contoh

Update Contoh Naskah Drama Sekolah

Berikut ini saya sertakan sebuah update terbaru dari naskah drama yang dapat digunakan sebagai contoh dalam menyusun tugas garapan drama yang mungkin dapat membantu rekan semua. Silahkan dilihat-lihat dulu beberapa kemungkinan contoh dan tema untuk drama yang dapat diambil melalui tautan berikut:


Setelah menyelesaikan beberapa tahap diatas, waktunya bagi kami untuk menyusun tugas garapan kami sendiri dengan melihat dan mempelajari dari contoh-contoh yang kami rasa menarik untuk dipelajari. Dengan berjibaku dengan waktu akhirnya kami dapat menyelesaikan naskah drama sekolah yang kami perlukan untuk tugas garapan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Selengkapnya... Tugas Garapan: Naskah Drama Sekolah

Naskah Drama Sekolah: Papa Aku Ingin Pulang

Naskah Drama Sekolah: Papa Aku Ingin Pulang. Hi rekan pelajar semua… Hari ini saya akan mencoba berbagi naskah drama sekolah yang baru lagi, yaitu naskah drama sekolah dengan judul Papa Aku Ingin Pulang. Naskah drama sekola papa aku ingin pulang ini merupakan naskah drama komedi yang mengisahkan suka dan duka kehidupan seorang pelajar perantauan atau sering disebut anak kost. Tusek yakin yang satu ini dapat menghibur dan menambah perbendaharaan referensi untuk mengerjakan garapan pementasan drama.


Lihat Juga


Naskah drama aku ingin pulang ini merupakan karya asli Tusek yang sengaja dibuat sebagai bahan kajian belajar, dan, naskah drama ini terdiri dari 2 bahasa (Naskah Drama Sekolah Indonesia- Inggris) yang siap untuk dipentaskan. Dengan kelebihan dua bahasa sekaligus ini tentunya akan memudahkan kita dapat mengembangkan ide dari naskah drama ini, selain itu tentunya dapat kita manfaatkan untuk memperdalam kemampuan kita dalam bahasa Inggris.

Cuplikan naskah drama sekolah: papa aku ingin pulang

Karena naskah drama ini sedikit lebih panjang dari yang lain – meski sebenarnya masih tergolong naskah drama singkat – rekan pelajar dapat membacanya di ruangan sebelah. Agar lebih mantap saya sediakan cuplikan naskah drama sekolah berjudul papa aku ingin pulangnya. Berikut silahkan disimak cuplikan naskah drama sekolahnya.

Papa Aku Ingin Pulang
Naskah Drama Sekolah

Pemain
Pak Sangar (pemilik asrama Putra, galak dan bawel seperti cewek)
Albert (Anak kota yang ceroboh)
Bejo (Anak kampong yang pantang menyerah)
Sintasari (Siswi cerewet, bawel dan usil)
Purbasari (Primadona sekolah)

Suatu pagi, terdengar suara gaduh di Asrama Putra Sang Juara

Pak Sangar
Ada apa kalian ini pagi-pagi sudah rebut begitu seperti anak ayam kurang makan?

Albert
Bukan saya pak, Bejo yang bikin ulah duluan

Bejo
Albert yang mau main serobot saja pak, sedangkan saya sudah dari tadi mengantri giliran mandi.

Albert
Tapi kamu yang mendorong saya hingga jatuh! Lihat, handuk saya saja sampai basah jatuh kecomberan begini!!

Pak Sangar
Kalian ini seperti kucing dan anjing saja, setiap hari ribut melulu, apa kalian tidak sadar kalau hari sudah siang. Kalau kalian ingin tidak menganti seharusnya kalian bangun lebih pagi! Jangan tidur kaya kebo! (Oceh pak sangar sambil meninggalkan mereka berdua)

Setelah pak Sangar pergi mereka tiba-tiba terdiam membisu

Bejo & Albert: telaaaaaaaaaaat………(berteriak sambil masuk kamar masing-masing)

Akibat tragedy pagi tersebut, akhirnya mereka tidak sempat mandi pagi dan langsung berangkat sekolah, itupun dengan perut kosong yang melilit karena belum diisi makanan.

***bersambung*** 

Itulah tadi salah satu cuplikan tragedi memalukan yang dialami albert dan bejo di asrama mereka, sesampainya disekolah masih ada tragedi lain yang pasti akan membuat rekan pelajar semua tertawa terbahak-bahak 

(Coba bayangkan ada seorang cowok ganteng datang buru-buru kekelas menabrak Ibu gurunya dan saat ibu guru tersebut hendak memarahi mereka karena kecerobohannya ibu guru tersebut mendapati resleting si ganteng tersebut masih setengah tiang, ibu guru tersebut tak ayal langsung terpingkal diikuti suara tawa gaduh anak-anak lain di kelas).

Pelajari naskah drama sekolah: papa aku ingin pulang

Buat rekan pelajar yang berminat dan ingin mempelajari naskah drama komedi ini dapat mempelajari atau menyalin naskah drama ini melalui ruang yang Tusek sediakan. Jangan lupa untuk mengembangkan lebih jauh ide-ide naskah ini sehingga memenuhi kebutuhan yang rekan pelajar inginkan untuk tugas naskah drama sekolah yang diberikan oleh guru. 


Salin Copy dan Pelajari 




Jika dirasa membantu dan ingin selalu mendapatkan pembaruan dari naskah drama lainnya silahkan Berlangganan dengan email rekan untuk tugas sekolah yang akan terus ditambah di blog ini.

Selengkapnya... Naskah Drama Sekolah: Papa Aku Ingin Pulang