Wednesday, February 6, 2013

Tari Sumatra

Tari Sumatra. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang seni tari yaitu tari daerah sumatra. Didalamnya kita akan melihat sekilas tentang tari sumatra baik itu sejarah tari, asal daerah, peralatan tari maupun sinopsis dari tarian daerah tersebut. Berikut ulasan lengkapnya tentang tari daerah sumatra.

Tari piring – Minangkabau, Sumatra Barat

Sinopsis
Pada awalnya dulu kala tari piring diciptakan untuk memberi persembahan kepada para dewa ketika memasuki masa panen, tapi setelah datangnya agama islam di Minangkabau tari piring tidak lagi untuk persembahan para dewa tapi ditujukan bagi majlis-majlis keramaian yang dihadiri oleh para raja atau para pembesar negeri, tari piring juga dipakai dalam acara keramaian lain misalnya seperti pada acara pesta perkawinan.


Salin Copy Materi


Mengenai waktu kemunculan pertama kali tari piring ini belum diketahui pasti, tapi dipercaya bahwa tari piring telah ada di kepulaian melayu sejak lebih dari 800 tahun yang lalu. Tari piring juga dipercaya telah ada di Sumatra barat dan berkembang hingga pada zaman Sri Wijaya. Setelah kemunculan Majapahit pada abad ke 16 yang menjatuhkan Sri ... Selengkapnya

Tari Sumatra Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes