Wednesday, February 6, 2013

Seni Tari - Tari Maluku

Tari Maluku. Kali ini kita akan membahas tentang tari daerah yaitu tari daerah maluku. Maluku Utara adalah salah satu provinsi di bagian timur Indonesia yang banyak menyimpan keindahan alam yang memukau serta seni dan budaya yang menarik. Salah satu seni dan budaya menarik yang dapat anda saksikan ketika berkunjung kesana adalah seni tari. Berikut ini adalah beberapa tari daerah maluku yang terkenal.

Tari Cakalele 

Sinopsis
Cakalele merupakan tarian tradisional Maluku yang dimainkan oleh sekitar 30 laki-laki dan perempuan. Para penari cakalele pria biasanya menggunakan parang dan salawaku sedangkan penari wanita menggunakan lenso (sapu tangan). Cakelele merupakan tarian tradisional khas Maluku.


Salin Copy Materi


Para penari laki-laki mengenakan pakaian perang yang didominasi oleh warna merah dan kuning tua. Di kedua tangan penari menggenggam senjata pedang (parang) di sisi kanan dan tameng (salawaku) di sisi kiri, mengenakan topi terbuat dari alumunium yang diselipkan bulu ayam berwarna putih. Sementara, penari perempuan mengenakan pakaian warna putih sembari menggenggam sapu tangan (lenso) di kedua tangannya. Para penari Cakalele yang...Selengkapnya