Friday, February 8, 2013

Tugas: Flora dan Fauna di Kepulauan Indonesia

Tugas: Flora dan Fauna di Kepulauan Indonesia. Sebenarnya Tusek pernah membahas tentang materi tugas flora dan fauna di Indonesia dan pembahasannya merupakan pembahasan secara spesifik dari masing-masing topik. Untuk melengkapi pembahasan sebelumnya kali ini Tusek akan memberikan paparan lebih lanjut mengenai tugas flora dan fauna di Indonesia khususnya dikepulauan Indonesia. 


Salin Copy Gambar dan Keterangan

Keanekaragaman Flora dan Fauna di Kepulauan Indonesia

Flora dan fauna di kepulauan Indonesia merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya, karena sebagai Negara yang beriklim tropis, Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat mengagumkan. Di kepulauan Indonesia kita dapat menjumpai berbagai macam flora dan fauna yang tidak ditemukan di Negara lain.

Jika kita browsing gambar mengenai flora dan fauna Indonesia kita akan banyak mendapatkan berbagai macam flora dan fauna yang sangat indah dan menarik yaitu mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Pada masa-masa terdahulu flora dan fauna ini sangat beragam dan jumlahnya banyak namun seiring berjalannya waktu flora dan fauna tersebut semakin jarang ditemukan bahkan mungkin ada yang telah punah.

Keragaman yang berkurang ini tidak lain dan tidak bukan adalah disebabkan karena keadaan habitat dan lingkungan tinggal mereka yang semakin rusak dan semakin sedikit karena berbagai hal. Tetapi untungnya kita masih dapat menemukan keragaman tersebut saat ini meski lebih sedikit.

Pelestarian Flora dan Fauna di Kepulauan Indonesia

Laju pertumbuhan dan perkembangan dunia modern yang semakin pesat telah mengikis dan merusak habitat asli dari kekayaan Indonesia ini. Banyak sekali kerusakan hutan dan penebangan hutan yang terjadi dan secara langsung pasti berkaitan dengan penestarian hewan dan tumbuhan yang ada. Meski demikian masih ada segelintir orang yang peduli dan mengusahakan untuk melakukan pelestarian atas kekayaan flora dan fauna yang ada di kepulauan nusantara ini.

Meski sangat berat, perjuangan mereka melestarikan flora dan fauna tentunya sangatlah berarti dan perjuangan tersebut akan lebih ringan, bermakna dan mempunyai keberhasilan yang tinggi jika kita juga ikut berperan aktif dalam melakukan pelestarian. Tetapi, kapan rekan semua akan bergabung dengan mereka yang berjuang melestarikan flora dan fauna tersebut? Saya tunggu kabar gembira bergabungnya rekan semua dalam melakukan pelestarian.

Contoh-contoh Flora dan Fauna di Kepulauan Indonesia

Tak lengkap rasanya membahas flora dan fauna di kepulauan Indonesia jika tidak melihat beberapa foto dan gambar keindahan flora dan fauna tersebut sebagai contoh. Akan sangat panjang jika Tusek tampilkan contoh-contoh flora dan fauna tersebut disini, selain itu Tusek juga telah membahas contoh ini sebelumnya, so lihat contohnya melalui link berikut:
  1. Fauna Identitas Provinsi 
  2. Flora Identitas Provinsi 
  3. Flora Dan Fauna Pulau Kalimantan 
  4. Flora Dan Fauna Pulau Sumatra 
  5. Flora dan Fauna Pulau Jawa 
  6. Flora dan Fauna Provinsi Sulawesi