Wednesday, February 6, 2013

Tari Yogyakarta (DIY)

Tari Yogyakarta (DIY). Masih tentang seni tari, kali ini giliran tari Yogyakarta yang akan kita bahas. Untuk rekan pelajar yang sedang mempelajari tarian dari daerah Yogyakarta berikut ini akan kita bahas beberapa tari daerah Yogyakarta. Berikut selengkapnya mengenai tari Yogyakarta (DIY).

Tari Angguk (Daerah Istimewa Yogyakarta)

Sinopsis
Kesenian Angguk merupakan satu dari sekian banyak jenis kesenian rakyat yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kesenian angguk berbentuk tarian disertai dengan pantun-pantun rakyat yang berisi pelbagai aspek kehidupan manusia, seperti: pergaulan dalam hidup bermasyarakat, budi pekerti, nasihat-nasihat dan pendidikan. 



Salin Copy Materi

Dalam kesenian ini juga dibacakan atau dinyanyikan kalimat-kalimat yang ada dalam kitab Tlodo, yang walaupun bertuliskan huruf Arab, namun dilagukan dengan cengkok tembang Jawa. Nyanyian tersebut dinyanyikan secara bergantian antara penari dan pengiring tetabuhan. 

Selain itu, terdapat satu hal yang sangat menarik dalam kesenian ini, yaitu adanya pemain yang “ndadi” atau mengalami trance pada saat puncak pementasannya. Sebagian masyarakat Yogyakarta percaya bahwa penari angguk yang dapat “ndadi” ini memiliki “jimat”... Baca selengkapnya

Agar tidak terlalu bosan dengan materi yang banyak itu saja dulu tentang tari Yogyakarta, buat rekan yang masih ingin mempelajari seni tari Yogyakarta lainnya silahkan ikuti tautan diatas.

Tari Yogyakarta (DIY) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko