Tuesday, January 15, 2013

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Kuliah pada sembarang tempat tanpa mempertimbangkan apapun? Sebaiknya anda berfikir lagi untuk melanjutkannya. Memilih perguruan tinggi merupakan hal yang sangat penting yang akan menentukan masa depan kita, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan survey dan mempelajari perguruan tinggi yang akan kita pilih. Berikut akan saya paparkan mengenai beberapa pertimbangan penting yang harus anda lakukan sebelum memutuskan untuk memilih perguruan tinggi tertentu.

Ilustrasi Keadaan Mahasiswa
Ilustrasi Mahasiswa
Sumber: ridwansyahyusufachmad

Pentingnya memilih perguruan tinggi

Kenapa kita harus repot-repot memilih perguruan tinggi, bukankah kuliah dimanapun itu merupakan hal baik untuk mengembangkan ilmu? Nah, pertanyaan tersebut akan menjadi tolak ukur penelusuran kita mengenai alasan pentingnya memilih perguruan tinggi. Anda tentunya tidak mau bukan, menjadi seorang sarjana yang gagal dan cuma menjadi beban pemerintah? Berikut dua alasan yang harus diperhatikan.

Alasan akademis

Tidak semua perguruan tinggi memiliki kualifikasi akademis yang sesuai dengan kebutuhan kita dimasa yang akan datang. Memang tidak dipungkiri, setiap perguruan tinggi selalu melakukan perbaikan dan inovasi namun tidak semua sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk alasan akademis ini kita dapat mempertimbangkan akreditasi perguruan tinggi tersebut, selain itu ada beberapa hal lain yang harus kita pertimbangkan yaitu:

  1. Profil pengajar. Asal perguruan tinggi pengajar, gelar, pengalaman.
  2. Kurikulum. Jenis kurikulum yang dipakai
  3. Media Belajar. Perpustakaan dan media online

Alasan non akademis

Banyak rekan mahasiswa yang terpaksa harus drop out atau mengundurkan diri dari sebuah perguruan tinggi hanya karena alasan yang sepele yaitu mereka tidak betah dengan peraturan dan lingkungan suasana kampus. Untuk alasan itulah saya sangat menyarankan kepada kalian yang merasa memiliki sensitifitas lebih tinggi terhadap keadaan lingkungan dan peraturan untuk benar-benar mempertimbangkan hal ini. Sebagai contoh seseorang yang cenderung suka terhadap seni akan merasa kurang nyaman jika kuliah di perguruan tinggi yang kurang mementingkan kesenian.

Beberapa pertimbangan saat memilih perguruan tinggi

Dari beberapa alasan yang telah saya kemukakan diatas ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan sebelum kita memilih perguruan tinggi yaitu sebagai berikut:

Profil perguruan tinggi

Amatilah bagaimana profil perguruan tinggi yang akan anda pilih; popularistasnya didalam masyarakat, dalam dunia usaha dan lain-lain yang berkaitan dengan citra dan nama baik kampus.

Sarana dan prasarana perguruan tinggi

Pelajari dengan seksama mengenai sarana dan prasarana yang disediakan oleh kampus, apakah sudah memenuhi standar yang anda butuhkan nanti saat belajar disana. Semakin banyak dan baik sarana dan prasarana ini akan semakin mudah kita mengoptimalkan ilmu kita disana.

Prosentase keberhasilan lulusan

Perguruan tinggi yang bagus bukanlah perguruan tinggi yang memiliki nama baik atau fasilitas yang super mewah tetapi perguruan tinggi yang mampu menghasilkan lulusan yang berhasil dalam dunia kerja. Dalam hal ini anda harus melakukan survei tentang alumni lulusan perguruan tinggi tersebut, berapa yang berhasil dan berapa yang tidak.

Hubungan perguruan tinggi dengan dunia luar

Perhatikan pula hubungan perguruan tinggi yang akan anda pilih dengan dunia luar. Hubungan ini dapat meliputi hubungan perguruan tinggi dengan dunia usaha, hubungan perguruan tinggi dengan instansi pemerintahan, hubungan perguruan tinggi dengan masyarakat umum, hubungan perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lain, hubungan perguruan tinggi dengan lembaga luar negeri dan lainnya. Hal ini perlu dilakukan mengingat seorang lulusan terkadang tidak hanya dilihat dari kemampuan yang dimiliki melainkan juga dari perguruan tinggi tempatnya berasal. Semakin luas hubungan perguruan tinggi tersebut akan semakin memudahkan lulusannya dalam meniti kariri disunia usaha dan industri.

Susahnya Mencari Pekerjaan
Ilustrasi Pencari Kerja
Sumber: denblangkon.blogspot
Masih ada hal lain yang harus dipertimbangkan sebelum memilih perguruan tinggi tetapi setidaknya beberapa hal diatas merupakan hal yang jangan sampai dilewatkan saat kita akan memilih perguruan tinggi. Jangan sampai kita asal masuk perguruan tinggi lalu keluar ditengah jalan, apalagi lulus dan menjadi sarjana yang tidak berguna.

Note:
Edu Site
Gov Site

Tips Memilih Perguruan Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko