Wednesday, September 24, 2014

Kumpulan Cerpen Singkat Terbaru Berbagai Tema

Cerpen Singkat - Adik di rumah dua hari ini ribut terus minta dibuatkan sebuah cerpen singkat, katanya untuk tugas di sekolah. Kenapa tidak mencari di internet saja, kan banyak sekali berbagai contoh cerita pendek yang bisa dipelajari? Malas, itulah penyakit anak sekarang, tentu rekan semua tidak begitu bukan?

Kumpulan Cerpen Singkat Terbaru Berbagai Tema

Ya, tenang saja, untuk rekan semua yang kesulitan mencari cerpen singkat yang hanya satu lembar atau dua lembar saja anda bisa mencarinya disini. Untuk hiburan dan juga referensi belajar akan diberikan beberapa contoh dari berbagai tema. 


Untuk apa sih biasanya cerpen tersebut? Dalam pembelajaran bahasa Indonesia biasanya siswa sekolah akan diajarkan tentang cerpen, nah biasanya di akhir pertemuan siswa akan diberikan tugas untuk membaca cerpen, mencari cerpen singkat dan juga mungkin melakukan analisa terhadap cerpen tersebut. Berbeda-beda, tergantung kelasnya mungkin. 

Tugas yang paling mudah berkaitan dengan materi ini adalah mencari contoh cerpen singkat, namun ada beberapa tugas lain yang juga sering diberikan misalnya:

a. Menganalisa unsur intrinsik cerpen
b. Menganalisa ekstrinsik cerpen
c. Menganalisa tokoh dan penokohan
d. Menganalisa tema dan pesan moral
e. Analisa gaya bahasa cerpen dst

Kalau mendapatkan tugas-tugas seperti itu tentu anda membutuhkan cerpen singkat terbaru yang tentunya memiliki tema menarik dan bervariasi. Untuk itulah website ini akan berbagi sedikit mengenai contoh yang anda butuhkan tersebut.

A. Contoh Cerpen Singkat Terbaru

Sebenarnya terserah kita cerpen lama atau baru namun yang jelas dengan cerpen tersebut kita bisa belajar banyak hal. Karena tema ini memang cerita pendek yang singkat jadi kita berikan langsung. Perlu diingatkan, disini tidak ada cerpen sangat singkat yang kurang dari 1 halaman. 

Kenapa, anda tentu masih ingat bukan pengertian cerpen apa? Nah, jadi jangan mencari yang sangat pendek ya, yang membutuhkan silahkan langsung baca saja satu contoh yang akan diberikan berikut. 

Kisah Seorang Penjual Koran
Kumpulan Tugas Sekolahku

Di ufuk timur, matahari belum tampak. Udara pada pagi hari terasa dingin. Alam pun masih diselimuti embun pagi. Seorang anak mengayuh sepedanya di tengah jalan yang masih lengang. Siapakah gerangan anak itu? Ia adalah seorang penjual Koran, yang bernama Ipiin.

Menjelang pukul lima pagi, ia telah sampai di tempat agen koran dari beberapa penerbit. “Ambil berapa Ipiin?” tanya Bang Ipul. “Biasa saja.”jawab Ipiin. Bang Ipul mengambil sejumlah koran dan majalah yang biasa dibawa Ipiin untuk langganannya. Setelah selesai, ia pun berangkat.

Ia mendatangi pelanggan-pelanggan setianya. Dari satu rumah ke rumah lainnya. Begitulah pekerjaan Ipiin setiap harinya. Menyampaikan koran kepada para pelanggannya. Semua itu dikerjakannya dengan gembira, ikhlas dan rasa penuh tanggung jawab.

Ketika Ipiin sedang mengacu sepedanya, tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam. Ipiin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu dan merasa ketakutan karena akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom dimana-mana. Ipiin khawatir benda itu adalah bungkusan bom. Namun pada akhirnya, ia mencoba membuka bungkusan tersebut. Tampak di dalam bungkusan itu terdapat sebuah kardus. 

“Wah, apa isinya ini?’’tanyanya dalam hati. Ipiin segera membuka bungkusan dengan hati-hati. Alangkah terkejutnya ia, karena di dalamnya terdapat kalung emas dan perhiasan lainnya. “Wah apa ini?”tanyanya dalam hati. “Milik siapa, ya?” Ipiin membolak-balik cincin dan kalung yang ada di dalam kardus. Ia makin terperanjat lagi karena ada kartu kredit di dalamnya. “Lho,…ini kan milik Pak Edison. Kasihan sekali Pak Edison , rupanya ia telah kecurian.”gumamnya dalam hati.

Apa yang diperkirakan Ipiin itu memamg benar. Rumah Pak Edison telah kemasukan maling tadi malam. Karena pencuri tersebut terburu-buru, bungkusan perhiasan yang telah dikumpulkannya terjatuh. Ipiin dengan segera memberitahukan Pak Edison. Ia menceritakan apa yang terjadi dan ia temukan. Betapa senangnya Pak Edison karena perhiasan milik istrinya telah kembali. Ia sangat bersyukur, perhiasan itu jatuh ke tangan orang yang jujur. 

Sebagai ucapan terima kasihnya, Pak Edison memberikan modal kepada Ipiin untuk membuka kios di rumahnya. Kini Ipiin tidak lagi harus mengayuh sepedanya untuk menjajakan koran. Ia cukup menunggu pembeli datang untuk berbelanja. Sedangkan untuk mengirim koran dan majalah kepada pelanggannya, Ipiin digantikan oleh saudaranya yang kebetulan belum mempunyai pekerjaan. Itulah akhir dari sebuah kejujuran yang akan mendatangkan kebahagiaan di kehidupan kelak.


B. Kumpulan Cerpen Singkat Berbagai Tema

Untuk memberikan referensi yang cukup maka perlu disiapkan bahan yang tidak cuma satu dua tetapi banyak. Untuk itulah melalui artikel ini anda bisa mendapatkan banyak cerpen singkat dengan berbagai tema yang beragam. 

Anda bisa memilih sendiri mana yang paling cocok untuk digunakan sebagai bahan belajar. Beberapa diantara contoh berikut sudah lama diberikan dan yang lain masih tergolong baru. Yang paling baru diletakkan di bagian atas ya. Silahkan dipilih mana yang paling singkat.
  1. Bertemu 3 pocong idiot
  2. Kisah dua gadis kembar
  3. Doa sepasang kekasih
  4. Liburan berujung kutukan
  5. Aku ingin seperti mereka
  6. Gadis Penjaja Tikar
  7. Rindu Merah Jambu
  8. Bunga Busuk
  9. Gulistan
  10. Hening di Ujung Senja
  11. Hulu Silsilah, Hilir Sejarah
  12. Kabut Neraka
  13. Lolongan Tengah Malam
  14. Mbah Kardoen
  15. Otak yang Hilang
  16. Seekor Unta pada Hari Jumat
  17. Tangan-tangan Buntung
  18. Death By Scrabble
  19. The New Religion
  20. The Star
  21. Semangat Roti Isi Keju
  22. Petikan Terakhir Senar Cinta Rafa
  23. Hancurnya Sebuah Harapan
  24. Persahabatan Yang Rapuh
  25. The Kiss
  26. The Wicker Husband
  27. Pengalaman Yang Membawa Perubahan
  28. Aida "Kreol"
  29. Cinta Kosmos
  30. Sahabat Terbaik
  31. Tentang Cinta
Semoga saja, dengan banyaknya referensi dan bahan contoh yang dibahas disini anda bisa lebih mudah lagi belajar. Kalau semua bahannya sudah ada disini sekarang tugas anda adalah rajin belajar, benar tidak?

Iya dong, giat berlatih, agar pandai, mendapatkan nilai yang bagus, berbudi pekerti luhur dan sukses menjadi manusia berguna bagi bangsa dan negara. Itu saja pembahasan mengenai Cerpen Singkat Terbaru Berbagai Tema kali ini, silahkan dibaca contohnya di atas.

Kumpulan Cerpen Singkat Terbaru Berbagai Tema Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Duwa Ananda