Wednesday, February 12, 2014

Surat Tentang Pengaduan Pesanan yang Tidak Lengkap

Surat Tentang Pengaduan Pesanan yang Tidak Lengkap. Contoh surat kali ini akan berbagi sedikit mengenai surat tentang pengaduan pesanan yang tidak lengkap dimana barang yang dikirim tidak lengkap atau tidak sesuai dengan pesanan sebelumnya. Contoh surat pengaduan ini merupakan salah satu jenis surat klaim jual beli. Ingin tahu bagaimana bentuk format dan contoh surat tersebut, mari kita simak bersama-sama berikut ini.

Pengaduan pesanan tidak lengkap ini dapat dilakukan jika dalam sebuah pengiriman pesanan terjadi ketidaksamaan antara barang yang diminta melalui surat pemesanan dengan barang yang dikirim. Ketidaksamaan ini dapat saja berupa ketidaklengkapan barang, ketidaksesuaian spesifikasi barang atau mungkin juga ketidaksesuaian jumlah barang yang dikirim.

Apabila kita dalam hal ini sebagai pembeli (pemesan) mengalami ketidaksesuaian tersebut maka kita dapat mengirimkan surat pemberitahuan seperti ini yang isinya memberitahukan perihal ketidaksesuaian tersebut dan menuntut perbaikan atau pertanggungjawaban si penjual. Perlu kita catat, meskipun kejadian seperti ini merupakan hal yang tidak kita kehendaki dan mengecewakan namun dalam menyusun dan membuat surat pengaduan kita tetap harus mengedepankan etika kerja dan profesionalitas serta tentunya menghindari berbagai bahasa yang tidak sopan dan tidak layak untuk diucapkan oleh seorang profesional.

Untuk dapat memahami lebih dalam mengenai bagaimana seharusnya kita menyusun surat klaim ini maka mari bersama-sama kita kaji sebuah contoh surat pengaduan barang pesanan yang disertakan berikut ini.



Contoh Surat Pengaduan Barang Pesanan


PT. SINGODIMEJO
Jl. Mulawarman No.27
BANDUNGAN
=======================================================


No. : 34/GP/V/2013                                                     27 Mei 2013
Lamp: -
Hal: Pengaduan

PT. SING SINGPRUT
Jl. Ratu Ratuan No. 122
Cingarang

Dengan hormat,

Telah kami terima barang-barang peralatan kantor berdasarkan pesanan tanggal 25 Mei 2012 No. 14/MP/V/2013. Dalam surat pesanan tersebut tercantum pesanan kami sebagai berikut ;

  1. 350 RIM HVS A4
  2. 250 RIM HVS F4

Pada saat kami periksa, ternyata HVS A4 kurang 2 RIM dan HVS F4 kurang 1 RIM. Kami mengerti bahwa hal ini terjadi karena tidak sengaja .

Untuk itu kami mohon kekurangan tersebut segera dikirimkan , atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih .


Hormat kami,
PT. SINGODIMEJO


MODAR

Pembahasan mengenai "Surat Tentang Pengaduan Pesanan Tidak Lengkap" ini sengaja kami berikan agar dapat memperlengkap contoh-contoh surat klaim yang sudah diberikan sebelumnya. Dengan informasi singkat di atas semoga saja kita akan lebih mahir dalam menyusun berbagai klaim pengaduan yang sering terjadi dalam dunia usaha dan industri.

Apabila ada yang kurang jelas, pengunjung semua dapat menghubungi admin untuk dapat berbincang mengenai berbagai pembahasan yang ada dan tidak terkecuali untuk pembahasan ini. Jangan sungkan untuk memberikan kritik dan saran untuk blog ini agar di kemudian hari blog ini dapat menjadi rujukan yang memenuhi standar. Terima kasih, sampai bertemu pada contoh dan format surat berikutnya.

Surat Tentang Pengaduan Pesanan yang Tidak Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah