Friday, December 14, 2012

Menentukan Struktur Atom Berdasarkan Tabel Periodik

Menentukan struktur atom berdasarkan tabel periodik. Sudahkah kalian tahu bagaimana cara menentukan struktur atom berdasarkan tabel periodik? Nah, bagi kalian yang belum tahu silahkan ikuti pembahasan pada topik kali ini mengenai cara menentukan struktur atom berdasarkan tabel periodik.


Salin Materi

Partikel Dasar Penyusun Atom

Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur tersebut. Struktur atom menggambarkan bagaimana partikel-partikel dalam atom tersusun. Atom tersusun atas inti atom dan dikelilingi elektron-elektron yang tersebar dalam kulit-kulitnya. Secara sistematis dapat digambarkan
partikel-partikel subatom sebagai berikut.

Tabel Partikel Dalam Atom

Sebagian besar atom terdiri dari ruang hampa yang di dalamnya terdapat inti yang sangat kecil di mana massa dan muatan positifnya dipusatkan dan dikelilingi oleh elektron-elektron yang bermuatan negatif. Inti atom tersusun atas sejumlah proton dan neutron. Jumlah proton dalam inti atom menentukan muatan inti atom, sedangkan massa inti ditentukan oleh banyaknya proton dan neutron.

Memahami Susunan dari Sebuah Atom

  1. Lihatlah nomor atom dari tabel periodik. Nomor atom selalu lebih kecil dari nomor massa.
  2. Nomor atom merupakan jumlah proton. Oleh karena sifat atom netral, maka nomor atom juga merupakan jumlah elektron.
  3. Susunlah elektron-elektron dalam level-level energi, selalu isi level terdalam sebelum mengisi level luar.
Dua hal penting yang perlu diperhatikan jika Anda melihat susunan dalam tabel periodik.
  1. Jumlah elektron pada tingkat terluar (atau kulit terluar) sama dengan nomor golongan (kecuali helium yang hanya memiliki 2 elektron. Gas Mulia biasa disebut dengan golongan 0 bukan golongan 8). Hal ini berlaku di seluruh golongan unsur pada tabel periodik (kecuali unsur-unsur transisi). Jadi, jika Anda mengetahui bahwa barium terletak pada golongan 2, berarti barium memiliki 2 elektron pada tingkat terluar; iodium merupakan golongan 7 yang berarti iodium memiliki 7 elektron pada tingkat terluar.
  2. Gas mulia memiliki elektron penuh pada tingkat terluar.

Sumber
BSE Kimia SMA Kelas X (Arifatun)