Sunday, August 26, 2018

Materi Peluang Kelas XI SMA, Pengertian Rumus dan Contoh Soal

Salah satu materi SMA kelas XI adalah pembahasan mengenai peluang. Materi peluang di kelas xi ini merupakan materi lanjutan pada kelas x. Karena luasnya penggunaan konsep peluang dalam kehidupan sehari-hari maka berikut akan kita bahas materi peluang kelas xi sma sebagai informasi tambahan pada pelajaran matematika.
Teori peluang, lahir pada abad pertengahan di Prancis. Saat ini teori peluang banyak digunakan di berbagai bidang, seperti asuransi, bisnis, biologi, olahraga, dan kesehatan. 

1) Peluang matematika smk
2) Peluang matematika smp
3) Soal peluang matematika
4) Kumpulan rumus peluang
5) Contoh soal peluang dadu
6) Rumus peluang matematika
7) Makalah peluang matematika smp
8) Materi peluang matematika kelas 11 smk

Salah satunya dapat Anda simak pada uraian berikut ini. Dari hasil penelitian di suatu kota "X" terhadap 1.000 anak diperoleh data sebagai berikut.

1) Peluang anak yang diberi ASI adalah 90%.
2) Peluang anak yang mendapatkan imunisasi campak adalah 60%.
3) Peluang anak yang mendapatkan vaksin Polio adalah 80%.
Dengan menggunakan konsep peluang, Anda dapat menentukan anak yang mendapatkan imunisasi Campak dan vaksin Polio.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada permasalahan menentukan atau mengukur ketidakpastian (kemungkinan). 

Sebagai contoh seseorang akan melakukan perjalanan dari Mojokerto ke Malang setelah terjadi banjir lumpur di porong Sidoarjo. 

Untuk menghindari lumpur, orang itu dapat memilih apakah menggunakan jalur alternatif selain jalur utama. 

Demikian juga pada saat pengumuman kelulusan. Seorang siswa yang menantikan pengumuman mempunyai dua kemungkinan, yaitu lulus atau tidak lulus. Untuk memperdalam materi pada bab ini, pelajarilah kembali materi peluang di kelas IX SMP.

Materi peluang kali ini akan meliputi beberapa topik pembahasan yang berkaitan satu sama lain yaitu sebagai berikut:

1) Kaidah Pencacahan
2) Peluang Suatu Kejadian
3) Kejadian Majemuk
Untuk lebih dalam membahas topik-topik diatas silahkan mengikuti pembahasan lengkapnya dari sub judul diatas.

Permutasi adalah susunan dari semua atau sebagian elemen suatu himpunan yang mementingkan urutannya. Kombinasi adalah susunan dari semua atau sebagian elemen suatu himpunan tidak mementingkan urutannya.

Frekuensi harapan suatu kejadian ialah harapan banyaknya kejadian yang dapat terjadi dari banyak percobaan yang dilakukan. Frekuensi harapan dirumuskan 

Dalam hal ini n : banyak percobaan P(A) : peluang terjadinya kejadian A.

Pada pembahasan materi sma tentang peluang ini memang sengaja tidak dibahas sekaligus dalam satu kesempatan. 

Hal ini bertujuan agar rekan semua bisa lebih santai dan bisa lebih mendalami masing-masing poin sub bagian pembahasan materinya. Harapannya rekan semua bisa mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh.

Dibagian lain pembahasan ini misalnya mengenai kaidah pencacahan atau lainnya juga akan diberikan beberapa latihan soal. 

Nantinya latihan-latihan yang diberikan juga akan dilengkapi juga dengan kunci jawaban sekaligus dengan pembahasannya. Semoga dengan begitu pembahasan materi peluang bisa lebih lengkap.

Materi Peluang Kelas XI SMA, Pengertian Rumus dan Contoh Soal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes