Thursday, May 28, 2015

Contoh Makalah Akibat Pergaulan Bebas

11:43 PM By Kumpulan Tugas ,

Contoh Makalah Akibat Pergaulan Bebas - Pergaulan bebas merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan harus di hindari. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui lebih banyak mengenai berbagai dampak negatif dan pengaruh buruk dari pergaulan yang tidak terkendali tersebut. Maka dari itu, sebagai salah satu sarana dalam mempelajari hal tersebut kita bisa membahas tentang akibat pergaulan bebas dalam sebuah makalah. Tentunya dalam makalah tersebut kita bisa mendapatkan berbagai informasi penting yang bisa membantu kita terhindar dari efek negatif pergaulan tersebut

Pada pembahasan mengenai tugas sekolah kali ini tentu saja kita tidak akan memberikan langsung apa yang disebutkan dengan kata makalah. Yang akan kita bahas lebih kepada bagaimana langkah - langkah yang bisa kita lakukan untuk membuat makalah yang berisi tentang informasi ini. Jadi disini contoh akan diberikan di bagian lain setelah pembahasan mengenai cara penulisan makalah tersebut. 

Jika kita menyusun makalah tentang hal ini maka inti dari pembahasan makalah adalah menguraikan sejelas mungkin mengenai berbagai akibat yang bisa ditimbulkan dari adanya pergaulan bebas. Melihat dari pembahasan tersebut maka sangat penting bagi kita untuk menyusun makalah ini dengan baik berdasarkan data dan informasi yang relevan dan juga terbaru. 

Dalam menyusun makalah ini tidak ada bedanya dengan saat kita menyusun berbagai makalah lain yang ditugaskan. Penyusunannya tentu menggunakan bahasa Indonesia baku dengan mengikuti kaidah penulisan yang telah ditentukan. Sebagai gambaran bagaimana bentuk dari makalah tentang akibat pergaulan bebas tersebut maka mari kita perhatikan contoh daftar isi di bawah ini.

Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi

Bab I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan

Bab II Pembahasan
2.1 Pengertian Pergaulan Bebas
2.2. Akibat Pergaulan Bebas bagi Kesehatan
2.3 Akibat Pergaulan Bebas bagi Kehidupan Moral
2.4 Cara Mencegah Pergaulan Bebas

Bab III Penutup
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran

Daftar Pustaka
Lampiran

Dari contoh daftar isi atau draft makalah tersebut sekarang kita memiliki gambaran mengenai bentuk dari makalah yang akan kita susun. Bisa kita lihat bahwa makalah ini akan memuat penjelasan rinci setidaknya mengenai tiga hal pokok yaitu mengenai definisi, akibat dan juga cara untuk mencegah terjadinya pergaulan bebas. Selanjutnya mari kita pelajari terlebih dahulu latar belakang berikut.

Masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menjadi dewasa yang dimulai umur 8 – 14 tahun. Awal pubertas dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah bangsa, iklim, gizi dan kebudayaan. Secara klinis mulai tumbuh ciri-ciri kelamin sekunder, misalnya : tumbuh rambut pubis, ketiak, timbul jerawat pada wajah, peningkatan berat badan dan tinggi badan, pada wanita mengalami pembesaran buah dada dan pada pria terjadi perubahan pada suara dan tumbuh jakun.

Pada tahun 2000, jumlah penduduk remaja Indonesia 43,6 juta. Sebagian besar remaja (69,3%) – umur kawin pertama dalam usia belia (<18 tahun).

Seks bebas itu sendiri ada kaitannya dengan perilaku yang berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi. Mereka tidak memikirkan akibat dari perbuatan mereka misalnya, mereka bisa terserang virus HIV ataupun bayi yang mereka lahirkan tidak mempunyai status.

Oleh karena itu pemerintah harus mampu mengambil tindakan dan menyaring pengaruh yang berhak dan berdampak negatif bagi para remaja. Begitu pula peran remaja harus mampu mengendalikan diri dan menghindari hubungan seks pra nikah.

Upaya-upaya pencegahan pergaulan bebas adalah dengan menanamkan nilai-nilai agama, moral dan etika, diantaranya : 
  1. Pendidikan agama, moral dan etika dalam keluarga. 
  2. Kerjasama guru dan orangtua, tokoh masyarakat, pendidikan yang diberikan hendaknya tidak hanya kemampuan intelektual, tetapi juga mengembangkan kemauan emosi anak agar dapat mengembangkan rasa percaya diri.


Sebagai tambahan, jika kita menyusun makalah ini maka kita bisa menggunakan rumusan masalah sesuai pada daftar isi di atas. Atau kita bisa melihat contoh Perumusan Masalah yang ada di bawah ini. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut :

  1. Apa akibat dari seks bebas ?
  2. Apa upaya pencegahan seks bebas ?
Dalam pembahasan masalah ini difokuskan pada akibat dari seks bebas yang mana dewasa ini sangat banyak terjadi di kalangan remaja. Untuk selengkapnya silahkan anda Download di Kumpulan Contoh Makalah.

Demikianlah tadi sedikit tentang Contoh Makalah Akibat Pergaulan Bebas kali ini. Mudah-mudahan dengan pembahasan tersebut kita bisa lebih mudah dan terbantu dalam belajar menyusun sebuah makalah khususnya tentang tema ini. Sebagai tambahan, jangan lupa pelajari juga beberapa contoh lain di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat!

Lihat juga tugas...!