Wednesday, June 12, 2019

Bab Sistem Reproduksi Manusia, Biologi SMA Kelas 11

Bab Sistem Reproduksi Manusia: Biologi SMA Kelas 11. Pada bab ini Anda akan mempelajari tentang sistem reproduksi pada manusia. Dengan mempelajari materi pada bab ini diharapkan Anda mampu mengerti dan memahami tentang struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada sistem reproduksi.

Selain itu, diharapkan Anda dapat mengetahui kelainan yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia sehingga dapat mencegah agar tidak mengalami gangguan itu.

Ketika seorang laki-laki dan perempuan menikah di usia dewasa, setelah terjadinya perkawinan biasanya akan menghasilkan anak.

Dengan demikian, ada usaha memperbanyak diri atau keturunan dari mereka. Peristiwa tersebut merupakan bentuk reproduksi pada manusia. Dari suatu pernikahan, setiap pasangan tentu ingin mendapatkan keturunan (anak). 

Dengan memiliki keturunan, maka orang tua, yaitu ayah dan ibu dapat mewujudkan harapan-harapannya. Selain itu, tujuan yang lebih penting adalah dapat melestarikan jenisnya.

Bagaimana urut-urutan yang terjadi dalam proses reproduksi? Untuk mengetahuinya, pelajarilah materi berikut ini dengan baik!

Mengenal Sistem Reproduksi pada Wanita
Biologi SMA: Mengenal Sistem Reproduksi pada Wanita. Anda telah mempelajari tentang alat-alat reproduksi pada laki-laki.

Sekarang kita akan membahas mengenai sistem reproduksi pada wanita pada artikel Biologi SMA: Mengenal Sistem Reproduksi pada Wanita ini. Bagaimana dengan alat-alat reproduksi pada wanita? 

Pelajarilah uraian berikut dengan benar! Alat Reproduksi Wanita Untuk lebih mengetahui dan memahami tentang struktur alat reproduksi pada wanita, cobalah perhatikan Gambar 9.5! Gambar itu memperlihatkan...Selengkapnya

Sistem Reproduksi pada Laki-Laki

Biologi SMA: Mengenal Sistem Reproduksi pada Laki-Laki. Pada materi biologi sma kali ini kita akan coba mempelajari tentang sistem reproduksi pada laki-laki. Manusia berkembang biak dengan cara kawin atau seksual. 

Dalam proses itu diperlukan alat-alat reproduksi, baik alat reproduksi wanita maupun laki-laki. Bagaimana cara kerja masing-masing bagian-bagian organ reproduksi itu? Pelajarilah materi berikut dengan baik! 

Alat Reproduksi Laki-Laki Alat reproduksi pada laki-laki dibagi menjadi dua macam yaitu alat reproduksi luar dan alat reproduksi...Selengkapnya

Kelainan pada Organ Reproduksi

Pelajaran Biologi: Kelainan pada Organ Reproduksi. Kelainan organ reproduksi biasanya menyebabkan ketidakmampuan hamil/infertilitas. Sekitar 10% dari pasangan hasil perkawinan mempunyai problem ini. 

Hampir 30% infertilitas ini disebabkan faktor pria. Beberapa jenis kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi adalah sebagai berikut.

Penyempitan Saluran Telur/OvidukKelainan ini merupakan faktor bawaan, tetapi adapula yang disebabkan karena infeksi kuman tertentu. Saluran oviduk yang sempit akan membuat sperma sulit...Selengkapnya

Rangkuman Materi Sistem Reproduksi

  1. Alat reproduksi manusia terdiri atas alat reproduksi laki-laki dan perempuan.
  2. Alat reproduksi laki-laki terdiri atas testis, epididimis, vasdeferens, ductus ejakularis, dan penis.
  3. Proses pembentukan sperma disebut spermatogenesis dan dipengaruhi oleh FSH, LH, dan testosteron.
  4. Pembentukan FSH dan LH dikendalikan oleh hormon gonadotropin.
  5. Alat reproduksi pada wanita terdiri atas ovarium, oviduk, rahim, vagina, dan vulva.
  6. Proses pembentukan ovum disebut oogenesis dan dipengaruhi oleh FSH yang dihasilkan oleh kelenjar hipostasis.
  7. Pada saatnya, ovum yang matang akan dilepaskan dari ovarium, yang disebut dengan proses ovulasi dan proses ini akan dipengaruhi oleh LH dan FSH.

Demikian tadi sedikit pembahasan mengenai sistem reproduksi untuk adik-adik yang kebetulan sedang mempelajari materi ini. Semoga saja dengan pembahasan di atas kita bisa mengingat lagi materi ini dengan baik.


Singkat saja, lain waktu akan kita lengkapi dengan latihan soal sistem reproduksi manusia sebagai bahan latihan. Jangan lupa pelajari lagi beberapa materi biologi sma lain yang sudah disiapkan di bawah.

Referensi:
Endang Sri Lestari & Idun Kistinnah. 2009. Biologi Makhluk Hidup dan Lingkungan. BSE SMA Kelas XI.

Bab Sistem Reproduksi Manusia, Biologi SMA Kelas 11 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti