Wednesday, July 25, 2012

Flora Dan Fauna Indonesia

Flora Dan Fauna Identitas Provinsi. Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya dengan keanekaragaman flora dan fauna. Pada masing-masing provinsi terdapat flora dan fauna ciri khas dari daerah tersebut. Flora dan fauna tersebut menjadi identitas provinsi di Indonesia. Nah, apa saja flora dan fauna yang menjadi identitas daerah? berikut pembahasan lengkapnya.


Pengertian Flora dan Fauna

Flora dan fauna adalah tanaman dan satwa liar, yang asli liar di wilayah geografis yang sering disebut sebagai wilayah flora dan fauna. Kedua-duanya adalah istilah kolektif, merujuk pada kelompok tanaman atau satwa liar tertentu ke suatu daerah atau suatu periode waktu. Misalnya, flora dan fauna yang hangat dapat terdiri dari daerah tropis ke sedang hangat-tumbuhan dan jenis burung eksotis.

Definisi, flora berasal dari bahasa Latin yaitu Flora, dewi yang bunga. Flora dapat merujuk kepada sekelompok tanaman, sebuah penyelidikan dari kelompok tanaman, serta bakteri. Flora adalah akar kata bunga, yang berarti menyangkut bunga. Fauna dapat merujuk pada kehidupan hewan atau binatang klasifikasi dari daerah tertentu, jangka waktu, atau lingkungan. Fauna juga berasal dari bahasa Latin. Dalam Mitologi Romawi Fauna adalah kakak dari Faunus, roh yang baik dari hutan dan dataran.

Flora dan fauna di suatu wilayah yang biasanya dijelaskan dalam istilah biologi untuk menyertakan genus dan spesies tanaman dan hewan hidup, pilihan mereka tumbuh berkembang biak atau kebiasaan, dan sambungan ke satu sama lain di lingkungan juga. Selain kelompok geografis, lingkungan juga akan membantu lebih lanjut klasifikasi flora dan fauna. Misalnya, air flora dan fauna di kawasan merujuk kepada tanaman dan hewan yang hidup di dalam air atau sekitar satu wilayah geografis.

Biologists and environmentalists memepelajari flora dan fauna untuk sejumlah alasan. Pelestarian dan konservasi serta mendapatkan pemahaman baru biologi hanyalah beberapa alasan mengapa flora dan fauna yang sangat penting bagi peneliti. Beberapa organisasi, termasuk Fauna dan Flora International (FFI), bekerja sama untuk menggunakan mereka untuk penelitian dan temuan lebih lanjut tentang kebijakan konservasi dan pelestarian serta keanekaragaman hayati.

Flora dan Fauna Identitas Provinsi di Indonesia

Keragaman flora di tiap provinsi di Indonesia begitu mengagumkan, hal ini bisa kita lihat dari kelangkaan flora tersebut dan juga dari segi keindahannya. Karena itu, sangat rugi jika kita sampai tidak mengetahui tentang keragaman tersebut, maka dari itu keragaman flora ini juga dibahas terpisah pada materi Flora Identitas Provinsi di Indonesia.

kaskus-forum.blogspot.com - Fauna Khas Provinsi di Indonesia
Flora Dan Fauna Indonesia

Sedangkan fauna di Indonesia khususnya di masing-masing daerah juga tidak kalah beragamnya jika dibandingkan dengan keragaman flora yang ada. Tidak lengkap rasanya kalau kita tidak mengetahui flora identitas provinsi di Indonesia. Oleh karena itu tidak ada salahnya menikmati sejenak keindahan fauna Indonesia dalam artikel Fauna Identitas Provinsi di Indonesia.

Flora Dan Fauna Indonesia

Flora dan Fauna Pulau Indonesia

Berikut ini flora dan fauna yang berasal dari kepulauan Indonesia yang sangat beragam. Silahkan ikuti pembahasannya pada masing-masing pulau tersebut.


Lihat Daftar
  1. Flora dan Fauna Pulau Indonesia
  2. Flora dan Fauna Pulau Jawa
  3. Flora dan Fauna Pulau Sumatra
  4. Flora dan Fauna Pulau Kalimantan
  5. Flora dan Fauna Propinsi Sulawesi
Selesai sudah pembahasan kita mengenai kekayaan flora dan fauna dari Indonesia, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua. Untuk pembahasan yang lebih mendalam silahkan rekan pelajar baca di masing-masing topik yang diinginkan, karena pembahasan selengkapnya diruangan sebelahnya. Semoga referensi tugas geografi di atas dapat memberikan tambahan ilmu dan meningkatkan pemahaman kita semua.