Friday, July 11, 2014

Cerita Naratif Wanebaka Son Of Tunde

Cerita Naratif Wanebaka Son Of Tunde. Kali ini saya akan berbagi tentang sebuah cerita naratif tentang Wanebaka son of tunde. Semoga cerita narrative ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita. Cerita Naratif Wanebaka: Bagian dari cerita naratifVersi Inggris Indonesia

Wanebaka Son Of Tunde
In Bali, there was a man called Tunde. He had been married for 10 years but had no child. So he was happy when his wife got pregnant. But after a few months, his wife's belly returned to its normal size. It happened many times and he asked a shaman for a help but the shaman could not do anything about it.

One day, when Tunde's pregnant wife was washing at the river, she felt something falling down from her body to the river, but she ignored it and kept washing. After that, her belly resized to the normal size. At home, she told it to her husband. "Maybe gods don't want us to have a child," Tunde said. 
As usual, they let it pass, and for the next 10 years Tunde's wife didn't get pregnant anymore. 10 years later, women who were washing at the river heard somebody's singing but they didn't look anyone around.


O washing women

Tell my father Tunde
That Wanebaka has grown up
And want to be circumcised soon

The scared women told Tunde what they had experienced. First Tunde ignored it. It occurred again and finally he attended a simple circumcising ritual, with no boy is actually circumcised. 15 years later, the washing women heard somebody's singing again. This time they didn't get afraid.

O washing women
Tell my father Tunde
That Wanebaka has grown up
And want to be married

Tunde then looked for a girl who would be a bride for his un-existing son. He paid for the bride and arranged the marriage. He came to the river and said, "Whoever you are, if you're really my son, come on the day of your wedding." At the wedding ceremony, a guest saw a snake crawling to Tunde's house and everyone ran away in a panic. The snake got so disappointed and disappeared in the bush.

A few years later, the song was heard again at the river and Tunde did the same thing as before but this time he threatened the bride that he would kill her if she ran away. At the ceremony, the snake appeared again and everyone ran away including Tunde and his wife. The bride stood where she was, waiting for her death. The snake's tail touches her toe, and it went to a room. The bride followed the snake. The snake drank a bottle of tuak and got drunk. While it was sleeping, its skin removed from the body. The bride gathered it and burned it outside the house. The ash was buried. When she returned to the room she found a handsome man sleeping in the bed. "Now you won't become a snake anymore, and I'll be your loyal wife," she said.

Wanebaka, Anak Laki-Laki Tunde (Terjemahan)

Di Bali, ada seorang pria bernama Tunde. Dia telah menikah selama 10 tahun, tetapi tidak mempunyai anak. Jadi ia merasa bahagia ketika istrinya hamil. Tetapi setelah beberapa bulan, perut istrinya kembali ke ukuran normal. Itu terjadi berkali-kali dan ia meminta dukun untuk membantu tetapi dukun itu tidak bisa berbuat apa-apa.

Suatu hari, ketika istri Tunde yang sedang hamil mencuci di sungai, ia merasakan sesuatu jatuh dari tubuhnya ke sungai, tapi dia mengabaikannya dan terus mencuci. Setelah itu, perutnya ukurannya ke ukuran normal. Di rumah, dia mengatakan hal itu kepada suaminya. "Mungkin dewa tidak ingin kita punya anak," kata Tunde. Seperti biasa, mereka membiarkan hal itu berlalu, dan selama 10 tahun ke depan istri Tunde tidak hamil lagi. 10 tahun kemudian, perempuan yang sedang mencuci di sungai mendengar nyanyian seseorang, tetapi mereka tidak melihat siapa pun di sekeliling.

O perempuan yang sedang menyuci
Katakan pada ayahku Tunde
Bahwa Wanebaka telah dewasa
Dan ingin segera disunat

Para wanita yang ketakutan menceritakan kepada Tunde apa yang mereka alami. Pertama Tunde mengabaikannya. Hal itu terjadi lagi dan akhirnya ia menghadiri ritual menyunat sederhana, dengan tidak ada anak laki-laki yang benar-benar disunat. 15 tahun kemudian, para perempuan mencuci mendengar nyanyian seseorang lagi. Kali ini mereka tidak merasa takut.

O perempuan yang sedang menyuci
Katakan pada ayahku Tunde
Bahwa Wanebaka telah dewasa
Dan ingin menikah

Tunde kemudian mencari gadis yang akan menjadi pengantin untuk anaknya yang tidak ada. Dia dibayar untuk pengantin dan mengatur perkawinan. Dia datang ke sungai dan berkata, "Siapapun Anda, jika Anda benar-benar anak saya, datang pada hari pernikahan Anda”. Pada upacara pernikahan, tamu melihat ular merayap ke rumah Tunde dan semua orang lari panik. Ular begitu kecewa dan menghilang di hutan.

Beberapa tahun kemudian, lagu itu terdengar lagi di sungai dan Tunde melakukan hal yang sama seperti sebelumnya tapi kali ini ia mengancam pengantin bahwa ia akan membunuhnya kalau dia melarikan diri. Pada upacara tersebut, ular muncul lagi dan semua orang melarikan diri termasuk Tunde dan istrinya. pengantin wanita itu berdiri di mana dia berada, menunggu kematiannya. 

Ekor ular itu menyentuh jari kaki, dan pergi ke kamar. Pengantin perempuan mengikuti ular. Ular minum sebotol tuak dan mabuk. Sementara dia sedang tidur, kulitnya dihilangkan dari tubuhnya. Pengantin wanita berkumpul dan membakarnya di luar rumah. Ash dimakamkan. Ketika ia kembali ke kamar, dia menemukan seorang pria tampan tidur di tempat tidur. "Sekarang Anda tidak akan menjadi ular lagi, dan aku akan menjadi istri setia Anda," katanya. 


Lihat Juga
Cerita Narrative Lainnya

Baca juga
Cerita Nyi Roro Kidul
Seni Tari Jawa Tengah

Cerita Naratif Wanebaka Son Of Tunde Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes