Monday, February 15, 2021

Kumpulan Contoh Ide Karya Ilmiah Remaja Jurusan IPS

Berikut kumpulan contoh ide karya ilmiah remaja jurusan IPS. Karena terlalu sibuk sampai lupa kalau referensi karya ilmiah remaja untuk jurusan IPS belum sama sekali saya tambahkan. Kadang yang mencari jadi bingung.

ilustrasi karya tulis

Maka dari itu, mumpung sedang ingat kali ini Tusek akan bagikan artikel pembuka mengenai kumpulan ide - ide untuk KIR jurusan IPS.

Dari artikel ini kita akan membahas secara lengkap tentang tugas karya ilmiah khususnya jurusan ips. Beberapa alternatif judul dan juga berbagai kumpulan contoh karya ilmiah akan dibahas agar dapat membantu menambah pengetahuan dan pemahaman kita mengenai cara penyusunan suatu karya ilmiah.

Tak lupa saya mengingatkan bahwa apa yang akan Tusek share disini merupakan referensi belajar semata yang masih harus dikaji dan dipahami lebih dalam.

Jadi rekan pelajar harus aktif dan kreatif dalam mengembangkan setiap ide yang disajikan dalam artikel ini khususnya dan di kumpulan tugas sekolahku pada umumnya. Langsung saja simak penjelasan berikut.

A. Tugas karya ilmiah remaja jurusan IPS

Tidak hanya siswa jurusan ipa saja yang biasanya mendapat tugas untuk mengerjakan karya ilmiah remaja, siswa jurusan ips pun pastinya kebagian giliran dalam mengerjakan tugas ini.

Berbeda dengan anak ipa yang membahas mengenai ilmu alam karya ilmiah yang harus disusun oleh anak ips akan membahas mengenai isu-isu sosial atau hal yang berkaitan dengan sosial tentunya. 

Meskipun dalam penyusunannya cenderung sama tetapi dalam melakukan penelitian dan pengkajian tentu saja sangat berbeda karena anak ipa mengkaji alam sedangkan anak ips mengkaji hubungan sosial.

Jika anak ipa mengalami kesulitan dalam menyusun karya tersebut, anak ips pun tentunya sama saja membutuhkan bantuan dan sumber referensi yang sama lengkapnya dengan anak ipa. Oleh karena itulah disini dibahas juga mengenai karya ilmiah remaja ips.

Alternatif judul karya ilmiah remaja jurusan IPS, Banyak sekali kajian yang dapat dilakukan untuk menyusun kir bagi anak ips ini, mulai dari hal ringan sampai dengan hal kompleks yang memerlukan penelitian yang lebih mendalam. 

Jika kita melihat beberapa literatur di internet ada banyak ide yang sudah disumbangkan guna membantu rekan jurusan ips. 

Meskipun demikian akan lebih mudah jika kita membuat sedikit ringkasan mengenai beberapa alternatif judul yang mungkin dapat kita pertimbangkan dalam penyusunan karya ilmiah remaja ini. Untuk itulah berikut ini beberapa alternatif kajian yang dapat dipertimbangkan menjadi sebuah karya ilmiah remaja ips.
  1. Pengaruh dan dampak prostitusi remaja
  2. Dampak negatif internet bagi pembelajaran 
  3. Pengaruh handphone terhadap keinginan belajar siswa 
  4. Pengaruh kegiatan pacaran terhadap perkembangan perilaku negatif siswa 
  5. Larangan membawa handphone di sekolah dan dampaknya terhadap minat belajar siswa 
  6. Budaya lompat pagar dan pengaruhnya terhadap perkembangan mental siswa

Yang di atas adalah beberapa contoh ide dan gagasan yang dapat dikembangkan untuk berlatih melakukan penelitian karya tulis untuk pelajar. Tentu, ide dan judul tersebut dapat disesuaikan lagi dengan kebutuhan rekan-rekan pelajar yang mengambil jurusan ilmu pengetahuan sosial. 

B. Kumpulan contoh karya ilmiah remaja jurusan IPS

Jika rekan pelajar berniat melihat atau mencari contoh karya ilmiah model ini sebenarnya sudah banyak ditemukan di internet jadi rekan tinggal membaca contoh yang dikehendaki.

Mengingat begitu banyaknya informasi yang ada di internet maka untuk mencari contoh atau kumpulan contoh karya ilmiah jurusan ips memang sedikit sulit. 

Tetapi rekan pelajar tidak usah khawatir karena Tusek juga akan membagikan contohnya sekalian agar rekan pelajar dapat cepat membaca dan mempelajarinya dirumah.

Untuk contoh - contoh karya ilmiah remaja jurusan IPS ini situs tugas sekolah tidak dapat secara langsung membagikannya di halaman ini karena itu akan sangat memakan waktu dan tidak efisien.

Tetapi tetap saja Tusek akan memberikan kumpulan contoh tersebut melalui ruangan terpisah yang sudah disediakan, jadi jangan ragu untuk membacanya.

Contoh KIR Jurusan IPS

Demikianlah artikel pembuka kita yang khusus saya bagikan untuk rekan pelajar sma jurusan ilmu pengetahuan alam (ips). Semoga dengan ini dapat menambah referensi rekan semua dan membantu dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Kumpulan Contoh Ide Karya Ilmiah Remaja Jurusan IPS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pusta Swara