Sunday, August 5, 2012

PKN tentang Keterbukaan dan Keadilan

PKN tentang Keterbukaan dan Keadilan. Keterbukaan dan keadilan merupakan salah satu materi Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) yang harus dipahami. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang Keterbukaan dan Keadilan pada posting yang berjudul PKN - Keterbukaan dan Keadilan. Simak langsung materinya berikut ini.
Prinsip keterbukaan menghendaki agar penyelenggaraan pemerintahan dilakasanakan secara terbuka dan transparan, artinya berbagai kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan haruslah jelas tidak sembunyi-sembunyi dan rahasia melainkan perencanaan pelaksanaan dan pertanggungjawaban harus diketahui publik serta rakyat berhak atas informasi yang faktual mengenai penyelenggaraan pemerintahan.

Keadilan merupakan suatu ukuran keabsahan suatu tatanan kehidupan berbangsa bermasyarakat dan bernegara. Perwujudan keadilan perlu diupayakan dengan memberikan jaminan terhadap tegaknya keadilan.

Materi Keterbukaan dan Keadilan

Agar pemahaman kita lebih mendalam atas materi ini, pembahasan kita akan mencakup materi sebagai berikut:
  1. Pengertian Keterbukaan dan keadilan 
  2. Macam-Macam Keadilan 
  3. Pentingnya Keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 
  4. Ciri-ciri keterbukaan menurut David Beetham dan Kevin Boyle 
  5. Pengertian Pemerintahan yang baik (Good Governance) 
  6. Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak terbuka (transparan) 
  7. Bentuk sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan
Copy / Salin
Materi Lengkapnya

Akan terlalu panjang kalau pokok bahasan diatas kita kupas semua disini jadi silahkan baca masing-masing sub materi diatas yang terkait dengan materi kali ini yaitu Keterbukaan dan keadilan.