Wednesday, July 31, 2019

PKN tentang Keterbukaan dan Keadilan

Materi PKN tentang Keterbukaan dan Keadilan - keterbukaan dan juga keadilan merupakan salah satu materi Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) yang harus dipahami. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang ringkasan materi tersebut
Prinsip keterbukaan menghendaki agar penyelenggaraan pemerintahan dilakasanakan secara terbuka dan transparan. Itu artinya berbagai kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan haruslah jelas tidak sembunyi-sembunyi dan rahasia.

Kebijakan dalam penyelenggaraan tersebut yaitu perencanaan pelaksanaan dan pertanggungjawaban harus diketahui publik serta rakyat berhak atas informasi yang faktual mengenai penyelenggaraan pemerintahan.

Keadilan merupakan suatu ukuran keabsahan suatu tatanan kehidupan berbangsa,  bermasyarakat dan bernegara. Perwujudan keadilan perlu diupayakan dengan memberikan jaminan terhadap tegaknya keadilan.

Rangkuman materi keterbukaan dan keadilan. Agar pemahaman kita lebih mendalam atas materi ini, pembahasan kita akan mencakup materi sebagai berikut:

4) Ciri-ciri keterbukaan menurut David Beetham dan Kevin Boyle 
5) Pengertian Pemerintahan yang baik (Good Governance) 
6) Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak terbuka (transparan) 
7) Bentuk sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan 

Rekan pelajar semua yang ingin mengingat kembali atau memahami lebih jauh mengenai bab ini bisa langsung mempelajari poin demi poin di atas. Yang bisa dipelajari misalnya mulai dari definisinya, macam-macamnya dan seterusnya.

Di dalam materi ini kita juga akan belajar mengenai ciri - ciri menurut hli. Selain itu kita juga akan mempelajari mengenai pengertian pemerintahan yang baik. Kita juga harus tahu mengenai dampak penyelenggaraan pemerintahan yang transparan.

Satu lagi, kita juga akan mempelajari mengenai berbagai jenis atau bentuk sikap yang mencerminkan atau menggambarkan keterbukaan dan juga keadilan. Silahkan dipelajari semuanya melalui tautan di atas.

Makalah PKN Keterbukaan dan Keadilan

Akan terlalu panjang kalau pokok bahasan di atas kita kupas semua disini. Jadi silahkan baca masing-masing sub materi diatas yang terkait dengan materi kali ini. Lain waktu kita akan lanjutkan lagi dengan latihan-latihan soal untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kita. 

PKN tentang Keterbukaan dan Keadilan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes