Thursday, April 23, 2015

Materi Powerpoint Peradaban Romawi Kuno (ppt)

Materi Powerpoint Peradaban Romawi Kuno (ppt) - Untuk tugas sekolah memang bukan hanya mempelajari berbagai materi tetapi juga terkadang kita mendapatkan tugas untuk melakukan presentasi menggunakan powerpoint (ppt). Kali ini secara khusus kita akan membahas mengenai salah satu tugas presentasi tersebut yaitu presentasi tentang materi sejarah. Materi yang akan kita jelaskan tersebut adalah tentang peradaban Romawi. 

Dalam pelajaran sejarah kita memang harus mempelajari peradaban kuno yang ada di dunia. Salah satu peradaban kuno yang terkenal yaitu peradaban dari Romawi ini. Dalam pembahasan ini kita akan menjelaskan berbagai hal yang berhubungan dengan peradaban tersebut. Pertama kita akan menjelaskan mengenai letak peradaban Romawi menggunakan peta peradaban Romawi. Selain itu kita juga akan membahas mengenai berbagai keadaan lain seperti misalnya keadaan wilayah, letak geografis, dan juga tentang kehidupan ekonomi.

Selain itu kita tentu akan menjelaskan mengenai beberapa keadaan lain yang berkaitan dengan peradaban yang ada di daerah Romawi tersebut. Penjelasan lain yang nantinya akan kita buat powerpoint adalah sebagai berikut:

1. Kehidupan ekonomi
2. Kehidupan politik dan pemerintahan
3. Kepercayaan
4. Ilmu pengetahuan

Itulah berbagai materi yang akan kita jelaskan di depan kelas. Sekarang untuk membuat tugas powerpoint tersebut kita bisa melihat rangkuman materi yang ada. Rangkuman materi peradaban Romawi yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Wilayah Romawi Kuno
Romawi Kuno adalah sebuah peradaban yang tumbuh dari negara-kota Roma didirikan di Semenanjung Italia di sekitar abad ke-9 SM. Selama keberadaanya selama 12 abad, kebudayaan Romawi berubah dari sebuah monarki ke sebuah republik oligarki sampai kekekaisaran yang luas. Dia datang untuk mendominasi Eropa Baratdan wilayah sekitar di sekitar Laut Tengah melalui penaklukan danasimilasi. Namun beberapa faktor menyebabkan kemerosotannya. Sebelah barat kekaisaran, termasuk Hispania, Gaul, dan Italia, akhirnya pecah menjadi kerajaan merdeka pada abad ke-5; kekaisaran timur, diatur dari Konstantinopel, disebut sebagai Kekaisaran Romawi Timur setelah tahun 476, tanggal tradisional “kejatuhan Romawi” dan kelanjutannya Zaman Pertengahan.

Romawi ialah peradaban dunia yang letaknya terpusat di kota Roma masa kini. Peradaban Romawi dikembangkan Suku Latia yang menetap di lembah Sungai Tiber. Suku Latia menamakan tempat tinggal mereka ‘Latium’. Latium merupakan kawasan lembah pegunungan yang tanahnya baik untuk pertanian. Penduduk Latium kemudian disebut bangsa Latin. Pada mulanya, di daerah Latium inilah bangsa Latin hidup dan berkembang serta menghasilkan peradaban yang tinggi nilainya. Kota Roma yang menjadi pusat kebudayaan mereka terletak di muara sungai Tiber. Waktu berdirinya Kota Roma yang yang terletak di lembah Sungai Tiber tidak diketahui secara pasti. Legenda menyebut bahwa Roma didirikan dua bersaudara keturunan Aenas dari Yunani, Remus dan Romulus.

Peradaban Romawi seringkali dikelompokan sebagai “klasik antik” bersama dengan Yunani kuno, sebuah peradaban yang menginspirasikan banyak budaya Romawi Kuno. Romawi Kuno menyumbangkan banyak kepada pengembangan hukum, perang, seni, literatur, arsitektur, dan bahasa dalam dunia Barat, dan sejarahnya terus memiliki pengaruh besar dalam dunia sekarang ini.

Bangsa Romawi yang semula petani, setelah mengalahkan penguasa Etruskia kemudian menjadi bangsa penguasa besar dengan manaklukan wilayah yang luas sampai ke Laut Tengah. Bangsa yang semula petani ini kemudian menjadi masyarakat kapitalis dan materialis. Selain sebagai bangsa yang suka dengan perang bangsa Romawi juga mengumpulkan kekayaan sebagai modal usaha. Mereka membali ladang-ladang dan kemudian penggarapannya dilakukan oleh para budak yang didatangkan dari daerah-daerah jajahan.

Letak Geografis Romawi Kuno
Romawi merupakan tempat kuno di Eropa yang menjadi sumber kebudayaan Barat. Terletak di Semenanjung Apenina (sekarang Italia). Batas-batasnya adalah :
  • Sebelah Utara semenanjung Apenina bersambung dengan daratan Eropa yang terdapat pegunungan Alpen sebagi batas alam yang memanjang.
  • Sebelah Barat Laut yang memisahkan Italia dengan Perancis.
  • Sebelah Utara memisahkan Italia dengan Swiss dan Austria.
  • Sebelah Timur Laut dengan Yugoslavia.
  • Surat lamaran pekerjaan
  • Malam lailatul qodar

Kadaan alam Romawi Kuno
Romawi terletak di Semenanjung Apenina (Italia)
Semenanjung Apenina terbagi menjadi 2 daratan.
Semenanjung Italia memiliki garis pantai yang panjang yaitu 2000 mil.
Kebudayaan yang berkembang adalah kebudayaan laut (sebagian besar penduduknya bermata pencaharian pedagang dan nelayan)

Perkembangan Romawi
Bangsa Romawi = percampuran antara bangsa Latin dan bangsa Etruska.
Bangsa Etruska mendirikan polis (Negara kota) jumlah = 17 buah (salah satunya polis Romawi).
Polis Romawi pada awalnya hanya meliputi kota Roma. Menurut cerita lama, Kota Roma didirikan oleh Romus dan Romulus tahun 753 SM.
Pada awalnya pemerintahan dipegang oleh seorang raja tetapi tahun 510 terjadi pemberontakan, dan diubah menjadi republik.

Romawi berkembang, timbulah golongan-golongan :
- Golongan optimat yaitu golongan orang-orang kaya.
- Golongan Equites yaitu golongan menengah
- Golongan proleter yaitu golongan orang-orang miskin.

Kemudian terjadi pertentangan yang mengakibatkan perang saudara yang berlangsung sampai empat kali dan berubah menjadi Negara kekaisaran. Pada waktu diperintah kaisar Nero, pengikut agama Kristen difitnah dan dituduh membakar kota Roma, pada hal yang membakar Kaisar Nero sendiri. Kepercayaan orang Romawi mengakui adanya dewa-dewa (politheisme). Nama-nama dewa romawi :

  • Yupiter sebagai pemimpin para dewa.
  • Neptunus sebagai dewa laut
  • Venus sebagai dewi kecantikan
  • Minerva sebagai dewi ilmu pengetahuan
  • Juno sebagai dewi permaisuri Yupiter.

Pemerintahan Romawi Kuno
Kerajaan romawi berasal dari sebuah kota,yaitu kota roma.menurut cerita tradisi rakyat, kota roma didirikan oleh romus dan romulus tahun 750/751 sm diatas tujuh buah bukit.

Pemerintah dijalankan oleh seorang raja yang memegang kekuasaan tak terbatas.ia juga merangkap sebagai panglima perang dan hakim tertinggi. Seorang raja dibantu oleh dewan senat yang beranggotakan 300 orang yang terdiri atas kaum patricia (bangsawan) yang membuat undang-undang. Diluar senat juga terdapat dewan perwakilan rakyat( comitia curiata).

Ilmu Pengetahuan Romawi Kuno
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan pada zaman kekaisaran romawi, yaitu sebagai berikut :

  1. Pengetahuan seni bangunan sangat berjasa kerena mereka berhasil menemukan beton untuk membangun bangunan yang kokoh dan kuat seperti kubah yang berbentuk setengah bola
  2. Pengetahuan dan teknik pembuatan jalan,jembatan,saluran air,pembuangan air dalam kota.
  3. Pengetahuan dan kemampuan mengorganisasi dalam bidang kemiliteran.
  4. Dalam bidang hukum bangsa roma telah memiliki norma-norma kehidupan hukum yang bersumber pada kesetiaan warga negara.
  5. Pengetahuan dalam bidang pemerintahan.

Kehidupan Sosial Dan Ekonomi

a. kehidupan sosial masyarakat
masyarakat romawi terdiri atas golongan masyarakat bebas dan golongan budak. Hak para budak diambil alih oleh majikannya, sehingga nasib para budak berada di tangan majikannya. Pada masa pemerintahan republik romawi, jumlah para budak meningkat.

‘seorang budak dapat menjadi masyarakat bebas apabila telah membayar sejumlah harta atau harga yang telah ditetapkan untuk dirinya. Akhirnya pada tahun 133 SM, para budak di pulau sicilia memberontak tapi gagal dan ditindas dengan tegas.

b. kehidupan ekonomi masyarakat
perkembangan perekonomian yang pesat pada masa pemerintahan kaisar okta vianus. Perdagangan berkembang pesat dan semua pelabuhan disekitar laut tengah menjadi pusat perdagangan dan pusat pelayaran. Romawi juga menjalin hubungan perdagangan dengan daerah-daerah yang berada di sekitar laut tengah dan bangsa china.

Barang expor romawi berupa keramik, barang-barang dari besi dan perunggu,kayu dan sejenis minuman angggur. Sedangkan barang import-nya antara lain sutra dari china, rempah-rempah dari indonesia, kain katun dan mutiara dari india, bahkan pakaian, kaca, kertas, gading dari mesir.

Kepercayaan Romawi Kuno
Ketika kerajaan romawi berdiri, kepercayaan masyarakat masih bersifat animisme. Kepercayaan ini mengenal dengan beberapa roh seperti :
a. vesta sebagai roh pengurus api tungku
b. lares sebagai roh penjaga rumah tngga dan batas ladang keluarga
c. penates sebagai roh penjaga lumbung

di samping kepercayaaan masyarakat yang politeisme, masyarakat romawi percaya akan :

  1. perawan vesta yang bertugas menjaga api suci vesta dan sebagai dewi api yang merupakan lambang negara romawi.
  2. orakel cybele merupakan tulisan sandi kuno yang dihimpun kedalam 9 kitab cybele yang menjadi acuan nasehat dan keadaan darurat perang dsb.
  3. pontivex maximus, kaisar sebagai kepala agama

Bagi yang membutuhkan contoh untuk bagaimana membuat powerpoint yang akan kita gunakan bisa langsung melihat video powerpoint yang sudah disiapkan di atas. Semoga dengan adanya Materi Powerpoint Peradaban Romawi Kuno (ppt) ini kita bisa lebih mudah dalam menyelesaikan tugas yang kita miliki tersebut!

Materi Powerpoint Peradaban Romawi Kuno (ppt) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Duwa Ananda