Wednesday, May 15, 2019

Contoh Makalah tentang Sepak Bola Lengkap

Contoh Makalah tentang Sepak Bola - Materi sepak bola juga sering dijadikan tugas makalah, untuk itu akan dibahas contoh makalah sepak bola pada artikel kali ini. Pada contoh makalah sepak bola kita akan membahas secara mendalam tentang olah raga sepak bola yang tersusun dalam sebuah makalah lengkap. 


Inti dari makalah bola adalah mengenai pengertian sepak bola, sejarah sepak bola, peralatan yang digunakan, peraturan dan informasi lain yang berkaitan dengan olah raga tersebut. Jadi pokok pembahasan tidak jauh dari beberapa hal tersebut.

Pada contoh kali ini hanya akan dibahas melalui susunan makalah sepak bola dan juga materi-materi pendukung untuk menyusun makalah ini, jadi rekan pelajar harus menyusun-nya sendiri menjadi sebuah makalah. Meski demikian rekan tak perlu khawatir karena disini juga akan disediakan materi-materinya. 

Rekan akan mendapatkan contoh makalah ini dengan lengkap melalui pembahasan dengan panduan daftar isi yang sudah disiapkan. 

Maksudnya, dengan pembahasan ini rekan pelajar akan diajak untuk menyusun sendiri makalah yang ingin dibuat.

1) Cover, Halaman Judul Dan Daftar Isi

Dalam membuat atau menyusun karya tulis seperti ini rekan bisa mulai dari membuat halaman paling depan atau yang biasa disebut cover. 

Selain itu, jika diperlukan bisa dibuat juga halaman judul, kata pengantar sekaligus daftar isi makalahnya lebih dulu.

Masing-masing halaman tersebut tentu saja isinya berbeda satu sama lain. Kalau dijelaskan langsung disini akan sangat panjang, makanya sudah disiapkan langsung pembahasan khusus untuk halaman-halaman awal tersebut. 

Tenang, tidak usah panik dan bingung, sudah disediakan kok. Untuk Cover, Halaman Judul Dan Daftar Isi rekan pelajar bisa langsung melihat contohnya pada pembahasan mengenai Halaman Depan Makalah.

2) Bab I Pendahuluan

Setelah membuat halaman - halaman awal pada nomor satu di atas selanjutnya kita menuju ke bab pertama dalam makalah ini. 

Sama dengan pada karya tulis lainnya, makalah pendidikan jasmani dan kesehatan ini juga memiliki bab pendahuluan yang terdiri dari latar belakang dan rumusan masalah.

Selain latar belakang dan rumusan masalah tersebut ada juga sub bab tujuan penulisan. Biasanya sub bab tersebut akan ditulis berurutan mulai dari 2.1 Latar belakang, 2.2 Rumusan masalah dan 2.3 Tujuan penulisan. 

Sudah tahu bagaimana cara menyusun bab pendahuluan ini? Kalau memang belum tahu, untuk melihat contoh bab ini khususnya untuk makalah yang sedang kita buat, silahkan rekan pelajar baca dan pelajari di Contoh Pendahuluan.

3) Bab II Pembahasan

Bagian berikutnya adalah bagian inti makalah yaitu bab pembahasan. Bab II ini adalah inti dari makalah kita dan karena kita sedang menyusun makalah tentang olah raga sepak bola maka informasi atau materi yang minimal harus ada pada bab ini adalah pengertian sepak bola, sejarah sepak bola, alat permainan, dan juga peraturan permainan sepak bola.

Yang pertama sekali yaitu 2.1 adalah definisi atau pengertian. Informasi pada point ini akan berisi tentang pengertian sepak bola secara jelas dan terarah. Silahkan lihat contoh materi pengertian sepak bola ini di artikel Pengertian Sepak Bola

Sejarah sepak bola sudah pasti akan membahas perkembangan sepak bola dari awal ditemukannya sampai dengan saat ini. Artikel mengenai sejarah sepak bola dapat dilihat di materi Sejarah Sepak Bola

Selanjutnya adalah pembahasan mengenai peralatan olah raga. Bagian ini akan membahas detil tentang alat-alat permainan dalam olah raga sepak bola yaitu mulai dari lapangan sampai dengan bola. Materi selengkapnya di Alat Permainan Sepak Bola

Materi pada topik ini akan berisi tentang peraturan permainan yang meliputi semua peraturan sepak bola baik dari lapangan, pemain, wasit, pelanggaran dan lainnya. Lihat materinya di Peraturan Sepak Bola.

4) Bab III Penutup

Kalau sudah sampai pada penutup maka sama saja makalah atau karya tulis yang rekan buat sudah tinggal sedikit lagi beres dan selesai. Penutup tentu akan terdiri dari kesimpulan dan saran. Sudah tahu bagaimana cara membuatnya?

Kesimpulan akan merangkum inti atau poin penting yang sudah dibahas dalam makalah ini sedangkan saran akan berisi berbagai kritik dan saran untuk kemajuan penulisan makalah selanjutnya. Untuk melihat contohnya silahkan lihat di bagian Penutup Makalah.


Makalah Penjaskes Permainan Sepak Bola



Jika rekan pelajar mengikuti panduan diatas saya yakin setelah rekan sampai diujung artikel ini rekan pelajar sudah mendapatkan contoh makalah sepak bola, rekan pelajar tinggal menyesuaikan materi-materinya serat menyusun sistematika penulisannya. 

Contoh Makalah tentang Sepak Bola Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes