Thursday, July 10, 2014

Karya Ilmiah Remaja Contoh Halaman Depan

Karya Ilmiah Remaja: Contoh Halaman Depan. Setelah dibahas secara mendalam pada posting sebelumnya mengenai Contoh Karya Ilmiah Remaja kali ini kita akan membahas salah satu bagian karya ilmiah remaja yaitu halaman depan. 

Yang kita maksud dengan halaman depan disini adalah beberapa halaman muka sebuah karya ilmiah remaja yang terdiri dari cover depan, halaman judul, halaman persetujuan, kata pengantar, motto, daftar isi serta abstrak. 

Bagian-bagian tersebut merupakan bagian penting yang akan menghantarkan pembaca untuk mengikuti isi dari karya ilmiah yang disusun.

Salah isi atau informasi bisa saja membuat calon pembaca karya tersebut kabur meninggalkan karya ilmiah kita jadi sebaiknya rekan semua bener-benar menyusunnya dengan baik.

Halaman Cover

Halaman cover pada karya ilmiah terdiri dari judul makalah, penyusun, logo, nama instansi dan tahun penyusunan. Penulisannya dibuat rata tengah (justify) dengan standar font dan ukurannya sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi atau sekolah. Lihat contoh.

Halaman Judul

Hampir sama dengan halaman cover, halaman judul juga berisi informasi pada halaman cover dengan informasi penyusun dan tujuan penyusunan karya ilmiah. Tata cara penulisannya pun sama dengan penulisan halaman cover sesuai dengan ketentuan. Lihat contoh.

Halaman Persetujuan

Halaman persetujuan memberikan keterangan tambahan kepada pembaca bahwa karya ilmiah yang kita susun telah disetujui oleh pihak terkait dalam hal ini sekolah lengkap dengan waktu persetujuan serta pihak yang memberikan persetujuan. Lihat contoh.

Halaman Kata Pengantar

Kata pengantar biasanya berisikan ungkapan syukur kita karena telah menyelesaikan karya ilmiah tersebut. Selain itu pada kata pengantar kita juga akan mempersilahkan kepada pembaca bila perlu untuk memberikan kritik dan saran bagi perbaikan karya ilmiah kita dikemudian hari. Untuk contohnya silahkan rekan pelajari disini.

Halaman Motto

Halaman motto adalah halaman opsional yang terkadang ada beberapa yang meniadakannya. Halaman motto ini sudah tentu berisi motto dari sang penulis atau penyusun. Untuk contohnya silahkan rekan pelajari disini.

Halaman Daftar Isi

Daftar isi adalah merupakan pintu masuk dan denah lokasi bagi pembaca kita untuk membaca karya ilmiah kita. Daftar isi memberikan informasi tentang apa yang ada dalam karya ilmiah kita dan dibagian mana pembaca akan mendapatkannya. Daftar isi disusun berdaskan judul dan sub-judul karya ilmiah kita yang disertai dengan halamannya. Untuk contohnya silahkan rekan pelajari disini.

Halaman Abstrak

Abstrak berisi rangkuman keseluruhan dari karya ilmiah yang kita susun. Dengan membaca abstrak ini, sebelum pembaca membaca seluruh karya ilmiah kita mereka sudah tau apa yang kita bahas dalam karya ilmiah kita tersebut. Untuk contohnya silahkan rekan pelajari disini

Demikianlah tadi contoh halaman depan karya tulis yang bisa dirangkum pada edisi tugas sekolah kali ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda semua.

Karya Ilmiah Remaja Contoh Halaman Depan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko