Saturday, November 5, 2016

Kumpulan Contoh Soal Pelajaran IPA SD Kelas 5 Semester 1

Kumpulan Contoh Soal Pelajaran IPA SD Kelas 5 Semester 1 - Kalau untuk pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) adik-adik tidak pusing dengan hitung-hitungan seperti pelajaran matematika. Pelajaran IPA ini asyik karena berkaitan dengan binatang dan kehidupan, misalnya saja pada materi penyesuaian mahluk hidup terhadap lingkungan. Sudah belajar materi itu bukan?

Ya, kalau belum ya nanti kan pasti belajar, terutama untuk adik-adik pelajar kelas 5 SD nanti akan belajar tentang materi tersebut. Nah, yang akan kita bahas disini bukan untuk materi pelajarannya tetapi tentang latihan soalnya.

Supaya lebih mudah ingat dengan apa yang dijelaskan di sekolah maka tidak salah jika kita banyak berlatih mengerjakan soal-soal. Tidak usah terlalu banyak soal, yang penting rutin setiap hari latihan soal meski hanya beberapa menit saja dan beberapa soal saja.

Seperti latihan berikut, soal latihan di bawah ini bisa dikerjakan beberapa kali untuk bahan belajar. Adik-adik semua bisa menyalin soalnya kedalam komputer atau bisa mencetaknya untuk dipelajari di rumah.

Latihan soal ini bisa digunakan untuk persiapan ulangan atau ujian semester. Yang terpenting adik-adik bisa lebih paham dengan materinya. Sudah siap, kalau sudah silahkan jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1) Sebutkan alat penghisap pada kupu-kupu?
Soal di atas adalah sebuah soal yang berisi tentang fakta sebuah kupu-kupu. Yang mana kupu-kupu mempunyai sebuah alat hisap yang berfungsi untuk menghisap madu. Terkait dengan soal yang sudah di hadirkan di atas, apakah nama dari alat penghisap yang ada pada kupu-kupu........?

2) Hewan yang memakan hewan lain disebut hewaan apa?
Soal kedua adalah sebuah soal terkait dengan sebuah jenis hewan yang ada didunia ini. kita tentu tahu hewan beragam jumlahnya dan itu semua bisa diketahui dari jenis dari hewan itu sendiri. Hewan sendiri ada yang pemakan tumbuhan, hewan, segala, dan bahwa ada yang bisa memakan jenisnya sendiri. Disebuat apakah hewan yang yang memakan hewan lain..?

3) Sebutkan burung pemakan bangkai?
Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan burung. Burung sendiri juga banyak jenisnnya, dan berbeda jenis berbeda juga makanannya. Ada burung pemakan tumbuhan dan ada juga burung pemakan hewan. Biasanya perbedaan makanan pada burung bisa dilihat dari pada ciri-ciri paruh yang dimilikinya. Pertannyaannya adalah sebutkan burung yang masuk ke dalam kategori burung pemakan bangkai..?

4) Kaki pada burung kutilang berguna untuk apa?
Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan seekor burung kutilang. Yang mana layaknya anggota badan pada burung kutilang yang yang dimiliki sebuah fungsi tersendiri, sebagai paruh untuk memakan makanannya, dan sayak untuk terbang. Pertannyaannya adalah apa fungsi kaki pada burung kutilang..? 

5) Salah satu cara bunglon untuk mengelabui musuhnya dengan cara apa?
Soal di atas adalah sebuah soal terkait hewan yang bisa bertahan hidup dengan mengelabuhi musuhnya. Yang mana berbeda hewan tentulah berbeda pula cara mereka melindungi dirinya dari serangan musuh, ada yang menggunakan taduknya, cakarnya dll. Terkait dengan soal di atas dengan cara apakah bunglon mengelabuhi musuhnya..?

6) Pada musim apa daun jati berguguran?
Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah kebiasaan pohon jati yang menggugurkan daunnya. Seperti yang sudah kita tahu pohon jati menggugurkan daunnya setiap tahunnya bukan disebabkan mati, tetapi karena pergantian musim yang ada di bumi. Sehingga ada kalannya musim gugur dan tidak. Pertannyaannya adalah pada musim apa darun pohon jati berguguran..?

7) Sebutkan tumbuhan pemakan serangga?
Di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah tumbuhan pemakan serangga. Seperti yang kita kenal saat ini kebannyakan tumbuhan hanya memanfaatkan air untuk bisa melakukan proses hidupnya dengan sebuah proses fotosintesisnya. Terkait soal di atas sebuatkan tumbuhan pemakan serangga..?

8) Jelaskan cara bebek menyesuaikan diri dengan lingkungannya?
Soal di atas adalah soal terkait dengan hewan jenis unggas yaitu bebek. Yang mana hewan yang ada didunia ini mempunyai sebuah cara untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya tempat mereka tinggal dan caranya pun beragam. Terkait dengan pertanyaan di atas, jelaskan cara bebek menyesuaikan diri pada lingkungannya.

9) Jelaskan cara unta menyesuaikan diri dengan lingkungannya?
Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan hewan onta. Yang mana seperti kita tahu bahwa hewan onta adalah hewan yang sangat luar biasa karena bisa hidup di tanah yang gersang dan panas dengan baik. Terkait dengan pertannyaan di atas, jelaskan cara unta menyesuaikan diri dengan lingkungannya..?

10) Bagaimana cara cumi-cumi melindungi diri dari musuh?
Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan hewan air yaitu cumi-cumu. Selain mempunyai sebuah bentuk tubuh yang unik, cumi-cumi juga mampu bertahan hidup dan melawan dari musuhnnya. Terkait dengan pertannyaan di atas adalah bagamanakah cara sumi-sumi melindungi diri dari musuh..?

Dikerjakan 5 soal terlebih dahulu juga tidak apa-apa. Besok dilanjutkan lagi, besoknya lagi dan terus menerus kan bisa mendapatkan sampai 20 atau 40 soal latihan yang dipahami, benar tidak? Karena ini untuk latihan maka tidak disediakan jawaban. Silahkan adik-adik coba kerjakan dengan baik.

Kalau tidak bisa dilewati dulu sampai selesai. Kalau sudah selesai cari soal yang tidak bisa dijawab tadi kemudian pelajari lagi materi di buku catatan atau buku cetak. Setelah itu coba kerjakan lagi. Ya sudah, sekarang silahkan diselesaikan dulu.

Kumpulan Contoh Soal Pelajaran IPA SD Kelas 5 Semester 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown