Friday, November 4, 2016

Kumpulan Contoh Soal Latihan UTS TIK Kelas 5 SD

Kumpulan Contoh Soal Latihan UTS TIK Kelas 5 SD - Microsoft excel adalah salah satu program komputer yang cukup penting dan sering digunakan. Program ini tentu masuk dalam materi pelajaran TIK baik untuk anak sekolah dasar, SMP maupun SMA. Yang berikut ini adalah latihan soal untuk adik-adik kelas 5 SD khususnya untuk semester 2.

Latihan soal SD berikut ini memang diperuntukkan untuk berlatih memahami materi pelajaran yang sudah diajarkan. Fungsinya soal seperti ini tentu untuk membantu adik-adik pelajar dalam mengingat kembali materi pelajaran yang dipelajari.

Pada contoh kali ini kita akan berlatih dengan dua jenis soal. Soal pertama yaitu jenis soal isian singkat. Soal kedua yaitu soal uraian yang jawabannya sedikit lebih panjang. Pada bagian pertama akan ada setidaknya 10 soal latihan dan pada bagian kedua ada sekitar 5 contoh.

Pada soal bagian pertama perintahnya yaitu isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar! Sekarang silahkan langsung mulai mengerjakan soal-soal yang sudah disiapkan di bawah ini. Coba dikerjakan semua ya!

1. Perangkat lunak pengolah angka buatan microsoft adalah …
Soal di atas adalah sebuah soal yang menjelaskan tentang sebuah sebuah perangkat pengolah angka buatan dari pada microsoft . Perangkat tersebut adalah sebuah perangkat yang memang sering digunakan dalam dunia kerja. Perangkat apakah yang dimaksud dalam soal di atas..?

2. Cell adalah …
Dalam mata pelajaran TIK adalah sebuah istilah Cell, apakah yang dimaksud dengan Cell pada soal di atas. Jelaskan dengan baik dan benar.

3. Sheet adalah …
Dalam mata pelajaran TIK kita juga mengenal tentang Sheet. Terkait dengan sebuah pertanyaan di atas, apakah yang dimaksud dengan istilah Sheet pada pertanyaan yang sudah dikemukan di atas.

4. Rows Height digunakan untuk …
Terkait dengan soal di atas menjelaskan tentang sebuah Rows Height. Yang mana soal di atas menjelaskan apakah yang dimaksud dari istilah Rows Height..?

5. Column Widht digunakan untuk …
Dalam mata pelajaran TIK juga ada sebuah istilah tentang Column Widht. Terkait dengan sebuah soal yang sudah dikemukakan di atas, apakah yang dimaksud dengan sebuah istilah yang sudah dipaparkan di atas..?

6. Klik Insert-pilih picture digunakan untuk …
Di atas adalah sebuah soal yang menjelaskan tentang mengoprasikan sebuah sofware atau program tertentu. Yang mana digunakan untuk apakah langkah yang sudah ada di atas tersebut....?

7. Rumus =Cell....* Cell... digunakan untuk …
Di atas adalah sebuah rumus dari sebuah program dari komputer, yang biasanya ada pada sebuah program pengelolahan angka. Digunakan untuk apakah rumus yang sudah dipaparkan di atas dalam program komputer..?

8. Rumus =Min (Cell... : Cell...) untuk mengetahui jumlah …
Di atas adalah sebuah rumus dari program komputer yang berfungsi sebagai sebuah pengelolaan angka. Terkait dengan pertanyaan di atas, digunakan untuk apakah rumus tersebut pada sebuah program pengelolaan angka atau excel?

9. Rumus =Max(Cel.. : Cel...) untuk mengetahui jumlah …
Soal di atas mencantumkan sebuah rumus untuk sebuah program yang ada pada pengelolahan sebuah data berupa angka pada komputer. Digunakan untuk apakah sebuah rumus yang sudah tercantum pada soal di atas pada program pengelola angka pada komputer..?

10. Rumus =Count (Cell... : Cell...) untuk mengetahui …
Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah rumus yang ada di program komputer. Yang mana untuk apakah sebuah fungsi yang dimiliki oleh rumus yang sudah dicantumkan di atas..? 

Bagaimana, tidak begitu sulit bukan soal komputer tentang ms excel di atas? Iya dong, apalagi jika adik-adik rajin belajar, pasti bisa mengerjakan semua soal di atas. Kalau sudah selesai istirahat dulu saja tidak apa-apa. Setelah selesai istirahat, adik-adik bisa melanjutkan latihan dengan soal esai.

Soal essay komputer berikut terdiri dari 5 soal latihan yang mudah. Sama dengan yang di atas, soal tersebut juga tidak disertai dengan kunci jawaban. Jadi, adik-adik bisa menggunakannya untuk latihan di rumah. Perintahnya yaitu jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang tepat!

1) Sebutkan langkah untuk membuat chart dalam micrsosft excel 2007!
Miscroskop Exsel adalah sebuah program komputer yang berfungsi untuk pengelolaan data brupa angka. Terkait dengan hal tersebut untuk mengoprasikannya perlu sebuah langkah yang tepat agar program tersebut bisa benar-benar diguanakan dengan baik. Salah satunya adalah membuat chat pada program tersebut, bagaimanakah langkah cara membuat sebuah chart pada program Miscroskop Excel 2007..? 

2) Tuliskan simbol bilangan pangkat, kali, tambah, bagi, dan kurang dalam microsoft excel 2007!
Sebuah pengelola angka yang ada pada komputer juga difungsikan sebuah sebuah program penghitung sebuah angka. Yang manakah tuliskanlah sebuah simbol terkait dengan sebuah simbol hitung yang berupa pangkat, kali, tambah, bagi, dan kurang.

3) Tuliskan rumus untk mencari jumlah keseluruhan dalam microsoft excel!
Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah rumus mencari sebuah keseluruhan jumlah yang ada dalam  microsoft Excel. Tuliskanlah sebuah rumus tersebut pada dengan baiak dan benar..?

4) Sebutkan langkah membuat smart art!
Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah langkah membuat smart art yang ada pada komputer. Tuliskanlah sebuah langkah-langkah membuat smart art dengan baik dan benar, serta dengan cara berurutan..!

5) Tuliskan langkah menyimpan file di microsoft excel!
Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah langkah menyimpan sebuah file yang ada pada Microsoft Excel. Perintahnya adalah tuliskan sebuah langkah yang baik dan benar cara menyimpan file di Microsoft Excel.

Di sekolah memperhatikan penjelasan bapak dan ibu guru, di rumah rajin membaca kembali catatan dan buku pelajaran ditambah lagi sering berlatih soal, pasti bisa lebih pandai lagi. makanya, tidak salah jika adik-adik rajin berlatih agar terampil mengerjakan berbagai soal.

Kalau sudah selesai jangan lupa belajar dengan soal-soal latihan lainnya yang sudah disiapkan ya. Masih ada banyak soal latihan lain yang bisa digunakan untuk mengasah kemampuan. Mudah-mudahan apa yang dibahas disini bisa berkenan dan bermanfaat bagi rekan pelajar semua dimanapun berada.

Kumpulan Contoh Soal Latihan UTS TIK Kelas 5 SD Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown