Monday, June 10, 2019

Rangkuman Tentang Macam – Macam Gerak

Macam – Macam Gerak - Pada ilmu fisika kita mengenal istilah gerak, namun apakah sebenarnya gerak itu, dan apa saja macam-macam gerak menurut ilmu fisika? Mau tahu jawabannya, ikuti pembahasan materi macam-macam gerak fisika berikut ini.
Rangkuman Tentang Macam – Macam Gerak Singkat
Ilustrasi Gerak dalam Ilmu Fisika
Dalam ringkasan atau rangkuman materi kali ini kita akan membahas poin penting berkaitan dengan materi fisika tentang gerak. 

Pembahasan ini akan mengulas mengenai pengertian dan juga berbagai jenis gerak atau pembagian gerak. Dengan begitu kita akan memahami inti dari pokok pembahasan dalam bab ini. 

Karena merupakan rangkuman maka detail materi tidak akan diberikan pada uraian ini, penjelasannya akan dibuat seringkas dan sesederhana mungkin agar mudah dipahami. 

Pembahasan kali ini kita akan mengingat kembali mulai dari definisi atau pengertian serta pembagian gerak. Ingin tahu lebih banyak mengenai macam gerak dalam ilmu fisika, berikut penjelasan selengkapnya.

A. Pengertian Gerak

Gerak adalah perubahan posisi suatu benda terhadap titik acuan. Titik acuan sendiri didefinisikan sebagai titik awal atau titik tempat pengamat.

Gerak bersifat relatif artinya gerak suatu benda sangat bergantung pada titik acuan. Benda yang bergerak dapat dikatakan tidak bergerak, sebagai contoh meja yang ada di bumi pasti dikatakan tidak bergerak oleh manusia yang ada di bumi.

Tetapi bila matahari yang melihat maka meja tersebut bergerak bersama bumi mengelilingi matahari.

Contoh lain gerak relatif adalah B menggedong A dan C diam melihat B berjalan menjauhi C. Menurut C maka A dan B bergerak karena ada perubahan posisi keduanya terhadap C.

Sedangkan menurut B adalah A tidak bergerak karena tidak ada perubahan posisi A terhadap B. Disinilah letak kerelatifan gerak.

Benda A yang dikatakan bergerak oleh C ternyata dikatakan tidak bergerak oleh B. Lain lagi menurut A dan B maka C telah melakukan gerak semu.

Gerak semu adalah benda yang diam tetapi seolah-olah bergerak karena gerakan pengamat. Contoh yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kita naik mobil yang berjalan maka pohon yang ada dipinggir jalan kelihatan bergerak.

Ini berarti pohon telah melakukan gerak semu. Gerakan semu pohon ini disebabkan karena kita yang melihat sambil bergerak.

B. Pembagian Gerak

Gerak bisa dibedakan menjadi beberapa macam. Berikutnya kita akan belajar mengenai berbagai pembagian gerak. Bedasarkan lintasannya gerak dibagi menjadi 3 yaitu:

1. Gerak lurus yaitu gerak yang lintasannya berbentuk lurus. Selengkapnya tentang materi ini silahkan lihat di Materi Gerak Lurus.

2. Gerak parabola yaitu gerak yang lintasannya berbentuk parabola. Selengkapnya tentang materi ini silahkan lihat di Materi Gerak Parabola.

3. Gerak melingkar yaitu gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran. Selengkapnya tentang materi ini silahkan lihat di Materi Gerak Melingkar.

Selanjutnya, gerak masih bisa dibedakan berdasarkan penggolongan lain yaitu berdasarkan percepatannya, Berdasarkan percepatannya gerak dibagi menjadi 2 yaitu:
  1. Gerak beraturan adalah gerak yang percepatannya sama dengan nol (a = 0) atau gerak yang kecepatannya konstan. 
  2. Gerak berubah beraturan adalah gerak yang percepatannya konstan (a = konstan) atau gerak yang kecepatannya berubah secara teratur

Mudah-mudahan sedikit Rangkuman Materi tentang Macam – Macam Gerak di atas bisa mengingatkan kembali pada materi pelajari fisika yang pernah diajarkan oleh bapak dan ibu guru di sekolah. Pembahasan lain mengenai macam gerak tersebut bisa anda lihat melalui tautan yang ada.

Selain rangkuman ini masih banyak juga berbagai rangkuman materi pelajaran lain yang sudah diberikan. Bisa dibaca untuk pendalaman materi atau untuk referensi tugas. Semoga bisa bermanfaat!

Rangkuman Tentang Macam – Macam Gerak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes