Thursday, May 28, 2015

Rangkuman Materi Gerak Parabola

11:02 PM By Kumpulan Tugas , ,

Rangkuman Materi Gerak Parabola - Salah satu materi yang harus kita pahami adalah materi pelajaran Fisika yaitu tentang gerak. Pada materi ini kita akan memperdalam pengetahuan kita tentang berbagai hal yang berhubungan dengan gerak tersebut. Untuk materi tentang gerak sendiri telah di bahas pada uraian sebelumnya dan sekarang kita akan melanjutkan ke sub materi gerak yaitu tentang gerak parabola

Pada pembahasan materi sekolah sebelumnya kita telah belajar banyak tentang gerak, kali ini kita melanjutkan dengan materi gerak parabola, mau tahu apa itu gerak parabola yaitu khususnya mengenai pengertian gerak parabola dan juga rumus gerak parabola. Lebih jelas mengenai dua hal tersebut silahkan simak materi kita berikut ini tentang gerak parabola. Namun sebelum kita terlalu jauh membahas mengenai topik ini ada baiknya juga kita lihat beberapa informasi lain sebagai berikut:

1) Rangkuman gerak parabola kelas 11
2) Rangkuman gerak parabola kelas xi
3) Materi gerak parabola ppt
4) Materi gerak parabola kurikulum 2013
5) Materi gerak parabola pada bidang miring
6) Materi gerak parabola fisika kelas xi
7) Materi gerak parabola dan melingkar
8) Materi gerak parabola pdf

Beberapa pembahasan di atas juga sering kita butuhkan untuk belajar tentang pelajaran Fisika ini. Nah, kalau waktunya cukup jangan lupa baca juga beberapa pembahasan tersebut agar pengetahuan kita tentang materi ini bisa lebih luas dan lengkap. Sekarang mari kita lanjutkan ke inti materinya.

Pengertian Gerak Parabola

Disebut gerak parabola karena gerak ini memiliki lintasan yang berbentuk setengah lingkaran atau parabola. Untuk pengertiannya secara sederhana dapat kita katakan bahwa gerak parabola adalah suatu jenis gerakan benda yang pada awalnya diberi kecepatan awal lalu menempuh lintasan yang arah sepenuhnya dipengaruhi oleh gravitasi. Gerak ini merupakan gerak benda dengan lintasan berbentuk parabola (setengah lingkaran).

Gerak parabola adalah gabungan dari 2 buah jenis gerakan yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) yang arahnya mendatar dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang arahnya vertikal. Gerak vertikal dipengaruhi oleh percepatan gravitasi sehingga kecepatannya akan selalu berubah. Untuk mempelajari gerak parabola maka kita perlu meninjau masing-masing gerak secara terpisah baik yang arah mendatar (komponen X) maupun yang arah vertikal (komponen Y). Agar lebih jelas mari kita perhatikan ilustrasi pada gambar berikut!

Gerak arah mendatar (komponen X)
Rangkuman Materi Gerak ParabolaGerak arah vertikal (komponen Y)

Itulah sedikit mengenai pengertian dari gerak parabola. Dari gambar di atas jelas sekali bahwa arah gerak yang satu ini awalnya adalah tegak lurus atau vertikal sehingga kecepatannya akan dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Sekarang kita sudah lebih tahu lagi mengenai definisi gerak parabola, kita tinggal lanjutkan dengan mempelajari bagaimana rumus yang digunakan untuk jenis gerak tersebut.

Rumus Gerak Parabola

Karena dipengaruhi percepatan grafitasi maka kecepatan pada arah ini akan selalu berubah. adapun nilai kecepatan pada arah vertikal pada tiap saat adalah :


Semakin lama, kecepatan vertikal semakin berkurang dan akhirnya berhenti. Titik dimana kecepatan vertikal nol di capai pada titik tertinggi (titik B). Tinggi titik tersebut adalah :


Adapun untuk mencapai titik tertinggi tersebut (titik B) adalah :

Selesai sudah sedikit rangkuman materi Fisika kali ini. Biar sedikit tapi lumayan lho, so jangan lupa untuk mengingat rumus-rumus dari gerak parabola diatas. Jangan lupa untuk berlatih mengerjakan soal rumus. Dengan adanya Rangkuman Materi Gerak Parabola ini maka diharapkan kita akan lebih paham lagi dan bisa mengerjakan berbagai soal tentang gerak parabola yang biasanya kita temui baik di ulangan harian, mid ataupun semester. Itu saja, silahkan dilanjutkan ke pembahasan materi berikutnya di bagian akhir rangkuman ini.

Lihat juga tugas...!