Tuesday, September 27, 2016

Cerita Sukses Pengusaha Kos-kosan

Namanya pak Budi, dia adalah pengusaha kos – kosan. Sudah banyak anak yang mengekos di rumahnya. Kos – kosan pak Budi tergolong sederhana tidak seperti kos – kosan yang lain. Tapi banyak anak kos yang memilih mengekos di tempat pak Budi.

Banyak yang mengatakan kalau tempat kos milik pak Budi nyaman, bersih walaupun sederhana. Selain itu orangnya asik tidak kaku, jadi anak – anak kos tidak merasa sungkan jika ingin mengobrol dengannya.

Ali biasa dipanggil temannya, dia adalah salah satu anak yang mengekos di tempat pak Budi. “pak, pak Budi salah boleh membantu” sambil berjalan ke arah pak Budi, “ia boleh li” sambil memegang sabit ditangan kanannya.

Ali pun segera menuju kearah pak Budi untuk membantu membersihkan rumput dihalaman.

“pak, teman – teman ku banyak yang merasa tidak betah ngekos di tempak pak Wahyu, mereka ingin mengekos ditempak bapak” kata ali sambil memegang sapu. Pak Budi menjawab “lho, emang kenapa”.

Lalu Ali menjawab “katanya tempat kosan milik pak Budi nyaman”.  Jawab pak Budi “tapi kan kamu tahu li, tempat kosan bapak kamarnya sudah habis”.

Setelah berbincang – bincang agak lama datang wanita cantik memakai jilbab dengan baju yang agak ketat, “pak pak, ini lo teman ku yang mau pindah kos ditempat bapak” kata Ali.

“Wah…, cantik banget li temanmu, tapi sayang kamar kosnya sudah habis, jadi untuk sekarang ini bapak belum bisa menerimanya, mungkin untuk tahun depan bapak bisa menerimanya” kata pak Budi sambil melihat wanita itu, lalu dengan nada genit wanita itu menjawab “Ya sudah pak, semester depan saja saya ngekosnya”

Tahun berikutnya, Pak Budi membangun sekitar lima kamar baru untuk dikoskan. Dan semakin banyak rumah – rumah yang menyediakan tempat untuk kos.

Ada yang memfasilitasi tempat kosanya dengan tv, kipas angin dan lainnya, bahkan ada yang memberikan fasilitas wifi. Tapi hal ini berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan.

Walaupun kos – kosan lain memberikan fasilitas lengkap seperti hotel berbintang lima pak Budi menanggapinya dengan santai. Pak Budi tidak menghiraukannya walaupun dalam hati Pak Budi sempat berkata “aduhh, kalo seperti ini bisa menurun pendapatanku”.

Ternyata benar apa yang dibatin oleh Pak Budi. Di tahun itu anak yang mengekos di tempat pak Budi berkurang, karena fasilitas yang disediakan terbilang standar saja.

Tetapi setelah berjalan enam bulan. Banyak anak yang ingin pindah ketempat pak Budi. Walaupun dengan fasilitas bintang lima mereka merasa tidak nyaman. Banyak yang mengatakan auranya berbeda dengan tempat pak Budi.

Akhirnya ada sekitar tujuh orang yang pindah ketempat pak Budi. Salah satunya temannya ali, wanita cantik yang berjilbab dengan baju ketat, tapi sekarang temanya ali tidak lagi memakai baju ketat, mungkin sudah mendapat hidayah.

Ditahun – tahun berikutnya usaha kos – kosan milik pak Budi semakin bertambah maju dengan fasilitas yang ditambah. Banyak yang menanyakan apa rahasia kesuksesan dari pak Budi.

Ternyata kunci  kesuksesannya adalah jadikan rumah itu milik sendiri, buat anak – anak merasa nyaman dengan memberikan kebersihan, kerapian dan berikan sifat yang ramah kepada mereka.

---oOo---

Cerita Sukses Pengusaha Kos-kosan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko