Thursday, April 23, 2015

Materi Peradaban Suku Astec Powerpoint (ppt)

Materi Peradaban Suku Astec Powerpoint (ppt) - Materi yang akan kita pelajari kali ini masih merupakan lanjutan dari materi sebelumnya yaitu tentang peradaban besar di dunia. Kali ini pelajaran sejarah kita ini akan membahas mengenai peradaban astec yang berasal dari Amerika. Tetapi, dalam pembahasan ini sebenarnya yang akan ditekankan adalah mengenai ringkasan materi yang akan kita gunakan sebagai bahan dalam membuat bahan presentasi poweerpoint ppt. Jadi dalam materi ini kita akan mendapatkan rangkuman yang bisa kita gunakan untuk membuat slide powerpoint yang kita butuhkan untuk presentasi baik kelompok maupun individu. 

Seperti kita tahu, dalam membuat powerpoint tentunya kita hanya akan menggunakan inti dari berbagai materi yang akan kita jelaskan. Maka dari itu disini tentu yang kita butuhkan hanya gambaran umum berbagai informasi tentang peradaban suku astec tersebut. Berikut materi selengkapnya yang bisa kita gunakan. 

Benua Amerika terdiri atas bagian: Amerika utara , Amerika tengah, dan Amerika selatan. Di benua ini terdapat pegunungan tinggi yang menjulur dari utara sampai ke selatan seperti, rocky montains pegunungan amerika tengah dll. Amerika diapit oleh dua samudra yakni: samudera pasifik di sebelah barat, dan samudra atlantik di sebelah timur. 

Di Amerika kaya akan mineral, sedangkan di daratan yang rendah memungkinkan untuk pertanian , perkebunan , dan peternakan. Penduduk Amerika berasal dari kedatangan bangsa “barat yaitu suku” indian yang diperkirakan berasal dari bangsa Afrika. Mereka datang melalui selat Bering. Suku-suku tersebut telah mengenal kebudayaan yang tinggi.

Peradaban Suku Aztec (di dataran tinggi Mexico, Amerika Utara)
Kebudayaan Aztek berkembang di daerah Meksiko Tengah dan selatan, terutama di sekitar danau-danau Tezuko, Zumpangochalko, dan Xaltokan. Pengaruhnya meluas dari pantai pasifik sampai Teluk Meksiko. Bangsa Aztek hidup dari pertanian. Mereka dikenal sebagai bangsa yang suka berperang. Bangsa Aztek memiliki tentara yang kuat. Bangsa yang dapat dikalahkan mereka jadikan budak. Mereka membangun kota dan kuil dengan menggunakan tenaga para budak itu. 

Untuk keperluan keagamaannya, bangsa Aztek membangun kuil-kuil berbentuk piramida yang besar dan megah, seperti kuil Matahari dan kuil Bulan. Dalam bidang pertanian, bangsa Aztek terkenal sanagat mahir. Mereka memanfaatkan lahan-lahan di sekitar danau dan rawa. Tanaman yang ditanam terutama padi dan jagung. Bangunan-bangunan yang dihasilkan besar dan indah. Bangunan pemujaan berbentuk piramida banyak didirikan. Patung-patung digambarkan secara terbuka atau berhadap-hadapan. 

Kebanyakan patung itu berbentuk mengerikan karena ada hubungannya dengan upacara pengorbanan manusia bagi pemujaan dewa Huitzilopochtli. Darah manusia merupakan bagian dari upacara untuk mencegah kehancuran dunia yang ditandai dengan lenyapnya matahari. Upacara korban manusia bagi bangsa Aztek bukan hal yang mengerikan, begitu juga bagi calon korbannnya.

Menurut kepercayaan mereka, kematian di tangan pendeta merupakan suatu kehormatan. Kurban itu dipersembahkan dengan tujuan agar dewa-dewa tidak marah sehingga tidak mendatangkan bencana alam.

Lihat juga:
Materi powerpoint peradaban romawi kuno ppt

Puncak kejayaannya dicapai pada abad ke-13. ibu kota Tenokhtitlan di tepi Danau Tezuko merupakan suatu tempat pertahanan yang kuat. Peperangan antar suku bangsa Aztek sering terjadi. Pada masa pemerintahan Ahuitzoti, wilayah kekuasaannya meluas dari pantai pasifik sampai Teluk Meksiko, dan dari lembah Meksiko di Utara sampai Guatemala di selatan. Seluruh penduduk kerajaan Aztek berjumlah 5 juta orang. Bangsa Aztek ditaklukkan oleh Cortez dari Spanyol tahun 1519.

Beberapa tahun setelah Columbus, pada tahun 1506, pelaut Spanyol Hernando Cortez sampai di Meksiko. Mereka tidak berniat untuk berdagang. Mereka adalah conquistadores dan mereka datang untuk menguasai itu. Sejak itu, Hernando Cortez mulai melakukan berbagai ekspedisi untuk mencari benda yang sudah ia impikan sejak berangkat dari Spanyol, yakni emas, namun hasilnya tidak pernah memuaskan. Pada 1519, Ia menjelajah ke daerah baru. Dalam perjalanan itu, ia membawa 600 tentara bersenjata lengkap, pasukan berkuda, dan juga meriam. Setelah beberapa hari perjalanan ia menemukan sebuah peradaban yang sangat menakjubkan dan belum pernah dilihat orang eropa lainnya. Ia menemukan Aztec, dan, ceritapun dimulai. 

Aztec adalah peradaban paling maju di benua Amerika. Kerajaan besar itu di pimpin oleh Raja Montezuma. Ibu kotanya yang sangat besar, Tenochtitlan, mempunyai 100 ribu penduduk bahkan lebih banyak dari kota terbesar Spanyol. Yang sangat mencengangkan orang- orang Spanyol adalah bangunan-bangunan besar yang berdiri di atas air, seakan-akan dibangkitkan oleh tukang-tukang sihir.

Tidak hanya maju, mereka juga sangat kaya raya. mereka mempunyai timbunan emas, perak, dan bermacam perhiasan yang berlimpah-limpah. Inilah yang dicari Cortez! dan, Cortez melihat mereka tidak mempunyai senjata yang cukup maju, kuda, atau baju-baju besi seperti yang dipakai pasukan Spanyol. Dilihat sekilas saja, pasukan Aztec, walaupun lebih besar jumlahnya, cuma pasukan primitif yang mudah ditundukkan. Suku Aztec mempunyai emas yang sangat banyak hingga menggunung. Emas yang sangat diinginkan Cortez.

Pasukan Cortez sudah diperingatkan untuk pergi dari sana, namun mereka justru bergerak cepat masuk ke pusat kota dan menyandera Montezuma. Raja itu kemudia dibunuh. Orang-orang Aztec yang marah kemudian berusaha membunuh paskukan Cortez, tetapi mereka berhasil melarikan diri. Akan tetapi,orang-orang Spanyol itu telah melihat kekayaan emas Aztec yang sungguh luar Biasa. Mereka akan kembali. Setelah mempersiapkan dan mempersenjatai lagi pasukannya, pada 1521 pasukan Spanyol kembali lagi dan menghancur-leburkan peradaban ini. Sebagian besar penduduknya dihabisi dengan senapan, meriam, pedang panjang, crossbow, dan sisanya dijadikan budak-budak. 

Seluruh harta Aztec berupa emas dan perhiasan dijarah dan diangkut ke Spanyol. Ratusan ribu orang pribumi kemudian juga tewas oleh macam-macam penyakit yang dibawa orang-orang Eropa. Peradaban Aztec akhirnya hancur dan musnah. Meksiko yang kaya akan emas sejak itu dikuasai penuh orang-orang Spanyol.

Materi Peradaban Suku Astec Powerpoint (ppt) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Duwa Ananda