Wednesday, January 14, 2015

Cara Membuat Trigger di MS SQL Server 2000

Cara Membuat Trigger di MS SQL Server 2000 - Hari ini kita akan mendalam sebuah materi atau pelajaran tentang MS SQL Server 2000 yaitu Cara Membuat Trigger. Dengan pembahasan ini kita akan belajar dengan panduan database server yang akan dijelaskan secara rinci berikut dengan gambar masing-masing langkah yang akan dilakukan. Untuk yang ingin tahu bagaimana Cara Membuat Trigger dengan program MS SQL Server 2000 bisa mengikuti panduan berikut.

Sebelum kita mulai tugas dengan tutorial tersebut kita akan coba mengingat kembali apa yang dimaksud dengan trigger dan mengenai program yang akan kita gunakan tersebut. Berikut penjelasan mengenai sql server dan juga mengenai trigger.

QL Server adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client/server. Istilah client, server, dan client/server dapat digunakan untuk merujuk kepada konsep yang sangat umum atau hal yang spesifik dari perangkat keras atau perangkat lunak. Pada level yang sangat umum, sebuah client adalah setiap komponen dari sebuah sistem yang meminta layanan atau sumber daya (resource) dari komponen sistem lainnya. Sedangkan sebuah server adaah setiap komponen sistem yang menyediakan layanan atau sumber daya ke komponen sistem lainnya.

SQL Server adalah server basisdata yang secara fungsional adalah proses atau aplikasi yang menyediakan layanan basisdata. Client berinteraksi dengan layanan basisdata melalui antar muka komunikasi tertentu yang bertujuan untuk pengendalian dan keamanan. Client tidak mempunya akses langsung kedata, tetapi selalu berkomunikasi dengan server basisdata. (Marcus Teddy.2004).

SQL Server menggunakan tipe dari database yang disebut database relasional. Database relasional adalah database yang digunakan sebuah data untuk mengatur atau mengorganisasikan kedalam tabel. Tabel-tabel adalah alat bantu untuk mengatur atau mengelompokan data mengenai subyek yang sama dan mengandung informasi dan kolom dan baris. Tabel-tabel saling berhubungan dengan mesin database ketika dibutuhkan. SQL Server mendukung beberapa tipe data yang berbeda, termasuk untuk karakter, angga, tanggal (datetime) dan uang (money), SQL Server digunakan untuk menggambarkan model dan implementasi pada database. (Sumber: Andris)

Cara Membuat Trigger di MS SQL Server 2000


Sekarang kita ingat kembali mengenai materi tentang Pengertian Trigger: Yang utama dari trigger ini adalah pembuatan metode validasi dan batasan akses ke dalam suatu database. Dalam hal ini trigger berfungsi sebagai kontrol dalam suatu tabel sehingga pengamanan database bisa jauh lebih akurat dan aman dalam hal ini trigger bisa dimanfaatkan dalam membatasi login user dan sebagainya. 

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana membuat trigger untuk syntax dasar insert, delete dan update. Untuk contoh, pada Cara Membuat Trigger di MS SQL Server 2000 kita akan membuat table TBarang sebagai tabel master dan TStokAwal dan TPenjualan sebagai tabel transaksi.





Untuk memasukan syntax trigger, pada design view di SQL Server Enterprise Manager klik icon triggers



Hapus template trigger sebelum memasukkan syntax.

Berikut syntax trigger untuk perintah dasar insert, update dan delete :

1. Membuat trigger untuk insert
Kita akan coba membuat keterangan di tabel history pada saat kita melakukan perubahan pada tabel barang, kita buat dulu tabel history-nya :

Lalu kita buat trigger-nya di Tbarang :

create trigger inserthistory on [dbo].[TBarang]
for insert
as
insert into history (keterangan, waktu)
values ('Penambahan data pada tabel siswa', getdate ())

Kita cek dengan memasukkan data baru , lalu kita cek di tabel history berikut hasilnya :




Anda juga bisa menambahkan keterangan waktu saat data di hapus
create trigger inserthistory1 on [dbo].[TBarang]
for delete
as
insert into history (keterangan, waktu)
values ('Penghapusan data pada tabel siswa', getdate ())

        Dan untuk menambahkan keterangan pada waktu di update, syntax-nya adalah sebagai berikut :
create trigger trg_tambahsiswa on siswa for update as
insert into history(keterangan, tgl)
values (‘pengubahan data pada tabel siswa’,getdate())

2. Membuat trigger untuk Mengedit
Trigger ini diperlukan dengan asumsi jika data pada TBarang berubah maka data yang berkaitan dengan TBarang juga ikut berubah. Berikut syntax-nya :

Create Trigger update1 on TBarang
For update
As
Update TStokAwal
Set TStokAwal. NmBarang = TBarang. NmBarang
From TBarang
Where TStokAwal.KdBarang =TBarang.KdBarang

Lalu kita cek, ternyata jika Nama barang pada Tbarang kita ubah di TstokAwal nama barangnya juga ikut berubah





Jika terjadi penjualan maka seharusnya stok awal juga berkurang, maka kita buat trigger-nya untuk mengaktifkan otomatisasinya, berikut syntax-nya :

CREATE Trigger updateStokP on TPenjualan
For update
As
Update TStokAwal
Set TStokAwal.Jumlah = TStokAwal. Jumlah - TPenjualan. JmlBarang
From TPenjualan
Where TPenjualan.KdBarang = TStokAwal.KdBarang

Kita cek, apakah TstokAwal berkurang jumlahnya jika terjadi penjualan.
Jumlah awal dari stok awal adalah sebagai berikut.


Lalu kita masukkan transaksi di TPenjualan :


Kita cek, ternyata di TStokAwal jumlahnya ikut berkurang mengikuti transaksi yang terjadi di TPenjualan.


3. Membuat trigger untuk menghapus
Trigger ini difungsikan agar data yang sudah terhapus di TBarang otomatis terhapus juga di semua tabel yang memuat data berkenaan dengan TBarang.
Berikut Tabel Awal TBarang :



Kita masukkan syntax trigger-nya :

CREATE TRIGGER hapus ON TBarang
FOR DELETE
AS
delete TStokAwal
from TStokAwal, deleted
where TStokAwal.KdBarang = deleted.KdBarang

Untuk melihat apakah trigger berhasil menjalankan perintah coba hapus salah satu KdBarang, mis KdBarang: 01.

Kita lihat di tabel TStokAwal data KdBarang : 02 juga terhapus.


Demikian tutorial Cara Membuat Trigger di MS SQL Server 2000 ini. Mudah-mudahan dengan adanya panduan atau tutorial ini bisa bermanfaat bagi kita semua yang membutuhkan. Jika masih membutuhkan bahan belajar lain untuk mata kuliah database server bisa melihat beberapa pembahasan lain di akhir tulisan ini. Itu saja, terima kasih. 

Cara Membuat Trigger di MS SQL Server 2000 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah