Wednesday, November 5, 2014

Contoh Deskripsi Hewan dan Gambarnya

Kumpulan Contoh Deskripsi Hewan dan Gambarnya - Tugas kita kali ini adalah membuat sebuah deskripsi mengenai sesuatu atau lebih tepatnya mengenai seekor binatang. Kancil, harimau, burung cendrawasih, kancil dan masih banyak lagi deskripsi hewan lain yang akan kita buat melalui tugas ini. Bisakah anda membuat teks dan paragraf deskripsi tersebut, jika tidak silahkan lihat contoh-contoh yang akan diberikan.

Untuk dapat mendeskripsikan sesuatu tentu saja kita harus tahu dan paham mengenai apa yang dimaksud dengan deskripsi, untuk itu berikut akan kita ingat lagi mengenai pengertian deskripsi agar kita bisa membuat tugas yang diberikan oleh bapak dan ibu guru di sekolah. 

Apakah pengertian deskripsi? Kalimat deskripsi adalah kalimat yang berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan. Sifat apa saja yang bisa dideskripsikan, sifat-sifat itu, antara lain, berupa:
1. ukuran (besar-kecil, tinggi-rendah);
2. warna (merah, kuning, biru);
3. rasa (manis, pahit, getir, halus, kasar);
4. sifat-sifat fisik yang lain.

Kalimat deskripsi menggambarkan atau melukiskan sesuatu sehidup-hidupnya, seperti keadaan alam, ruangan, binatang atau hewan dan keindahan wajah seseorang. Dengan kata lain, kalimat deskripsi adalah kalimat yang menggambarkan keadaan, bentuk, atau suasana tertentu, seperti benda, orang, tempat sesuai dengan objek yang sebenarnya.

Jadi, dengan kalimat deskripsi, pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan sendiri tentang hal yang disampaikan dalam suatu teks. Dengan kata lain, kalimat deskripsi merupakan kalimat yang melukiskan sesuatu, menyatakan apa yang di indra, melukiskan perasaan, dan perilaku jiwa dalam wujud kalimat.

Bagaimana, sudah ingat tentang apa dan bagaimana deskripsi? Sekarang kita rangkum saja, agar lebih mudah dalam mengenali dan membuat deskripsi mari kita lihat beberapa ciri kalimat deskripsi berikut:
a. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu;
b. Penggambaran tersebut dilakukan se jelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra;
c. Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.

Contoh Deskripsi tentang Hewan (Binatang)

Mempelajari mengenai teks deskripsi tentu tidak akan begitu mudah jika tidak disertai dengan contoh yang bisa dipelajari untuk itulah website kumpulan tugas sekolahku ini berusaha memberikan gambaran melalui contoh-contoh yang disiapkan. Anda bisa mempelajari berbagai contoh yang akan diberikan, ada banyak silahkan dipilih mana yang akan di baca.

Inti pembicaraan kita ini memang memberikan contoh yang bisa dipelajari dan digunakan sebagai bahan acuan dalam membuat deskripsi untuk itu akan di berikan langsung setidaknya satu judul agar bisa baca. Contoh yang ini merupakan deskripsi singkat tentang hewan yang tentunya akan dilengkapi juga dengan gambar hewannya sekaligus. Berikut sebuah contoh deskripsi kelinci untuk anda semua.

Deskripsi Tentang Kelinci

Kelinci adalah hewan mamalia dari famili leporidae, yang dapat di temukan di banyak bagian bumi. Dulunya hewan ini adalah hewan liar yang hidup di daratan Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya, th 1912, kelinci diklasifikasikan dalam ordolagomorpha, Ordo ini di bedakan menjadi 2 famili,yaitu ochtonidae (jenis pika) dan leporidae ( termasuk kelinci & terwelu).

Contoh Deskripsi Hewan dan Gambarnya

Asal kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti “anak kelinci”. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Nusantara mula mengenali kelinci saat masa kolonial, padahal di Pulau Sumatera ada satu spesies asli kelinci sumatera (Nesolagus netscheri) yang baru ditemukan pada tahun 1972.

Telinga panjang, kelinci, yang bisa lebih dari 10 cm (4) panjang, mungkin merupakan adaptasi untuk mendeteksi predator. Mereka memiliki besar, kaki belakang yang kuat. Dua kaki depannya memiliki 5 jari kaki, yang disebut ekstra dewclaw tersebut. Kaki belakang memiliki 4 jari kaki. Mereka adalah binatang digitigrade mereka bergerak pada ujung jari kaki mereka. Kelinci Wild tidak berbeda jauh dalam proporsi tubuh atau sikap, dengan penuh, tubuh berbentuk telur. Ukuran mereka dapat berkisar dari 20 cm (8 tahun) panjangnya dan 0,4 kg berat sampai dengan 50 cm (20 in) dan lebih dari 2 kg. Bulu ini paling sering panjang dan lembut, dengan warna seperti nuansa coklat penggemar, abu-abu, dan. Ekor adalah bulu-bulu sedikit bulu kecoklatan (putih di atas untuk cottontails).

Karena epiglotis kelinci bergerak di atas langit-langit lunak kecuali ketika menelan, kelinci adalah nafas hidung obligat. Kelinci memiliki dua set gigi seri, satu di belakang yang lain. Dengan cara ini mereka dapat dibedakan dari tikus, dengan mana mereka sering bingung. Carl Linnaeus awalnya dikelompokkan kelinci dan hewan pengerat bawah Glires kelas kemudian, mereka dipisahkan sebagaimana pendapat dominan adalah bahwa banyak kesamaan mereka adalah hasil dari evolusi konvergen. Kelinci Namun, analisis DNA terbaru dan penemuan nenek moyang yang sama telah mendukung pandangan bahwa mereka memiliki garis keturunan yang sama, dan dengan demikian dan tikus sekarang sering disebut bersama sebagai anggota Glires superclass.

Hanya satu tapi tidak usah bingung dan kecewa. Selain contoh yang ini anda bisa juga membaca berbagai contoh lain yang akan diberikan. Ada banyak sekali dan akan terus di tambah. Masih mau?

Kumpulan Contoh Deskripsi dan Gambarnya

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, disini anda bisa mendapatkan banyak Contoh Deskripsi untuk dipelajari. Ada beberapa koleksi yang sudah di bagi-bagi berdasarkan apa yang digambarkan dalam kalimat tersebut. Ada untuk hewan, tumbuhan dan bahkan untuk benda mati seperti tempat dan lain sebagainya. Dengan begitu anda bisa lebih mudah memilih mana yang ingin di baca.

Contoh Deskripsi Hewan dan Gambarnya

Sekarang dari pada lama-lama anda bisa langsung memilih beberapa contoh yang sudah disiapkan. Koleksi pertama adalah untuk contoh deskripsi berbagai tema yaitu sebagai berikut:
  1. Contoh deskripsi hewan dalam bahasa inggris
  2. Contoh teks deskripsi hewan kucing
  3. Contoh deskripsi hewan kelinci
  4. Contoh deskripsi hewan kucing
  5. Contoh deskripsi benda
  6. Artikel contoh deskripsi hewan
  7. Kumpulan deskripsi hewan
  8. Contoh deskripsi kucing

Meski belum semua ada namun beberapa tema atau bahan deskripsi tersebut akan dilengkapi secepat mungkin. Jika anda tidak mendapatkan yang diinginkan maka mohon sedikit bersabar dan harap maklum karena menyiapkan contohnya juga butuh waktu.

Jika tidak mendapatkan dari koleksi contoh di atas jangan putus asa dulu, tetap di sini karena masih ada yang lain lagi. Selain koleksi tersebut anda bisa membaca juga - sesuai dengan tema artikel ini - beberapa dekripsi tentang hewan yang ada di bawah ini.
  1. Deskripsi Anjing
  2. Deskripsi Kucing
  3. Deskripsi Marmut / Hamster
  4. Deskripsi burung (burung parkit, nuri, beo, kakaktua, betet, dll)
  5. Deskripsi ikan (ikan cupang, lele, nila, lauhan, koi, mas, gapi, dll)
  6. Deskripsi Kambing
  7. Deskripsi Sapi
  8. Deskripsi Ayam
  9. Deskripsi Bebek / Itik
  10. Deskripsi Kelinci

Selain berbagai hewan di atas masih banyak hewan lain yang bisa kita jadikan contoh atau bisa kita buat deskripsinya. Berikut berbagai hewan liar di sekitar rumah kita yang bisa dibuat deskripsi hewan lengkap dengan gambarnya juga.
  1. Cicak
  2. Tikus
  3. Nyamuk / Jentik
  4. Lalat / Belatung
  5. Laba-Laba
  6. Burung pipit kecil / burung gereja
  7. Kucing
  8. Semut
  9. Rayap / Laron
  10. Kecoa
  11. Ikan cere / ikan gapi
  12. Anjing
  13. Kelelawar / codot
  14. Capung
  15. Belalang
  16. Kutu busuk / kutu bangsat
  17. Kutu rambut
  18. Burung walet
  19. Kupu-kupu / Ulat
  20. Ngengat
  21. Kadal
  22. Kodok
  23. Lintah
  24. Ular
  25. Cacing
  26. Undur-undur
  27. Wereng
  28. Kaki seribu / lipan
  29. Bekicot
  30. Keong sawah


Banyak juga bukan, makanya sering-seringlah berkunjung ke situs ini saja untuk mendapatkan berbagai bahan dan referensi tugas yang diberikan oleh bapak dan ibu guru. Disini anda bisa belajar banyak contoh dan materi. Selain itu anda juga bisa berlatih dan menguji kemampuan dengan berbagai latihan yang ada. 

Oke, cukup sampai disini saja Contoh Deskripsi Hewan dan Gambarnya yang bisa diberikan, silahkan pilih mana yang akan dibaca. Jangan lupa catat alamat website ini ya, dan jika tidak merepotkan beritahu juga rekan lain kalau disini lebih mudah mencari contoh tugas sekolah. Trims, selamat belajar!

Contoh Deskripsi Hewan dan Gambarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Duwa Ananda