Saturday, March 8, 2014

Surat Konfirmasi Pengiriman Barang Elektronik

Masih berkaitan dengan surat pemesanan barang, kali ini kita akan berbicara mengenai surat konfirmasi pengiriman barang elektronik sebagai tindaklanjut dari pemesanan barang serta sebagai pemberitahuan tentang barang yang telah dikirim.

Agar tidak salah persepsi, surat konfirmasi pengiriman yang dimaksud di sini adalah surat yang berisi pemberitahuan tentang sudah dikirimnya barang-barang sesuai dengan pesanan yang masuk sebelumnya. Jadi maksud dari surat ini adalah mengkonfirmasikan pengiriman barang yang sudah dilaksanakan oleh pihak penjual.

Setelah sebelumnya mengirimkan surat konfirmasi pemesanan, barang kemudian dikirim dan diikuti dengan konfirmasi pengiriman. Dalam menyusun surat konfirmasi pengiriman barang tersebut ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan yaitu sebagai berikut:
  • Referensi surat pemesanan barang yang masuk sebelumnya
  • Informasi tanggal pengiriman
  • Informasi kapan barang yang dikirim akan sampai kepada pemesan
Selain beberapa hal di atas biasanya akan ada juga informasi mengenai dokumen lain yang perlu ditandatangani oleh si penerima atau pemesan. Sedangkan untuk format surat tetap sesuai dengan tata cara penulisan surat resmi dan surat niaga pada umumnya. Agar lebih jelas, mari kita lihat contohnya berikut.



Contoh Surat Pengiriman Barang Elektronik

PT. TIARA PURNAMASARI
Jl. Sosrowijayan No. 145
CIKAMPEK
=========================================================

No. : 41/TPS/VI/2013                                           12 Juni 2013
Lamp: -
Hal: Pengiriman Barang

PT. WONORANGI
Jl. Wonogiri No.13
Cikampek

Dengan hormat,

Pesanan bapak melalui surat No.130/FJL/SK/VI/2012 berupa;
  1. 3 buah mesin fax merek Panasonic
  2. 5 buah mesin fotokopi merek Panasonic
  3. 2 buah mesin scanner merek cannon

Telah kami kirim hari ini melalui perusahaan Jaysen dan diperkirakan tiba ditempat bapak pada tanggal 15 Juni 2013 Mesin-mesin tersebut kami pak dalam 7 peti yang kuat

Sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama bahwa bapak akan membayar secara tunai saat barang barang tiba ditempat bapak. Maka dengan ini kami lampirkan dokumen dokumen yang perlu bapak tandatangani serta kami mempercayai kepada saudari Trias Narendra untuk menerima transaksi tersebut

Semoga kiriman kami, bapak terima dengan baik. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,
PT. TIARA PURNAMASARI


SUDIMORO



Jelas sekali bahwa Surat Konfirmasi Pengiriman Barang Elektronik ini sangatlah diperlukan baik itu oleh si pemesan atau pembeli maupun bagi si penjual. Untuk itu tidak ada salahnya kita mempelajari contoh di atas agar kita lebih mengerti lagi mengenai jenis surat niaga yang satu ini.

Ok, sampai disini saja pembahasan singkat kali ini, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Surat Konfirmasi Pengiriman Barang Elektronik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah