Sunday, December 1, 2013

Kumpulan Contoh Naskah Story Telling 5 Orang Tokoh

Kumpulan Contoh Naskah Story Telling 5 Orang Tokoh. Dalam pelajaran bahasa Inggris kita sering diminta untuk membacakan story telling dan kali ini kita akan membahas salah satu tugas sekolah tersebut yaitu tugas untuk contoh naskah story telling 5 orang tokoh. Tugas ini merupakan tugas sekolah yang lumayan sulit karena kita harus menyiapkan naskah cerita dengan 5 orang pemain atau tokoh di dalamnya.

Salah satu kemampuan bahasa Inggris yang harus kita kuasai adalah kemampuan berbicara di depan publik baik itu sebagai pembicara tunggal maupun dalam suatu forum diskusi dan lainnya. Melalui tugas storytelling diharapkan kita akan mampu memaparkan sebuah cerita atau kejadian dengan baik dan dapat ditangkap oleh pendengar.

Untuk dapat melakukan hal tersebut sudah pasti kita harus banyak berlatih khususnya melalui latihan-latihan storytelling dengan memanfaatkan cerita-cerita menarik yang kita ketahui. Pada akhirnya, tugas storytelling bahasa Inggris akan meningkatkan kemampuan berbicara kita didepan umum.

Storytelling sendiri atau yang sering disebut mendongeng adalah sebuah bagian dari aktifitas komunikasi, yang sejatinya menuangkan ide, buah pikiran, atau pesan, yang mengisahkan tentang kisah hidup atau berbagai kejadian secara lisan. Dari sini jelas sekali bahwa melalui storytelling kita akan belajar menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

Cara Membuat Naskah Story Telling 5 Orang Tokoh

Ada banyak hal yang dapat digunakan sebagai bahan storytelling (mendongeng), yang paling banyak digunakan adalah cerita-cerita menarik yang mengandung pesan moral di dalamnya. Meski demikian, kita juga dapat menggunakan materi lain sebagai bahan storytelling seperti misalnya pengalaman atau lainnya.

Karena pada kesempatan ini kita sedang membahas mengenai tugas storytelling maka langsung saja kita akan membahas bagaimana cara menyelesaikan tugas ini dengan baik dan mudah. Berikut beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk membuat naskah story telling untuk tugas yang diberikan guru di sekolah.
  1. Mencari sebuah cerita menarik
  2. Menyusun naskah story telling
  3. Membaca dan memahami isi naskah
  4. Berlatih dengan naskah story telling yang telah dibuat
Hal pertama yang dapat kita lakukan dalam menyusun tugas ini adalah mencari ide untuk cerita yang akan digunakan dalam storytelling. Cerita-cerita tersebut dapat berupa cerita-cerita fiksi ataupun cerita non fiksi, yang jelas usahakan cerita yang dipilih memiliki daya tarik tersendiri bagi pendengar.

Setelah mendapatkan cerita yang diinginkan kita dapat mulai menyusun naskah storytelling yang akan kita gunakan. Naskah yang dimaksud ini adalah versi cerita yang akan kita berikan kepada pendengar kita. Kita dapat menyusun ulang kata-kata yang digunakan dalam cerita tersebut sedemikian rupa sehingga storytelling yang akan kita bawakan lebih berkesan.

Setelah menyelesaikan naskah tersebut, pastikan kita membaca kembali naskah tersebut untuk memastikan bahwa tata urutan ceritanya sesuai dengan yang kita inginkan. Pastikan juga kita benar-benar memahami apa yang akan kita sampaikan melalui storytelling tersebut.

Hal terakhir yang akan kita lakukan untuk memuluskan tugas kali ini tentunya adalah berlatih dan berlatih secara giat. Tidak ada yang dapat mengalahkan kekuatan latihan kita dalam kaitannya dengan hasil yang akan dicapai. Nah jika kalian ingin menyelesaikan tugas kali ini maka jangan sampai lupa pada tahap yang satu ini.

Kumpulan Ide Story Telling 5 Orang Pemain

Tidak banyak ide yang dapat saya berikan untuk tugas story telling 5 orang pemain ini. Hal penting yang perlu dicatat adalah untuk mendapatkan teks story telling 5 orang tokoh maka akan lebih cepat jika kita membuatnya sendiri. Cara membuatnya, kita dapat memanfaatkan cerita-cerita menari yang sudah terkenal untuk kemudian membuat cerita berbeda dari cerita terkenal tersebut.

Sebagai bahan referensi, berikut silahkan dicek beberapa cerita yang dapat digunakan sebagai bahan untuk ide storytelling 5 orang pemain yang dibutuhkan. Cerita-ceritanya sebagai berikut:
Silahkan pilih salah satu cerita yang ada di daftar di atas, setelah memilih satu cerita maka kita dapat mulai memodifikasi ceritanya menjadi versi storytelling yang dibutuhkan.

Hiuf…dengan beberapa ide dan sedikit informasi di atas semoga saja permasalahan dalam menyusun tugas sekolahku kali ini dapat segera teratasi. Lain waktu akan dibahas tugas-tugas lain yang banyak kita butuhkan khususnya bagi rekan pelajar semua.

Kumpulan Contoh Naskah Story Telling 5 Orang Tokoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah