Sunday, January 14, 2018

Kiat Mengerjakan Tugas Membuat Puisi Bahasa Indonesia

Kiat Mengerjakan Tugas Membuat Puisi Bahasa Indonesia - Saat mempelajari materi tentang puisi ada kalanya kita diberikan tugas untuk membuat sebuah puisi pada pelajaran bahasa Indonesia. Sudah pernah buat puisi belum?


Untuk itu saya akan memberikan sedikit tips dan contoh bagaimana membuat puisi untuk tugas pelajaran bahasa Indonesia. Pokoknya kalau ikhlas mengerjakannya tidak akan terasa sulit kok. 

Namanya juga belajar, kita kan memang terlahir bukan langsung jadi seorang penyair yang puitis. Meski kadang bukan bakat kita tetapi kita harus belajar, meski sedikit. Yuk sekarang kita coba saja bersama.

A. Cara Memilih Tema Puisi

Hal pertama yang harus sobat lakukan saat menyusun tugas membuat puisi adalah memilih tema puisi yang akan dibuat. Dalam menentukan tema puisi yang akan dibuat ini sobat perlu memperhatikan beberapa hal berikut:
  1. Pilihlah tema yang sobat senangi
  2. Pilihlah tema yang paling sobat kuasai
  3. Hindari memilih tema yang rumit
  4. Pilihlah tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sobat
Memilih tema yang kita senangi akan memberikan keleluasaan kepada kita untuk menggali lebih dalam informasi yang dibutuhkan dengan lebih mudah karena kita akan lebih bersemangat dalam mencari dan menulis puisi tersebut. 

Memilih tema yang dikuasai akan memberikan kemudahan bagi kita dalam menyusun tema tersebut menjadi rangkaian kata yang indah dalam puisi. 

Sedangkan memilih tema yang rumit hanya akan memperlambat kerja kita dan membuat kita frustasi dan malas untuk mengerjakan tugas tersebut saat kita gagal menyusun puisi dari tema rumit yang telah dipilih. 

Dan memilih tema kehidupan sehari-hari seperti persahabatan, percintaan akan lebih memudahkan kita dalam menyusun informasi menarik menjadi sebuah puisi yang indah.

B. Tips Membuat Tugas Puisi

Agar dapat membuat tugas puisi ini dengan lancer perhatikan beberapa teknik menulis puisi bagi pelajar berikut ini.
  • Buatlah kerangka dari masing-masing alenia dalam puisi yang akan kita buat
  • Tulislah puisi berdasarkan kerangka yang telah dibuat sebelumnya
  • Tulislah langsung segala ide yang ada pikiran kita
  • Jangan membaca ulang atau mengedit puisi yang belum selesai dibuat
  • Lakukan editing saat puisi sudah dalam keadaan selesai.
Dengan tips diatas, saya yakin saat sobat menyusun tugas puisi ini tidak akan berhenti ditengah jalan dan pastinya satu puisi siap untuk dikumpulkan dimeja guru.

Lebih mudah jika belajar disertai contoh, untuk itu silahkan dilihat contoh puisi yang dibuat oleh sobat pelajar lain untuk tugas bahasa Indonesia berikut ini.

Contoh Tugas Membuat Puisi

Itu saja yang dapat disampaikan pada blog kumpulan tugas sekolahku ini, semoga dapat bermanfaat dan memberikan referensi tambahan bagi sobat pelajar semua. Jangan lupa untuk berlangganan pemberitahuan untuk tugas-tugas sekolah lainnya yang dibahas di blog ini.

Kiat Mengerjakan Tugas Membuat Puisi Bahasa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti